Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

9 Bahan Alami untuk Atasi Masalah Rambut Rontok Parah

9 Bahan Alami untuk Atasi Masalah Rambut Rontok Parah

Rambut adalah mahkota buat perempuan. Oleh karena itu, ketika Anda mengalami masalah rambut rontok, apalagi jika rontoknya parah, mungkin dampak fisiknya tidak langsung terlihat, tapi dampak emosionalnya bisa sangat signifikan.

Ada beberapa penyebab terjadinya kerontokan rambut, bisa karena genetik, ketidakseimbangan hormon, kehamilan, kondisi jamur di kulit kepala, stres, penyakit autoimun, dan kekurangan nutrisi.

Sebenarnya, rambut rontok adalah hal yang normal terjadi kok, Moms, sejauh rontoknya tidak parah. Menurut American Academy of Dermatologists (AAD), rambut yang rontok 50 sampai 100 helai per hari masih terbilang normal.

Namun, jika rambut rontok parah atau sudah lebih dari 100 helai per hari, Moms sebaiknya mengatasi masalah tersebut. Enggak harus selalu dengan pengobatan medis, Anda juga bisa mengatasinya dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tentunya lebih aman.

Berikut ini 9 bahan alami yang bisa Moms gunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok.

1. Minyak rosemary

Rosemary adalah minyak esensial umum yang digunakan orang untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan rambut. Campurkan beberapa tetes minyak rosemary ke dalam minyak alami lainnya, seperti minyak argan atau minyak jojoba, lalu pijat rambut dan kulit kepala dengan minyak tersebut, setelah itu bilas sampai bersih. Lakukan ini beberapa kali dalam seminggu.

Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak rosemary ke dalam sampo dan kondisioner Anda setiap hari. Namun, hindari penggunaan minyak rosemary langsung pada kulit, dan selalu campurkan dengan minyak alami lainnya atau sampo ya, Moms.

2. Lidah buaya

Lidah buaya telah lama digunakan untuk mengobati masalah kerontokan rambut. Selain itu, lidah buaya juga bisa menenangkan kulit kepala dan kondisi rambut. Bukan cuma itu, manfaat lain dari lidah buaya adalah mengurangi ketombe dan membuka blokir folikel rambut yang mungkin tersumbat oleh minyak berlebih.

Untuk penggunaannya, Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya murni ke kulit kepala dan rambut Anda beberapa kali seminggu. Anda juga bisa menggunakan sampo dan kondisioner yang mengandung lidah buaya.

3. Yoghurt

Di dalam yoghurt terdapat kandungan kalsium, vitamin D, protein, dan kalium yang membantu memberikan nutrisi dan menguatkan akar rambut. Yang perlu diperhatikan, gunakan yoghurt original tanpa gula dan rasa.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Cukup oleskan yoghurt ke seluruh permukaan rambut dan pijat-pijat lembut agar yoghurt meresap sempurna. Lalu tunggu hingga 5 menit, kemudian bilas dengan sampo.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak—yang disebut asam laurat—yang menembus ke dalam batang rambut dan mengatasi protein yang hilang dari rambut.

Minyak kelapa bisa Anda gunakan sebelum atau sesudah mencuci rambut, tergantung jenis rambut Anda. Jika rambut Moms cenderung berminyak, Anda bisa lakukan perawatan ini beberapa jam sebelum keramas. Namun, jika rambut Moms cenderung kering, Anda bisa gunakan minyak kelapa semalaman dan bilas keesokan harinya.

Dikutip dari Healthline, sebuah studi menunjukkan bahwa kelapa yang dioleskan ke kulit kepala membantu memperkaya mikrobioma kulit kepala, sehingga membuat kulit kepala dan folikel rambut jadi lebih sehat.

5. Lemon

Moms juga bisa gunakan air perasan lemon atau minyak esensial lemon, karena keduanya diketahui bisa meningkatkan kualitas dan pertumbuhan rambut. Minyak lemon bisa membantu Anda menjaga kesehatan kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut.

Oleskan air perasan lemon ke kulit kepala dan rambut Anda selama 15 menit sebelum keramas. Anda juga bisa gunakan minyak esensial lemon yang diencerkan dengan minyak alami lainnya sebagai bagian dari masker rambut.

6. Minyak jojoba

Minyak lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi kerontokan rambut adalah minyak jojoba. Kulit kepala yang mengalami kekeringan parah dan berkepanjangan sering menyebabkan ketombe, rambut kusam, dan kerontokan rambut yang meningkat.

Salah satu solusi untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan menggunakan minyak jojoba untuk melembapkan folikel rambut, sehingga rambut jadi sehat dan kuat. Minyak jojoba juga bisa membantu sel-sel rambut bereproduksi lebih cepat. Salah satu kelebihan dari minyak jojoba adalah tidak meninggalkan residu berminyak setelah dicuci.

Untuk menggunakan perawatan rambut rontok alami ini, hangatkan beberapa tetes minyak di tangan Anda, pijatkan ke akar rambut, lalu bilas setelah 10-15 menit dengan sampo dan kondisioner biasa.

7. Teh hijau

Selain bisa menenangkan tubuh dan mengurangi lemak tubuh, teh hijau juga dapat mengurangi kerontokan pada rambut. Pasalnya, teh hijau mengandung epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang mampu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Penggunaannya pun cukup mudah. Moms hanya perlu menyeduh 2 kantong teh hijau dalam secangkir air. Setelah diseduh, biarkan hingga dingin, lalu aplikasikan ke seluruh rambut hingga kulit kepala. Diamkan selama 60 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

8. Minyak zaitun

Satu lagi minyak alami yang bagus untuk mengatasi kerontokan rambut adalah minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalsium, dan zat besi. 

Cara pengaplikasiannya juga cukup mudah. Moms cukup usapkan minyak zaitun ke kulit kepala hingga ujung rambut secara merata. Setelah itu, pijat lembut kulit kepala dan diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan sampo dan kondisioner. Moms bisa lakukan perawatan ini seminggu dua kali untuk memperoleh hasil yang optimal.

9. Pisang

Tak hanya kaya serat, pisang juga mengandung asam folat yang bagus untuk kulit kepala, sehingga pisang juga menjadi salah satu bahan alami yang bisa mengatasi kerontokan rambut.

Untuk mengaplikasikannya, Moms cukup haluskan sebuah pisang, lalu campurkan dengan minyak alami seperti minyak zaitun, madu, susu, atau santan, kemudian aplikasikan pada rambut hingga kulit kepala Anda. Tunggu hingga 30 menit, setelah itu bilas dengan sampo.

Itulah 9 bahan alami yang bisa membantu mengatasi rambut rontok. Konsisten merupakan kunci dari masalah rambut satu ini. Yang perlu Moms ingat, perawatan ini butuh waktu beberapa bulan untuk mendapatkan hasil nyata. Selain cara di atas, Moms juga perlu melakukan gaya hidup sehat agar hasilnya lebih maksimal. (M&B/Talitha Putik Arawanda/SW/Foto: Freepik)