Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

10 Rekomendasi Film Horor Korea yang Wajib Anda Tonton

10 Rekomendasi Film Horor Korea yang Wajib Anda Tonton

Jagad sinema Korea Selatan memang enggak ada matinya ya, Moms! Ya, film-film Korea Selatan terkenal mampu mempermainkan emosi para penonton dengan alur ceritanya. Kualitas akting para aktor dan aktrisnya pun patut diacungi jempol. Lalu, apa saja film horor asal Korea Selatan yang sayang jika dilewatkan?

Kali ini, M&B telah merekomendasikan 10 film horor Korea Selatan terbaik yang wajib masuk dalam daftar tonton Anda. Neomu museowo!

1. Train to Busan (2016)

Dibintangi oleh Gong Yoo sebagai Seok-Woo, seorang ayah tunggal dengan anak perempuan bernama Soo-An (Kim Su An), film ini merupakan film horor bertemakan kiamat zombie. Train to Busan menceritakan perjuangan Seok-Woo untuk menyelamatkan dirinya dan buah hatinya dari serangan zombie yang merajalela di seluruh daratan Korea.

2. The Call (2020)

Film ini merupakan adaptasi ulang dari film berjudul The Caller yang tayang pada 2011 silam. The Call menceritakan tentang Seo-yeon (Park Shin-hye) yang terhubung dengan seseorang di masa lalu melalui sebuah telepon tua. Awalnya, Seo-yeon dan sosok masa lalu ini berteman dan berusaha membantu masalah hidup masing-masing, hingga pada akhirnya momen ini menjadi momok dan sumber pembalasan dendam.

3. The 8th Night (2021)

Bertemakan horor-misteri supranatural, film ini menceritakan tentang dua orang biksu yang berusaha memburu roh kuno yang jahat. Roh yang berusia 2.500 tahun ini membawa malapetaka bagi bumi dan dapat merasuki manusia untuk berbuat jahat.

4. #Alive (2020)

Another zombie apocalypse movie! Ya, #Alive menceritakan tentang perjuangan Oh Joon-woo (Yoo Ah-in) yang bertahan hidup di apartemennya usai merebaknya virus zombie di Korea Selatan. Satu per satu fasilitas bertahan hidup pun mulai tak berfungsi, mengingat hilangnya pekerja di berbagai sektor kehidupan sehari-hari. Apakah Oh Joon-woo akan bisa tetap hidup sampai akhir?

5. The Silenced (2015)

Berlatarkan Gyeongseong pada tahun 1938 selama masa penjajahan Jepang di Korea Selatan, film ini menceritakan tentang Shizuko (Park Bo-young), gadis sakit-sakitan yang pindah ke sebuah sanatorium khusus perempuan untuk proses pemulihan. Kesehatannya pun berangsur membaik dan menyenangkan, hingga ia menyadari satu per satu gadis di sana mulai menghilang.

6. The Wailing (2016)

Sebuah desa terpencil di Korea Selatan tiba-tiba mengalami wabah aneh di mana warganya berusaha membunuh orang lain. Para warga pun menyadari bahwa wabah ini dimulai ketika seorang asing berwarga negara Jepang bersama anjingnya tiba di desa itu. Kini, tugas seorang polisi bernama Jong Goo (Kwak Do-won) untuk menyelidiki kebenarannya, saat nyawa anaknya juga ikut terancam.

7. A Tale of Two Sisters (2003)

Dibuat berdasarkan dongeng kuno, A Tale of Two Sisters memusatkan ceritanya pada Soo-mi (Im Soo-jung), seorang gadis yang baru pulang dari masa perawatannya di rumah sakit jiwa. Setibanya di rumah, ia malah mendapati adiknya, Su-yeon (Moon Geun-young), disiksa oleh ibu tirinya, Eun-joo (Yum Jung-ah). Tak hanya itu, hantu-hantu di rumah itu pun memberikan teror mengerikan. Yang tak ia sadari, semua kejadian ini muncul sebagai benang merah dari masa lalu kelam keluarganya.

8. The Ghost Station (2023)

Diangkat dari sebuah urban legend tentang stasiun yang angker, film ini bercerita tentang seorang jurnalis bernama Na-yeong (Kim Bo-ra) yang berusaha mengungkap misteri di balik angkernya stasiun Oksu. Semakin dalam ia menyelidiki, semakin banyak pula rahasia gelap yang perlahan terungkap.

9. Marui Video (2023)

Bergenre thriller mockumentary, film ini menceritakan tentang seorang reporter bernama Eun-hee (Jo Min-kyung) yang berusaha menyingkap misteri sebuah kasus pembunuhan tahun 90-an. Dikisahkan pada 1992, Korea Selatan gempar dengan kasus pembunuhan seorang gadis oleh pacarnya. Semua bukti pembunuhan terekam dalam sebuah video brutal yang sengaja disiapkan oleh sang pelaku. Saking brutalnya, kejaksaan memilih untuk merahasiakan keberadaan video ini selama berpuluh-puluh tahun dan tak mengungkapnya ke publik. Namun kutukan video ini berlanjut ketika Eun-hee mulai menyelidiki kasus ini lebih dalam.

10.   Gonjiam the Haunted Asylum (2018)

Berdasarkan rumah sakit jiwa bernama sama, film ini mengisahkan tentang sekelompok Youtuber yang berusaha merekam kengerian di rumah sakit angker ini. Rumah sakit jiwa Gonjiam dikabarkan tak berfungsi setelah pimpinan rumah sakit membunuh semua orang di dalamnya dan menghilang. Rumah sakit jiwa yang kosong ini juga dikabarkan super angker sehingga menarik para content creator untuk menguliknya lebih dalam. Namun, keseruan pun perlahan berubah menjadi cerita nahas. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)