Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Ibu Hamil Minum Susu Beruang, Boleh Enggak, Sih?

Ibu Hamil Minum Susu Beruang, Boleh Enggak, Sih?

Agar tubuh enggak gampang sakit, Moms dan keluarga pasti rutin mengonsumsi makanan dan minuman sehat bergizi seimbang. Salah satu minuman yang diyakini bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian adalah susu beruang. Ini adalah susu steril yang dijual dalam kemasan kaleng dan banyak mengandung vitamin serta mineral.

Banyak orang yang menyukai rasa dan kualitas susu beruang. Namun, pertanyaannya, bolehkah ibu hamil minum susu beruang? Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan berikut ini ya, Moms.

Apa itu susu beruang?

Bukan, ini bukan susu yang dihasilkan oleh beruang, Moms. Merek susu ini adalah Bear Brand dari Nestle, tapi produknya memajang logo beruang yang sedang memegang segelas susu, sehingga mulai disebut sebagai susu beruang. Mengutip halaman resminya, susu beruang terbuat dari 100% susu murni berkualitas tinggi yang telah mengalami proses sterilisasi, sehingga bisa langsung dikonsumsi.

Susu beruang yang tergolong dalam susu steril ini diproses dalam temperatur tinggi dan waktu yang lama. Proses ini mampu membunuh semua jenis bakteri dalam susu, sehingga susu bisa bertahan lama (lebih dari 6 bulan) walau di suhu ruang, tanpa mengalami kerusakan dan perubahan rasa.

Bolehkah ibu hamil minum susu beruang?

Konsumsi susu penting untuk ibu hamil agar kebutuhan nutrisi hariannya terpenuhi. Mengutip Mom Junction, bumil boleh mengonsumsi sampai 3 gelas susu per hari, tapi lebih disarankan yang jenisnya rendah lemak (low-fat) atau bahkan tanpa lemak (non-fat).

Sedangkan untuk pilihan susunya, semua susu yang matang sempurna, sudah melewati proses pasteurisasi atau sterilisasi, tentunya aman dikonsumsi bumil. Ingat, pastikan susu untuk ibu hamil bukan susu mentah atau yang tidak dipasteurisasi ya, Moms.

Menurut laporan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), bumil 10 kali lebih berisiko mengalami listeriosis, infeksi serius karena mengonsumsi makanan atau minuman mentah yang mengandung Listeria monocytogenes. Jadi, bolehkah bumil minum susu beruang? Jawabannya, tentu saja boleh, Moms.

Manfaat susu beruang untuk ibu hamil

Banyak vitamin dan mineral yang terkandung dalam susu beruang, seperti vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, dan E. Yuk, ketahui apa saja manfaat semua vitamin tersebut untuk ibu hamil.

Vitamin A: Vitamin ini baik untuk mengoptimalkan perkembangan mata, pernapasan, dan imunitas janin. Awas, janin yang kekurangan vitamin A lebih mudah terserang infeksi dan penyakit lho, Moms.

Vitamin D: Enggak cuma baik untuk tulang, vitamin D juga mengurangi risiko melahirkan caesar, preeklampsia, dan diabetes gestasional. Kebutuhan vitamin D saat hamil meningkat tinggi, lho. Jadi, pastikan bumil rutin mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi vitamin D, ya.

Asam folat: Nutrisi ini penting banget untuk menunjang pembelahan sel pada janin. Asam folat diperlukan untuk mengoptimalkan perkembangan otak dan mencegah neural tube defect. Coba penuhi kebutuhan 400 miligrams asam folat setiap hari ya, Moms.

Zat besi: Kebutuhan zat besi bumil meningkat tinggi karena peredaran darah pun meningkat hingga 45%. Memenuhi kebutuhan zat besi penting untuk mencegah anemia, mencegah konstipasi, mual, dan mencegah persalinan prematur.

Protein: Susu adalah sumber protein yang baik untuk membantu memenuhi kebutuhan 72 gram protein per hari. Segelas susu mengandung sekitar 10 gram protein lho, Moms. Awas, kurang protein saat hamil bisa meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah!

So, bumil suka minum susu beruang enggak, nih? (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)