Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Ini Cara Memakai Minyak Zaitun untuk Wajah yang Benar Sebelum Tidur

Ini Cara Memakai Minyak Zaitun untuk Wajah yang Benar Sebelum Tidur

Minyak zaitun (olive oil) adalah salah satu jenis minyak esensial yang terkenal karena beragam manfaatnya, mulai dari memperbaiki kerusakan kulit, mengembalikan dan menjaga kelembapan kulit, hingga meredakan peradangan.

Faktanya, minyak zaitun juga memiliki efek antioksidan kuat karena mengandung vitamin E, squalene, dan oleochantal. Jadi, tak heran jika banyak wanita yang kemudian memasukkan minyak zaitun ke dalam rutinitas perawatan kulitnya, termasuk Anda mungkin ya, Moms.

Namun, ternyata masih banyak wanita yang salah dalam mengaplikasikan minyak zaitun. Tentu saja, hal itu bisa mengurangi manfaatnya.

Berikut ini cara memakai minyak zaitun untuk wajah yang tepat sebelum tidur, agar wajah tampak lebih sehat dan bersinar.

1. Mulai dengan pemakaian skincare rutin seperti biasa

Moms bisa memulai rutinitas perawatan kulit seperti biasa, dimulai dari membersihkan makeup, membersihkan wajah, sampai mengaplikasikan serum. Setelah itu, aplikasikan minyak zaitun sebelum menggunakan pelembap. Atau, Moms juga bisa mencampurkan beberapa tetes minyak zaitun dengan pelembap yang bisa Anda gunakan. Ini bisa meningkatkan dan menjaga kelembapan kulit sepanjang malam.

2. Oleskan ke wajah secara merata

Jika Moms menggunakan minyak zaitun tanpa dicampur pelembap, Anda bisa tuangkan beberapa tetes minyak zaitun di telapak tangan—pastikan tangan Anda sudah bersih—lalu aplikasikan secara merata ke seluruh wajah. Tepuk-tepuk wajah secara lembut untuk membantu minyak zaitun meresap ke dalam kulit.

Neda Mehr, M.D., seorang dokter kulit bersertifikat, merekomendasikan untuk mengaplikasikan minyak zaitun segera setelah membersihkan wajah di malam hari. “Waktu terbaik untuk mengoleskan minyak zaitun adalah saat kulit Anda masih sedikit basah,” jelasnya. Diamkan selama beberapa menit sampai minyak zaitun meresap sebelum menggunakan pelembap.

Namun, jika Moms memutuskan untuk mencampurkan minyak zaitun dengan pelembap yang biasa Anda gunakan, Anda bisa tuangkan 1-2 tetes minyak zaitun ke dalam pelembap. Kemudian, gunakan pelembap ke seluruh wajah secara merata seperti biasa.

3. Beri pijatan lembut di area wajah

Saat mengoleskan minyak zaitun ke wajah, lakukan sembari memberikan pijatan secara lembut di area wajah. Dengan begitu, minyak zaitun dapat meresap ke dalam kulit dan bekerja dengan optimal.

4. Biarkan sepanjang malam

Seperti emolien lainnya, minyak zaitun bisa dibiarkan semalaman tanpa perlu dibilas. Lalu, keesokan paginya, Anda bisa membersihkan wajah dan melakukan rutinitas perawatan kulit pagi seperti biasa. Dan karena minyak zaitun adalah minyak, ahli bedah plastik estetika, Paul Lorenc, menegaskan untuk tidak menggunakan minyak zaitun secara berlebihan. “Lebih sedikit lebih baik,” jelasnya. Faktanya, menggunakan terlalu banyak minyak zaitun bisa menyumbat pori-pori dan tidak menutup kemungkinan munculnya masalah kulit baru.

Itulah tadi cara memakai minyak zaitun yang tepat untuk wajah sebelum tidur. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan mendapatkan manfaat dari minyak zaitun secara optimal, Moms perlu menggunakan minyak zaitun sebelum tidur secara rutin setiap hari.

Meskipun semua jenis kulit dapat memperoleh manfaat dari minyak zaitun, tapi, baik Mehr atau Lorenc, tidak menyarankan penggunaan minyak zaitun pada kulit yang berjerawat. Itu karena kandungan asam lemak pada minyak zaitun adalah sumber makanan bagi bakteri dan ragi penyebab jerawat untuk tumbuh. Dengan demikian, minyak zaitun tidak ideal untuk kulit berjerawat.

