Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

10 Rekomendasi Buku Self Improvement Terbaik untuk Moms Baca

10 Rekomendasi Buku Self Improvement Terbaik untuk Moms Baca

Duduk dan bersantai sambil membaca buku bisa jadi aktivitas yang sulit (hampir mustahil) dilakukan saat menjadi seorang ibu, karena Anda harus mengurus dan menemani anak, memasak, membereskan rumah, dan segudang pekerjaan lainnya.

Namun, di sela-sela sedikit waktu yang Moms miliki, menyempatkan me time dengan membaca buku bukanlah ide yang buruk! Buku-buku self-improvement bisa jadi pilihan buku bacaan untuk Moms yang bisa membantu mengembangkan diri Anda menjadi pribadi dan ibu yang lebih baik lagi. Ini juga baik dalam membantu mengevaluasi sekaligus memotivasi diri sendiri.

Jika Anda sedang mencari buku-buku self-improvement, ada beberapa rekomendasi buku self-improvement terbaik yang bisa jadi bacaan Moms berikut ini.

1. The 5 Love Languages of Children

rekomendasi buku self improvement terbaik untuk moms

(Photo by amazon.com)

Ini adalah rekomendasi buku self-improvement terbaik untuk orang tua yang ingin membesarkan dan mendidik anak-anak yang sehat secara emosional. Kedua penulis, Gary Champman dan Rose Campbell, menjelaskan secara detail cara anak-anak merasakan dan menerima cinta dari orang tua. Buku ini juga menjelaskan bagaimana cara orang tua merespons rasa cinta dan sayang dari anak-anak.

2. Girl, Wash Your Face

rekomendasi buku self improvement terbaik untuk moms
(Photo by amazon.com)
 

Buku karya Rachel Hollis ini adalah buku self-improvement ringan dan terbaik yang bisa Moms baca di waktu senggang. Lewat buku ini, Rachel mencoba memberi tahu pembaca bahwa apa yang dilihat di media sosial tidak selalu mencerminkan realita sebenarnya. Semua orang juga mengalami kesulitan yang Anda rasakan dan sama-sama berjuang untuk yang terbaik.

Rachel juga seorang ibu yang mengalami hal-hal yang dialami para ibu pada umumnya dan tetap berjuang untuk yang terbaik. Ia mengingatkan pembaca bahwa hidup hanya satu kali. Jadi, jalani dengan cara terbaik yang Anda bisa. Anda punya kekuatan untuk mengubah cara berpikir dan hidup Anda. Berhentilah berpikiran bahwa Anda tidak cukup baik atau membanding-bandingkan kehidupan Anda dengan orang lain.

3. Things Left Behind

rekomendasi buku self improvement terbaik untuk moms
(Photo by gramedia.com)

Things Left Behind merupakan salah satu rekomendasi buku self-improvement terbaik. Buku ini berisikan kisah-kisah menyedihkan dan mengharukan di balik kematian seseorang yang didapatkannya selama bekerja sebagai orang yang mengurus dan membersihkan barang-barang peninggalan orang yang sudah meninggal dunia.

Lewat buku ini, Kim Sae Byoul ingin pembaca menyadari bahwa ada hal-hal sederhana yang selama ini sering terabaikan, seperti menghargai dan mencintai orang-orang yang ada di sekitar kita. Anda juga akan menyadari betapa berharganya sebuah arti kehidupan dan keluarga.

4. I Want to Die but I Want to Eat Tteokpokki

rekomendasi buku self improvement terbaik untuk moms
(Photo by gramedia.com)

Buku karya Baek Se Hee ini ditulis dengan baik dan apa adanya sesuai pengalamannya sendiri ketika mengalami gangguan kesehatan mental yang hampir membuatnya ingin mengakhiri hidup. Ia bercerita bahwa semangkuk tteokpokki pedas yang diinginkannya saat ia benar-benar merasa sangat sedih ternyata bisa menenangkan hati dan pikirannya yang sedang gundah gulana.

Dari sinilah, Baek Se Hee menyadari bahwa selalu ada hal sederhana yang bisa membawa sedikit kebahagian. Dalam hal ini, semangkuk tteokpokki pedas. Ini menunjukkan kita untuk melihat hal-hal kecil sederhana dalam hidup yang tanpa disadari bisa membawa kebahagiaan.

