Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Langkah Mudah Pemakaian Skincare Malam yang Tepat

7 Langkah Mudah Pemakaian Skincare Malam yang Tepat

Malam hari merupakan waktu terbaik untuk melakukan perawatan kulit, karena di malam hari terjadi regenerasi kulit, sehingga skincare memiliki kemampuan optimal dalam menjaga kesehatan kulit wajah dan mengurangi risiko timbulnya masalah kulit. Beberapa pakar mengindikasikan rentang waktu antara pukul 8-12 malam merupakan waktu ideal untuk melakukan rutinitas perawatan kulit.

Meskipun begitu, banyak orang yang sudah rajin melakukan perawatan kulit setiap malam, belum juga melihat hasil signifikan di wajah mereka. Jika Moms juga mengalami hal yang sama, kemungkinan urutan rangkaian skincare yang Anda lakukan belum benar.

Berikut ini 7 langkah mudah pemakaian skincare malam yang tepat, agar skincare yang Moms gunakan bekerja dengan optimal.

1. Makeup remover

Ini merupakan step skincare yang sering kali dilewatkan banyak orang. Banyak yang mengira, menggunakan face wash saja sudah cukup. Namun, nyatanya wajah belum benar-benar bersih jika Anda hanya menggunakan face wash.

Dibutuhkan makeup remover untuk membersihkan makeup, debu, dan polusi pada wajah. Apalagi jika Anda sering berpergian, maka dibutuhkan double cleansing agar kulit bersih sempurna. Moms bisa menggunakan makeup remover berjenis micellar water, cleansing balm, atau cleansing oil.

2. Face wash

Setelah wajah sudah bersih dari makeup, debu, dan kotoran lainnya, kini saatnya Anda mencuci wajah menggunakan face wash. Face wash di sini sekaligus untuk membersihkan residu dari makeup remover.

Pilihlah face wash yang diformulasikan khusus dengan pH 5,5. Hindari juga pembersih wajah yang mengandung sodium laureth sulphate, sodium lauryl sulphate, dan sodium sulfosuccinate.

Moms juga harus memilih face wash yang sesuai dengan jenis kulit. Untuk kulit normal, kering, atau sensitif, pilihlah face wash yang mengandung pelembap. Untuk kulit berminyak atau berjerawat, pilihlah face wash yang mengandung asam salisilat, benzoyl peroxide, atau glycolic acid.

3. Exfoliasi

Langkah penggunaan skincare yang satu ini memang tidak disarankan untuk dilakukan setiap hari. Pasalnya exfoliasi dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori secara menyeluruh. Anda disarankan untuk menggunakan eksfoliasi 2-3 kali seminggu.

Moms bisa menggunakan chemical exfoliator dengan kandungan AHA, BHA, atau salicylic acid. Saat ini, chemical exfoliator sudah tersedia dalam berbagai bentuk, seperti exfoliating toner, exfoliating serum, atau exfoliating pad, sehingga Anda bisa menyesuaikan penggunaannya dengan teksturnya, misalnya, meski namanya exfoliating serum tapi teksturnya cair, Moms bisa gunakan exfoliating tersebut sebelum hydrating toner.

4. Toner

Selanjutnya untuk mengembalikan pH kulit, Moms perlu menggunakan toner, karena fungsi utama toner adalah menyeimbangkan pH kulit sekaligus menghidrasi kulit. Toner juga penting digunakan agar kulit siap menerima produk selanjutnya.

Penggunaan toner bisa dilakukan dengan 2 cara. Pertama, Moms bisa gunakan toner menggunakan kapas, dan yang kedua Moms bisa gunakan toner langsung menggunakan tangan. Pilihlah toner dengan kandungan yang mampu melembapkan kulit, seperti hyaluronic acid, ceramide, propolis, aloe vera, atau niacinamide.

5. Serum

Urutan skincare malam selanjutnya adalah serum. Serum digunakan setelah toner karena punya tekstur yang lebih kental dibandingkan toner. Biasanya serum mengandung bahan aktif dengan konsentrasi yang lebih tinggi, karena serum difokuskan untuk memperbaiki masalah kulit.

Manfaat serum sangat beragam, mulai dari mencerahkan wajah, memperbaiki tekstur kulit, hingga mencegah penuaan dini. Tidak semua produk serum cocok untuk kulit. Karena itu, pilihlah serum dengan kandungan yang sesuai untuk kondisi kulit Anda ya, Moms.

6. Eye cream

Langkah yang satu ini memang tidak diwajibkan. Namun, jika Moms memilih untuk menggunakannya, Anda bisa menggunakan eye cream setelah serum, karena eye cream umumnya punya tekstur lebih kental dibandingkan serum.

Fungsi dari eye cream sendiri adalah untuk mengatasi kerutan pada mata, menghilangkan kantong mata, serta menambah hidrasi di area mata. Untuk penggunaannya, Moms bisa pakai eye cream langsung di bawah mata dengan aplikator yang sudah disediakan oleh produk eye cream itu sendiri atau Moms bisa gunakan tangan dengan cara ditepuk-tepuk perlahan di sekitar area mata.

7. Moisturizer

Urutan terakhir dalam rangkaian skincare malam adalah moisturizer. Moisturizer digunakan paling akhir karena teksturnya yang paling berbeda di antara lainnya, yaitu lebih creamy. Sama seperti serum, moisturizer juga mengandung bahan aktif dengan konsentrasi cukup tinggi, tapi tidak setinggi serum.

Kandungan dalam moisturizer berguna untuk memperbaiki kerusakan dan meningkatkan regenerasi kulit. Moisturizer juga berfungsi untuk menjaga kulit tetap terhidrasi semalaman. Selain itu, moisturizer menjadi pelindung dari produk-produk skincare di bawahnya agar bahan aktifnya tetap terjaga semalaman.

Itu dia urutan rangkaian skincare yang perlu Moms ketahui. Sebenarnya, tidak ada urutan pasti mengenai penggunaan skincare. Yang perlu Moms perhatikan adalah tekstur dari produk skincare tersebut. Mulailah dari tekstur yang lebih cair terlebih dahulu, baru pakai skincare dengan tekstur yang lebih kental.

Mengapa demikian? Karena tekstur yang cair bisa dengan mudah menyerap ke dalam kulit dan tekstur yang lebih creamy akan menjaga skincare tidak mudah menguap. Hal ini dilakukan agar skincare yang Moms gunakan bekerja optimal, sehingga kulit Anda pun lebih sehat. (M&B/Talitha Putik Arawanda/SW/Foto: Freepik)