Setelah mengetahui cara memakai minyak zaitun untuk wajah sebelum tidur yang tepat, penting juga untuk mengetahui manfaat minyak zaitun untuk perawatan wajah. Beberapa manfaat minyak zaitun untuk wajah antara lain:

1. Membantu menjaga kelembaban kulit

Manfaat utama minyak zaitun adalah melembapkan kulit dengan mengurangi kehilangan air, tetapi meningkatkan kadar air pada kulit sehingga bisa membuat kulit lebih sehat dan bersinar.

​​Kandungan antioksidan kuat, seperti vitamin E dan squalene, dalam minyak zaitun diketahui mampu mengembalikan dan menjaga kelembapan kulit. Hal ini dibuktikan dalam penelitian dalam jurnal Cosmetics, squalene dalam minyak zaitun dapat mendukung retensi kelembapan kulit, sedangkan vitamin E dapat meningkatkan kapasitas kulit untuk menyerap dan menahan air. Itulah yang membuat kulit wajah terasa lebih lembap dan lembut.

2. Membuat wajah lebih sehat dan bersinar

Kulit wajah yang lembap tentu bisa membuat wajah Anda tampak lebih sehat dan bersinar. Ini karena minyak zaitun mengandung vitamin E sebagai antioksidan alami yang bisa membantu merawat kulit dan mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. Ini juga berarti perlindungan terhadap penuaan dini serta tanda-tanda iritasi atau kemerahan.

3. Mencegah tanda-tanda penuaan dini

Seperti yang diketahui, minyak zaitun memiliki efek antioksidan kuat karena senyawa-senyawa antioksidan di dalamnya, seperti tokoferol, lutein, squalene, dan beta karoten. Senyawa-senyawa ini mampu memerangi stres oksidatif yang berhubungan dengan penuaan kulit, menurut penelitian dalam International Journal of Cosmetic Science.

“Minyak zaitun juga diperkaya dengan banyak vitamin, seperti vitamin A,D, K, dan E, yang juga mampu membantu mengurangi stres oksidatif pada kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan dini,” kata Sandy Skotnicki, seorang dermatologist bersertifikat.

4. Membantu memudarkan noda flek hitam

Minyak zaitun juga bisa membantu memudarkan noda flek hitam di wajah berkat tingginya kandungan vitamin E di dalamnya. Meskipun hasilnya tidak dapat dilihat secara instan, tapi mengaplikasikan minyak zaitun pada wajah setiap malam secara rutin bisa membantu Anda mendapatkan kulit wajah yang bersih bebas noda hitam.

5. Meredakan peradangan pada kulit

Manfaat lain minyak zaitun untuk perawatan kulit adalah meredakan iritasi kulit dan menenangkan kulit yang kemerahan dan perih akibat kulit mengelupas. Ini berkat sifat antiinflamasi yang dikandungnya.

Namun, perlu diperhatikan, penggunaan minyak zaitun yang terlalu banyak justru bisa memperburuk kondisi peradangan kulit, khususnya pada kulit sensitif atau orang yang sedang mengalami kekambuhan eksim dan psoriasis.

6. Mencegah bibir pecah-pecah

Bibir pecah-pecah adalah hal yang umum dialami hampir semua orang. Hal itu bisa disebabkan karena kurang minum atau iritasi. Mengoleskan minyak zaitun pada bibir yang pecah-pecah bisa membantu melembapkan bibir dan meredakan kondisi tersebut. Ini berkat kemampuan minyak zaitun dalam mengembalikan dan menjaga kelembapan kulit secara alami. Imbangi juga dengan memperbanyak minum air putih dan penggunaan pelembap bibir ya, Moms.

7. Mempercepat penyembuhan luka

Menurut Skotnicki, bahan antiinflamasi yang ditemukan dalam minyak zaitun telah terbukti mampu membantu mempercepat penyembuhan luka. "Triterpen, yang sering ditemukan dalam banyak minyak nabati, termasuk minyak zaitun, dapat membantu mempercepat reaksi biologis yang diperlukan dalam penyembuhan luka, seperti migrasi sel, proliferasi sel, dan pengendapan kolagen," jelasnya. “Itulah yang bisa mempercepat penyembuhan luka,” tambah Skotnicki.

Begitu banyak manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan wajah. Nah, untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa memakai minyak zaitun untuk wajah sebelum tidur secara rutin ya, Moms. (M&B/Calvin/ZA/SW/Foto: Freepik)