5. Siapa yang Datang ke Pemakamanku aaat Aku Mati Nanti?

rekomendasi buku self improvement terbaik untuk moms
(Photo by gramedia.com)

Isi buku ini tidak semenyeramkan judulnya kok, Moms. Buku karya Kim Sang Hyun ini merupakan buku yang mengingatkan pembaca untuk selalu berusaha mendapatkan hidup lebih baik, lebih bahagia, dan lebih sejahtera, agar kelak tidak memiliki penyesalan apa pun.

Kim Sang Hyun menulis buku ini dengan gaya bahasa yang mudah dicerna dan menghangatkan. Ia berusaha memberi kekuatan dan hiburan bagi semua pembacanya agar terus bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik lagi, selalu berusaha yang terbaik selama menjalani hidup, dan mengatasi kekecewaan dengan baik.

6. The Life-Changing Magic of Tidying up

rekomendasi buku self improvement terbaik untuk moms
(Photo by gramedia.com)

Melihat barang-barang di rumah berantakan dan menumpuk memang bisa bikin pusing dan stres. Buku ini lebih dari sekadar buku tentang membersihkan, merapikan, atau menyortir barang-barang Anda. Buku ini juga tentang bagaimana itu semua bisa memengaruhi cara hidup, pemikiran, dan perspektif Anda tentang kehidupan.

Buku ini sudah dirilis hampir 13 tahun yang lalu, tapi masih jadi salah satu rekomendasi buku self-improvement terbaik dan masih belum terlambat buat Anda untuk membacanya, Moms.

7. The Self-Care Prescription

rekomendasi buku self improvement terbaik untuk moms
(Photo by amazon.com)

Menjalani peran ganda sebagai seorang istri dan ibu di rumah serta bekerja di luar rumah memang bukanlah sesuatu yang mudah. Membaca buku yang ditulis Robyn Gobin, seorang pakar psikologi klinis, bisa membantu Moms untuk menemukan keseimbangan dalam hubungan, keluarga, dan pekerjaan Anda, misalnya cara meluangkan waktu yang cukup untuk anak dan keluarga serta tetap fokus dan mengembangkan karier dengan lebih baik. Buku self-improvement ini berisikan tentang self-care secara keseluruhan.

8. Good Vibes, Good Life

rekomendasi buku self improvement terbaik untuk moms
(Photo by gramedia.com)

Ini adalah buku self-improvement tentang cara memiliki kehidupan bermakna, mewujudkan apa yang Anda inginkan, dan menghargai hal-hal kecil, yang sedikit banyak terinspirasi dari pengalaman hidup sang penulis, Vex King, sendiri. Buku ini juga memberikan berbagai tips untuk mengatasi stres, ketidakpastian, dan kecemasan, serta cara memperkuat keyakinan diri dan mencapai tujuan hidup.

9. The Best Damn Answers to Life's Hardest Questions

rekomendasi buku self improvement terbaik untuk moms
(Photo by amazon.com)

Sering kali, rasa keingintahuan anak yang besar membuatnya menanyakan beberapa pertanyaan sulit  yang susah dijawab oleh orang tua. Ini bukan salah Si Kecil dan bukan juga salah Moms jika tidak bisa memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut. Namun, untuk bantuan, Moms bisa membaca buku ini yang dilengkapi dengan bagan alur bergambar untuk pertanyaan-pertanyaan paling sulit, yang mungkin ditanyakan anak Anda.

10. No More Perfect Moms

rekomendasi buku self improvement terbaik untuk moms

(Photo by amazon.com)

Satu lagi rekomendasi buku self-improvement terbaik untuk Moms baca. Buku ini menyoroti bahwa menjadi seorang ibu tidaklah harus sempurna, karena hidup tidak ada yang sempurna. Lagipula, tidak ada standar sempurna untuk ibu.

Jadi, normal jika Anda merasa stres, pusing, dan lelah dengan kehidupan sehari-hari sambil merawat dan membesarkan anak-anak. Lewat buku ini, Jill Savage ingin Moms mengubah cara pandang Anda tentang “sempurna” dan menjadi lebih realitis.

Itulah beberapa rekomendasi buku self improvement terbaik yang bisa jadi bacaan Anda di waktu senggang saat me time. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Freepik)