Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Rekomendasi Perlengkapan Memulai Usaha Frozen Food

Rekomendasi Perlengkapan Memulai Usaha Frozen Food

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang bisa dibilang tidak akan mati. Inovasi yang ada dalam bisnis ini pun selalu berkembang. Nah, salah satu alternatif bisnis kuliner adalah  frozen food atau makanan beku. Bisnis ini juga mudah dilakukan dan bisa dimulai dari rumah.

Meskipun begitu, untuk Moms yang berminat memulai usaha frozen food atau makanan beku, Anda perlu memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Pertama, pastikan Anda sudah memiliki modal yang cukup untuk menyiapkan beragam perlengkapan usaha. Kemudian, cari supplier dengan kualitas terbaik yang diinginkan serta cocok di budget Anda. Tidak ketinggalan, tentukan perlengkapan usaha frozen food sesuai kebutuhan. Untuk perlengkapannya sendiri Moms bisa temukan di rekomendasi berikut ini.

1. Food chopper/processor

Jika Moms ingin membuka usaha bahan makanan beku, food chooper atau food processor jadi satu alat yang sangat penting. Dengan alat ini Anda bisa memproduksi makanan seperti bakso, nugget, otak-otak, atau jenis frozen food lainnya.

Salah satu produk yang bisa Anda pilih adalah Magic Chopper CH-200 dari Mitochiba. Alat ini dilengkapi dengan triple blade dengan mesin berkekuatan tinggi, sehingga daging bisa halus menjadi adonan bakso hanya dalam hitungan detik.

2. Kemasan/packaging

Setelah diolah, Moms perlu mengemasnya dengan cantik dan menarik. Ada beberapa jenis plastik yang bisa dipakai, seperti plastik nylon yang bisa mencegah pertumbuhan mikroorganisme. Bahannya yang cukup kuat membuat kemasan tidak mudah rusak atau bocor dan mampu menjaga kualitas makanan dengan baik. Anda bisa mengintip Dikemas, salah satu akun yang menyediakan kemasan untuk frozen food dengan kualitas terbaik.

3. Vacuum sealer

Tahapan selanjutnya dalam pengemasan adalah menutupnya dengan rapat sampai tidak ada celah udara dari luar yang masuk. Tujuan utamanya tentu agar makanan beku tidak terkontaminasi bakteri dari luar yang bisa menurunkan kualitasnya.

Hand Sealer HIS-400MH dari GEA Getra bisa membantu Anda dalam hal membungkus kemasan dengan rapat. Sealer ini cocok dipakai pada plastik PP & PE, berfungsi untuk menyegel berbagai kemasan plastik film dengan suhu yang dapat diatur. Jadi, Anda bisa makin mudah mengemas frozen food dengan rapi dan terjaga higienitasnya.

4. Freezer

Salah satu alat yang cukup penting untuk Anda miliki dalam bisnis makanan beku adalah freezer. Frozen food memang bisa dimasukkan ke dalam freezer kulkas rumah, tapi kapasitasnya cuma sedikit.

Jika Moms sudah mampu memproduksi makanan beku dalam jumlah lumayan banyak, Anda perlu freezer lumayan besar, dan chest freezer dari AQUA Elektronik bisa menjadi solusi. Di dalamnya terdapat teknologi 5 dimensi cooling system, yang akan membuat makanan beku milik Anda tetap awet sebelum dikirim ke konsumen.

Selain keempat alat di atas, Anda juga perlu menyediakan beberapa barang lainnya, contohnya ice gel dan amplop aluminium foil. Keduanya bisa membantu makanan tetap beku selama proses pengiriman hingga diterima konsumen dalam kondisi masih baik. Anda juga memerlukan kardus untuk membungkus makanan beku yang akan dikirim dan pastikan tidak ada ruang kosong di dalamnya untuk menghindari udara dari luar yang bisa mengontaminasi makanan beku.

Anda pun perlu memastikan produk sudah memiliki lisensi resmi, seperti dari BPOM. Manfaatkan juga media sosial dengan maksimal serta kenali jenis-jenis manajemen bisnis yang tepat sehingga bisa diterapkan pada bisnis Anda. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk memulai usaha frozen food Anda ya, Moms. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik, Instagram)