Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Pameran Seni Hadirkan Ratusan Pelukis untuk Pemberdayaan Wanita NTT

Pameran Seni Hadirkan Ratusan Pelukis untuk Pemberdayaan Wanita NTT

Dari perempuan, oleh perempuan, untuk dunia! Itulah tema yang diusung pameran lukisan yang berlangsung pada 16-24 September 2023 di Art:1 New Museum. Pameran ini menghadirkan 1 patung karya Julia Nugroho dan 129 lukisan dari 107 seniman (77 alumni sekolah Santa Ursula Jakarta, 21 pelajar TK, SD, SMP, SMA Santa Ursula Jakarta yang terseleksi, dan 9 pelukis profesional).

Semua karya di sini bertema perempuan, yang diekspresikan dengan sangat indah dan penuh makna sesuai dengan perspektif dan pengalaman unik masing-masing individu pelukisnya. Penasaran dengan keseruan pameran ini? Read on, Moms!

Women supporting women

Bukan sekadar unjuk kebolehan, pameran seni ini menjadi ajang aktualisasi diri para alumni Santa Ursula melalui kegiatan artistik dan meningkatkan kesadaran mengenai arti dirinya dan perempuan, seperti yang disampaikan oleh Helena Muljanto, Ketua Panitia Pameran.

Pameran seni yang dibuka oleh Dewi Bambang Soesatyo pada Sabtu, 16 September 2023 ini juga bertujuan untuk mendukung para perempuan penggerak ekonomi keluarga di NTT lho, Moms. 

“Kami memilih para perempuan penganyam topi dan tas dari daun lontar juga perajin tenun ikat Baipito di Larantuka, NTT, dengan cara menyisihkan sebagian hasil penjualan lukisan kami untuk mereka. Dengan menguatkan para perempuan perajin ini merupakan dukungan kami terhadap pelestarian Warisan Budaya Takbenda,” jelas Helena yang karyanya dengan judul Mandala Aspirasi Vimna Fairpetal & Jinga Wildrose juga dipamerkan di acara ini.

Grand opening yang meriah

Selain dibuka oleh Dewi Bambang Soesatyo, acara grand opening pameran ini juga dihadiri oleh Donna Agnesia. “Ini adalah salah satu bentuk cinta yang dimiliki oleh perempuan untuk bisa membantu sesama, memberikan dukungan pada orang lain, dan membantu teman-teman pelukis yang ada di acara ini untuk bisa mengekspresikan diri dari dalam hati dan pikiran,” ujar Donna dalam talkshow yang dipandu oleh Fika Rosemary.

Talkshow juga menghadirkan narasumber Monica Gunawan (Managing Director of Art:1 New Museum) dan Rotua Magdalena (Seniman Grafis). Sebagai hiburan, ada penampilan memukau dari Regina Handoko (Harpist & Penyanyi Sopran) yang melantunkan Tanah Air karya Ibu Soed. Kudos to all these wonderful ladies!

Pemberian beasiswa

Menyisihkan hasil penjualan lukisan saja tak cukup bagi Helena Muljanto untuk mendukung para perempuan NTT. Helena menginginkan program bantuan kepada perempuan di sana bisa terus berlanjut. Untuk itu, dicarilah bibit perempuan muda sebagai “agent of change” yang dapat memajukan daerahnya kelak.

Helena kemudian menggandeng Yayasan Khouw Kalbe (YKK) untuk memberikan beasiswa “DJITU” bagi pelajar perempuan terseleksi untuk meneruskan pendidikan mereka baik di tingkat Diploma (D3 dan D4) atau Sarjana (S1). Dari hasil seleksi 55 peserta yang ikut dalam serangkaian tes dari YKK, pada akhirnya terpilih sebanyak 4 pelajar perempuan yaitu 2 pelajar dari Maumere dan 2 pelajar dari Larantuka.

Ada lelang karya

Bentuk dukungan pada perempuan di NTT bukan cuma datang dari alumni dan murid Santa Ursula Jakarta nih, Moms, Sr. Moekti K. Gondosasmito, OSU, selaku Ketua III Yayasan Satya Bhakti yang menaungi Sekolah Santa Ursula Jakarta juga turut serta. Di penyelenggaraan pameran lukisan kali ini juga diadakan lelang puisi berkarakter yang ditulis khusus oleh Sr. Moekti.

Hasil penjualan karya Sr. Moekti dan Helena Muljanto (Ketua Panitia Pameran) 100% akan didonasikan untuk para perempuan penganyam daun lontar dan perajin tenun ikat di Larantuka, NTT.

Buat Moms yang mau mengikuti lelang ini, Anda bisa hadir pada hari Minggu, 24 September 2023 (12.00-13.30 WIB), ya. Di tanggal itu juga akan hadir generasi perempuan muda dari Larantuka, NTT yang akan mendemonstrasikan cara menganyam daun lontar menjadi benda fungsional seperti tas dan topi. Aktivitas ini cocok banget untuk dijadikan momen quality time bersama keluarga, right?

Banyak workshop seru!

Selain menikmati berbagai karya, Moms dan keluarga juga bisa menghasilkan karya di sini. Pameran ini juga menghadirkan workshop berbayar selama pameran berlangsung. Cek jadwal workshop-nya, ya:

  • Jumat, 22 September (15.00-17.00) Melukis tas/topi anyaman
  • Sabtu, 23 September (10.00-12.00) Healing through painting
  • Sabtu, 23 September (13.00-16.00) Melukis cat air
  • Minggu, 24 September (10.00-12.00) Melukis tas & topi anyaman

Pameran di Art:1 New Museum (Jl. Rajawali Selatan Raya No.3, Jakarta Utara) ini bisa Moms nikmati hingga Minggu, 24 September 2023 dengan HTM umum Rp75.000 dan HTM pelajar Rp50.000. Jangan lupa catat jam bukanya, Senin: Libur, Selasa-Sabtu: 10.00-18.00 WIB, Minggu: 10.00-16.00 WIB, dan Minggu (closing ceremony): 12.30-14.00 WIB. See you there, ladies! (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Dok. SanUr Painters)