Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Pesawat Terpaksa Putar Balik Gara-gara Penumpang Diare Parah

Pesawat Terpaksa Putar Balik Gara-gara Penumpang Diare Parah

Seorang penumpang pesawat yang mengalami diare parah membuat pesawat yang ditumpanginya yang sudah berada di udara terpaksa putar balik. Peristiwa ini terjadi dalam penerbangan Delta Airlines rute Atlanta, Amerika Serikat, menuju Barcelona, Spanyol, beberapa hari lalu.

Penerbangan tersebut harus dialihkan karena kondisi medis darurat, di mana penumpang menderita diare parah. “Ada penumpang yang mengalami diare sepanjang perjalanan di dalam pesawat, sehingga mereka ingin kami kembali ke Atlanta,” kata pilot dengan nomor penerbangan DL 194 itu kepada pengatur lalu lintas udara, seperti dikutip dari CNN.

Mengutip CNN Indonesia, setelah mendarat kembali di Atlanta, pesawat pun tidak bisa langsung terbang lagi meski sang penumpang yang menderita diare telah diturunkan. Pesawat harus dibersihkan lebih dulu karena terdapat kotoran. Dan petugas kebersihan perlu waktu cukup lama untuk membersihkan pesawat dari kotoran tersebut.

Penerbangan tidak dibatalkan dan penumpang diantarkan sesuai tujuan meski harus mengalami keterlambatan lebih dari 8 jam dari jadwal. Pesawat baru tiba di Barcelona, Spanyol, keesokan harinya, pada pukul 17.16 waktu setempat.

Cara mengatasi diare agar cepat sembuh

Diare merupakan masalah kesehatan umum yang disebabkan oleh terganggunya pencernaan. Saat mengalami diare, frekuensi buang air besar (BAB) akan lebih banyak dengan feses lebih cair dibandingkan biasanya. Penyebab diare bisa sangat beragam, bisa disebabkan oleh keracunan makanan, alergi, flu perut, atau kondisi kronis seperti sindrom iritasi usus besar.

Untuk mengatasi diare agar cepat sembuh, selain mengonsumsi obat yang bisa menghentikan diare, Anda juga perlu minum lebih banyak air untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang dan mengonsumsi makanan yang bisa membantu sistem pencernaan kembali normal. Berikut beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk membantu mengatasi diare.

1. Makanan probiotik

Probiotik merupakan bakteri baik yang bisa membantu menormalkan sistem pencernaan Anda, yang bisa mengurangi diare dan mempersingkat durasi diare. Menurut American College of Gastroenterology, probiotik bekerja dengan cara melepaskan senyawa kimia yang bisa memecah racun yang dihasilkan oleh bakteri tidak baik penyebab penyakit diare.

2. Makanan hambar

Saat diare, Anda sebaiknya mengonsumsi makanan hambar seperti roti, nasi putih, bubur, dan kentang rebus. Makanlah dalam porsi kecil namun sering untuk memberikan energi tapi tidak menyulitkan kerja usus. Anda mesti menahan diri untuk makan makanan pedas atau kompleks karena dapat mengiritasi usus, yang bisa memperparah diare.

3. Buah-buahan

Ada beberapa buah-buahan yang baik dikonsumsi saat Anda mengalami diare. Buah-buahan seperti pisang dan apel, keduanya punya kandungan pektin yang mampu memadatkan feses, sehingga bisa mengurangi dan menghentikan gejala diare.

Selain itu kandungan karbohidrat dan gula alami yang terkandung di dalam kedua buah ini juga dapat memberikan dorongan energi, mengingat diare bisa membuat Anda lemas dan kehilangan tenaga.

4. Makanan berkuah

Diare membuat tubuh kehilangan banyak cairan, yang membuat Anda berisiko mengalami dehidrasi. Itulah sebabnya, minum lebih banyak air saat diare sangat penting untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Selain memperbanyak minum air putih, Anda juga bisa menyelingi minum jenis cairan lainnya, seperti oralit, minuman isotonik, buah kaya air, hingga makan makanan berkuah. Makanan berkuah seperti sup berisi sayuran dan daging mampu menghidrasi tubuh, mengenyangkan perut, dan mengisi ulang energi, sekaligus memberikan tambahan nutrisi buat Anda. (M&B/SW/Foto: Freepik)