Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Rekomendasi Air Purifier Terbaik untuk Usir Polusi Udara

Rekomendasi Air Purifier Terbaik untuk Usir Polusi Udara

Saat ini kualitas udara sedang sangat buruk dipenuhi polutan. Menurut situs AQAir, tingkat kualitas udara (AQI) di Jakarta bahkan bisa mencapai 159 AQI. Angka ini 14,2 kali nilai panduan kualitas udara tahunan WHO, dengan kategori tingkat polusi tidak sehat. Fakta ini tentu sangat mengkhawatirkan ya, Moms, karena polutan enggak cuma bikin tubuh gampang sakit, tapi juga meningkatkan risiko ISPA atau infeksi saluran pernapasan akut.

Untuk mengurangi dampak polusi bagi kesehatan tubuh, Moms bisa coba rutin menggunakan air purifier atau penjernih udara. Alat ini bukan sekadar tren belaka, tetapi terbukti bisa menyaring partikel polusi udara, debu, jamur, tungau, dan bahkan partikel berbahaya dalam asap rokok.

Filter HEPA dan karbon aktif dalam air purifier menjadi unsur utama yang menyaring udara dari partikel berbahaya. Filter tersebut bisa menyaring partikel 0,3 mikron dan asap rokok yang berkisar dari 4 sampai 0,01 mikron. Kalau Moms bingung mau pilih air purifier apa yang fiturnya paling sesuai dengan Anda, coba baca rekomendasi M&B berikut ini, Moms.

1. Levoit Core P350 Pet

Buat Moms yang punya hewan peliharaan, air purifier Levoit Core P350 Pet cocok banget untuk Anda. Selain pet friendly, non-woven filternya bisa menangkap lebih banyak bulu hewan peliharaan. Ada juga Formula ARC filter karbon aktif yang menyerap bau hewan peliharaan dan mengurainya. Teknologi VortexAir menciptakan aliran udara lebih kuat yang menyebar ke seluruh rumah, ampuh mencakup hingga 20-40 m persegi. Proses penyaringannya punya 3-stage filtration yang menangkap debu, menyerap asap, dan menangkap hingga 99,97 persen kontaminan udara sekecil 0,3 mikron. Bentuknya juga compact dan mudah dibawa ke mana-mana.

Beli di Tokopedia

2. Bardi Smart Air Purifier

Untuk Moms yang mencari air purifier dengan kualitas HEPA filter terbaik (H11), Bardi Smart Air Purifier tepat untuk Anda. Air purifier ini bisa mencakup luas hingga 50 m persegi dan CADR di angka 400 m3/jam. Alat ini punya fitur turbo type fan blade yang mampu mengatur kecepatan kipas sesuai kondisi dan kualitas udara secara otomatis. Air purifier ini juga telah dilengkapi wifi dan aplikasi untuk memudahkan pengaturan dan penggunaan. Lebih kerennya, air purifier ini tidak bising (hanya 29,4 dB) sehingga tidur tidak terganggu walaupun mesin aktif semalaman.

Beli di Tokopedia

3. LEKA Desk AP7808

Inilah desk air purifier yang ukurannya tidak terlalu besar, tapi juga tidak terlalu kecil. LEKA Desk AP7808 sudah menggunakan HEPA13 (efektif menyaring 99,97% partikel kecil seperti jelaga dan serbuk sari), medical-grade filter, dan sinar UVC. Walau ukurannya medium, alat ini bisa dipakai heavy duty alias 24 jam non-stop lho, Moms. Desainnya elegan banget, cocok diletakkan di ruang kerja, ruang belajar, atau kamar tidur. Air purifier ini juga tidak bising (<60 dB), sehingga tidak mengganggu waktu kerja, belajar, atau tidur.

Beli di Tokopedia

4. Sharp Car Air Purifier

Mobil juga perlu air purifier, lho! Moms bisa coba pakai Sharp Car Air Purifier yang sudah menggunakan PM10 Filter dan bisa menyaring udara dengan cakupan 3,6 m3. Tersedia 3 pilihan mode kipas: low standard-turbo, quick clean, dan standard mode. Pada mode turbo pun suara yang dihasilkan hanya 33 dB, tidak bising, dan tidak mengganggu. Alat ini menggunakan kabel USB yang dapat digunakan di mobil dan juga di tempat kerja.

Beli di Tokopedia

5. Notale Air Purifier Marvel Limited Edition

Inilah air purifier pertama yang memiliki desain Marvel yang unik dan keren. Enggak cuma menyaring udara dari polutan, asap rokok, dan tungau, air purifier ini juga bisa menghapus bau dari udara. Notale Air Purifier Marvel Limited Edition dilengkapi fitur UV sterilizer untuk membunuh langsung kuman yang terisap di dalamnya. Jangkauannya luas, bisa sampai 50 m2, Moms. Alat ini juga sudah dilengkapi fitur WiFi, sehingga Moms bisa mengaksesnya melalui smartphone Android dan iOS. Praktis!

Beli di Tokopedia

(M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Bardi, LEKA, Levoit, Notale, Sharp)