Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Jenis-jenis Serum Wajah dan Manfaatnya yang Perlu Moms Ketahui

Jenis-jenis Serum Wajah dan Manfaatnya yang Perlu Moms Ketahui

Serum wajah adalah produk perawatan kulit yang sering digunakan untuk mengatasi masalah khusus atau meningkatkan kondisi kulit wajah. Ada berbagai jenis serum, semuanya dirancang dengan formula yang berbeda untuk tujuan yang beragam.

Nah, dengan memahami jenis-jenis serum wajah dan manfaatnya, Moms jadi bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Berikut ini adalah jenis serum wajah paling populer dan manfaatnya bagi kulit.

1. Hydrating serum

Hydrating serum memberikan tambahan kelembapan pada kulit Anda. Serum ini digunakan bersama pelembap biasa. Karena itu, serum ini ideal untuk orang yang memiliki kulit kering atau dehidrasi dan bisa digunakan bersama dengan pelembap untuk memberikan hidrasi yang tahan lama.

Hyaluronic acid adalah bahan yang paling umum ditemukan dalam hydrating serum. Selain hyaluronic acid, untuk meningkatkan kelembapan pada kulit yang kering dan mengalami dehidrasi, carilah bahan-bahan seperti argan oil, glycerin, lidah buaya, rosehip oil, ceramide, air mawar, jojoba oil, dan vitamin E.

2. Anti-aging serum

Serum wajah bisa mengatasi sebagian besar tanda umum penuaan kulit karena molekulnya mampu menembus jauh ke dalam kulit. Tanda umum penuaan kulit antara lain kerusakan akibat sinar matahari, garis-garis halus, pori-pori membesar, serta kulit kering dan kusam.

Serum ini biasanya mengandung bahan aktif seperti retinol (vitamin A) dan niacinamide (vitamin B3). Memilih formula yang mengandung retinol akan membantu merangsang pergantian sel yang biasanya mulai melambat saat Anda memasuki usia 30-an. Penting diingat, pakai sunscreen saat menggunakan anti-aging serum karena serum ini bisa meningkatkan sensitivitas kulit.

3. Exfoliating serum

Kulit kusam tidak bisa memantulkan cahaya. Exfoliating serum dengan AHA seperti glycolic acid dan laktat atau BHA seperti asam salisilat bisa membantu mengatasi kondisi ini. AHA ideal untuk kulit normal dan kering, sedangkan BHA lebih cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat. Ikuti petunjuk saat menggunakan exfoliating serum karena eksfoliasi berlebihan bisa merusak pelindung kulit dan menyebabkan jerawat, pengelupasan, dan bahkan kulit terbakar.

4. Acne serum

Acne serum adalah jenis serum wajah yang ideal untuk mereka yang menghadapi masalah jerawat. Biasanya, serum ini bermanfaat untuk membersihkan dan merapatkan pori-pori, mengurangi kelebihan minyak di kulit, serta meredakan peradangan dan iritasi kulit.

Produk Acne serum tersedia secara luas di pasar dan sering mengandung zat seperti glycolic acid dan asam salisilat, yang termasuk dalam kelompok AHA dan BHA. Secara spesifik, serum ini diformulasikan dengan molekul kecil yang memungkinkannya menyerap dengan mudah ke dalam kulit untuk mengatasi masalah jerawat dari sumbernya.

5. Repairing serum

Seperti namanya, repairing serum berfungsi untuk memperbaiki dan memulihkan kulit. Repairing serum mampu memperbaiki, memperbarui, dan melindungi kulit Anda dari segala kerusakan.

Serum ini bisa menstimulasi fungsi perbaikan alami kulit sehingga kulit Anda bisa pulih hingga ke intinya. Serum ini juga memudarkan bekas jerawat dan kerusakan akibat sinar matahari, sekaligus meningkatkan pertumbuhan sel-sel kulit seperti kolagen dan elastin.

6. Brightening serum

Brightening serum adalah salah satu jenis serum wajah yang populer. Seperti namanya, serum ini bertujuan untuk meningkatkan kecerahan kulit wajah, dan cocok digunakan semua jenis kulit. 

Umumnya, brightening serum mengandung antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E di dalam formulanya. Selain itu, ada juga jenis serum pencerah yang menggunakan ekstrak bahan alami serta mengandung berbagai jenis asam sebagai agen pencerah, misalnya, ekstrak lemon, akar licuorice, grapefruit, kojic acid, dan ferulic acid. Beberapa serum bahkan mengandung optical diffuser atau reflektor cahaya untuk memberikan tampilan kulit yang berkilau.

Itu dia beberapa jenis serum wajah. Sebenarnya ada banyak jenis serum dan masing-masing punya tujuan dan bahan yang unik. sebagian serum bekerja lebih baik di pagi hari, sementara sebagian lainnya bekerja paling baik saat diaplikasikan di malam hari. Agar lebih yakin jenis serum apa yang cocok untuk kulit Anda, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu, Moms. (M&B/Talitha Putik Arawanda/SW/Foto: Freepik)