Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Punya Bekas Jerawat Kemerahan? Begini Cara Menghilangkannya

Punya Bekas Jerawat Kemerahan? Begini Cara Menghilangkannya

Jerawat merupakan salah satu permasalahan kulit yang sering dialami banyak orang. Mulai dari praremaja hingga orang dewasa, baik perempuan maupun laki-laki, pasti pernah mengalami yang namanya jerawatan. Duh, kalau sudah jerawatan rasanya pasti tidak nyaman dan bisa menurunkan percaya diri, ya.

Perawatan yang dilakukan untuk menghilangkan jerawat juga bukan perkara mudah. Bahkan setelah jerawat menghilang bisa menimbulkan bekas di kulit. Dan bekas jerawat ini pun bisa mengganggu penampilan. Selain itu, bekas jerawat inilah perlu perawatan lebih ekstra, karena untuk menghilangkannya lumayan sulit.

Baca juga: Ini Penyebab Jerawat di Dagu dan Cara Mengatasinya

Bekas jerawat sendiri ada 2 jenis, yakni post inflammatory hyperpigmentation (PIH) dan post inflammatory ertyhema (PIE). PIH adalah bekas jerawat yang memiliki warna cokelat atau kehitaman. Biasanya bekas jerawat ini disebabkan oleh tingginya produksi melanin akibat inflamasi. Adapun PIE adalah bekas jerawat yang memiliki warna kemerahan atau keunguan. Biasanya bekas jerawat ini terjadi akibat discrete erythematouss macules, yakni pembesaran pembuluh darah yang dekat dengan kulit.

Beda jenis jerawat, beda pula perawatannya. Sekarang, coba Moms cek terlebih dahulu, bekas jerawat yang Moms miliki itu berwarna cokelat kehitaman atau merah keunguan? Kalau warnanya merah keunguan, tips ini cocok untuk Moms ketahui. Berikut ini cara mengatasi bekas jerawat kemerahan yang bisa Moms coba.

1. Memakai bahan aktif yang sesuai

Perawatan paling mudah yang bisa Moms lakukan adalah dengan menggunakan skincare. Namun, tidak semua kandungan skincare dapat menghilangkan bekas jerawat kemerahan. Ada beberapa kandungan skincare yang dipercaya dapat menghilangkannya, seperti niacinamide, centella asiatica, green tea, allantoin, panthenol dan kandungan lainnya yang bisa memberikan efek menenangkan kulit. Nah, yang perlu Moms ketahui, perawatan dengan cara ini diperlukan kesabaran dan konsisten dalam penggunaannya.

2. Melakukan perawatan medis

Dengan adanya teknologi yang makin canggih, kini Moms dapat menghilangkan bekas jerawat kemerahan dengan mudah, yakni dengan perawatan medis. Kini sudah banyak klinik kecantikan yang menyediakan perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat merah. Beberapa perawatan yang bisa Moms coba yaitu intense pulsed light (IPL), pulsed dye laser, yellow laser, long pulse Nd Yag, dan KTP Laser. Selain beberapa perawatan laser tersebut, Moms juga bisa melakukan perawatan injeksi DNA salmon dan platelet rich plasma yang dilakukan dengan pengamatan dokter.

3. Jangan skip sunscreen

Seperti yang kita ketahui, paparan sinar matahari terus-menerus bisa merusak kulit dan menyebabkan peradangan, sehingga dapat memperburuk kondisi bekas jerawat merah. Oleh karena itu, Moms disarankan untuk terus menggunakan sunscreen. Pilihlah sunscreen dengan formula yang ringan dan mudah meresap. Dan jangan lupa untuk re-apply sunscreen setelahnya ya, Moms.

4. Hindari physical exfoliation

Melakukan eksfoliasi memanglah dianjurkan untuk menghilangkan kotoran dan kulit mati. Namun, jika Moms memiliki bekas jerawat merah, Anda disarankan untuk menggunakan chemical exfoliation. Pasalnya, menggunakan physical exfoliation akan membuat bekas jerawat makin meradang, bahkan bisa menimbulkan iritasi. Hal tersebut juga berlaku untuk face wash. Hindari face wash yang mengandung scrub dan direkomendasikan menggunakan face wash yang gentle untuk membersihkan wajah.

Merawat bekas jerawat memanglah sulit. Namun, jika Moms mencoba cara di atas, bekas jerawat kemerahan yang Moms miliki pasti akan menghilang. Hanya saja dibutuhkan kesabaran dan konsisten dalam melakukan semua perawatan tersebut. Selamat mencoba ya, Moms! (M&B/Talitha Putik Arawanda/SW/Foto: Freepik)