Type Keyword(s) to Search
KID

5 Buah Enak dan Manjur untuk Mengatasi Diare pada Anak

5 Buah Enak dan Manjur untuk Mengatasi Diare pada Anak

Buah punya segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Selain vitamin dalam buah ampuh bikin tubuh tidak mudah sakit, buah juga kaya serat yang bikin pencernaan jadi lancar. Uniknya, buah bisa mencegah sulit BAB atau konstipasi, tapi bisa juga untuk mengatasi diare pada anak lho, Moms.

Mengutip Children's Health, beberapa makanan yang kaya serat bisa membantu melambatkan diare pada anak. Mau tahu buah apa saja yang baik untuk mengatasi diare pada anak?

1. Pisang

Selain enak dan disukai anak, pisang juga memiliki tekstur yang lunak sehingga cocok untuk dikonsumsi anak yang sedang mengalami diare. Tekstur lunaknya mempermudah kerja saluran cerna untuk mengolah dan menyerap segala nutrisi pada pisang.

Pisang juga baik untuk dijadikan sumber energi. Tentunya ini cocok banget untuk anak yang sedang diare karena umumnya mereka akan lebih lemas dan kurang tenaga dibandingkan biasanya. Kabar baiknya, pisang juga berguna untuk memadatkan kotoran, sehingga bisa menjadi cara ampuh dan alami untuk mengatasi diare pada anak.

2. Apel

Mengatasi diare pada anak juga bisa dilakukan dengan memberikan apel. Apel merah lebih disarankan untuk diberikan pada anak yang sedang diare, karena umumnya rasa apel merah lebih manis dibandingkan apel hijau. Sebelum diberikan kepada anak, sebaiknya kupas bersih kulit apel karena bagian ini tinggi serat tidak larut yang bisa memperberat sistem pencernaan anak.

Jika diare membuat anak malas makan, Moms bisa mengolah apel merah jadi puree atau applesauce. Sajian apel ini bisa Moms padukan dengan makanan lain yang anak suka, misalnya applesauce dimakan bersama roti panggang yang agak crispy.

3. Alpukat

Buah ini mungkin tidak secara langsung mengatasi diare pada anak, tetapi baik untuk dikonsumsi saat diare. Alpukat memiliki kandungan kalium yang tepat untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Seperti yang Moms ketahui, anak diare banyak kehilangan cairan dan elektrolit. Mengonsumsi buah tinggi kalium seperti alpukat dan pisang bisa kembali membuat cairan tubuh seimbang.

Alpukat juga tinggi nutrisi lainnya, seperti vitamin B6, C, E, K, folat, dan zat besi. Nah, tekstur alpukat yang lembut membuatnya mudah dicerna oleh usus, nutrisinya pun mudah diserap tubuh. Lebih baiknya lagi, semua kandungan nutrisi dalam alpukat sangat baik sebagai antiinflamasi tubuh.

4. Air kelapa

Tubuh anak banyak kehilangan cairan saat diare, maka mengonsumsi air kelapa sangat baik untuk memenuhi cairan tubuhnya. Air kelapa juga diketahui tinggi kandungan elektrolit, suatu unsur dalam cairan tubuh yang banyak hilang saat diare. Selain sehat, air kelapa juga menyegarkan tubuh anak karena ada rasa manis yang menghilangkan dahaga sekaligus memberikan energi tambahan.

Mengutip Healthline, air kelapa terbukti secara penelitian menjadi cara efektif untuk mengatasi dehidrasi karena diare ringan. Lebih kerennya lagi, air kelapa jauh lebih baik daripada sports drinks atau minuman isotonik kemasan yang banyak dijual di pasaran. Tentunya lebih aman untuk anak juga ya, Moms.

5. Semangka

Buah yang banyak airnya ini tentu bagus untuk dikonsumsi saat anak diare. Biasanya anak diare kekurangan cairan. Karena itu, kandungan air dalam semangka bisa membantu menjaga tubuh anak agar tidak dehidrasi. Menurut International Journal of Fruit Science, kandungan air dalam semangka mencapai 92% lho, Moms. Tentunya bagus untuk menyeimbangkan cairan tubuh anak saat diare.

Semangka juga punya kandungan vitamin A, C, B6, folat, kalium, dan magnesium yang semuanya tepat untuk menyehatkan tubuh Si Kecil. Ada juga kandungan likopen dan sitrulin, suatu senyawa fitokimia yang membantu melawan radikal bebas juga meningkatkan kesehatan tubuh. Rasa manis semangka juga akan memberikan energi tambahan untuk anak dan pastinya ia sukai. Betul kan, Moms? (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)