Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Sambut Hari Batik Nasional, Yayasan Batik Indonesia Gelar Kegiatan di Museum Batik Indonesia

Sambut Hari Batik Nasional, Yayasan Batik Indonesia Gelar Kegiatan di Museum Batik Indonesia

Moms, tahu dong, kalau tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional? Ini setelah batik Nusantara ditetapkan sebagai karya agung Warisan Budaya Takbenda untuk Kemanusiaan oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009.

Menyambut perayaan ini, Yayasan Batik Indonesia dan Museum Batik Indonesia menggelar serangkaian acara di Museum Batik Indonesia Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada Senin, 2 Oktober 2023.

Hari Batik Nasional tahun ini mengangkat tema “Batik Bangkit”. Melalui tema ini diharapkan perayaan Hari Batik Nasional 2023 dapat kembali membangkitkan industri batik dari masa pandemi yang sempat terpuruk, sehingga industri batik bisa kembali bangkit dari semua aspek, baik produksi,perdagangan, perkembangan, serta inovasinya.

“Tahun ini Yayasan Batik Indonesia (YBI) memperingati Hari Batik Nasional dengan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai keragaman batik yang ada di Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Selain itu Hari Batik Nasional tahun ini juga memiliki misi untuk kembali membangkitkan industri batik pasca masa pandemi” ujar Shanty Leksono, Ketua Pelaksana Perayaan Hari Batik Nasional.

Yayasan Batik Indonesia juga akan bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, khususnya melalui Museum Batik Indonesia dan Kementerian Perindustrian, untuk menggelar perhelatan Hari Batik Nasional 2023 secara bersama.

Perayaan Hari Batik Nasional 2023 ini akan menghadirkan kekayaan dan keragaman batik dari seluruh Indonesia, mengajak Anda untuk menjelajahi pesona budaya batik yang memukau dengan berbagai pola dan motif yang membentang dari ujung Pulau Sumatera hingga ke tanah Papua.

Dalam konferensi pers tersebut, Yayasan Batik Indonesia juga akan mengedukasi masyarakat, khususnya generasi muda yang biasa disebut Gen Z, mengingat peran Gen Z sangat penting karena akan menjadi pewaris atau berperan dalam pelestarian batik Nusantara di masa depan.

“Membawa misi untuk memberi edukasi bagi generasi muda, tentu saja pada perayaan Hari Batik Nasional tahun ini kami bakal memberikan berbagai upaya untuk membuat batik menjadi bagian dari identitas para Gen Z. Salah satu hal yang kami lakukan adalah dengan mengembangkan motif-motif batik yang disukai generasi muda, atau mengemas semua event-event batik dengan selera muda dan segala usia. Juga dengan mengadakan berbagai lomba, seperti salah satunya karya tulis batik yang tentunya mengarah pada Gen Z,” ungkap Diana Santosa, Wakil Ketua Yayasan Batik Indonesia.

Rangkaian acara perayaan Hari Batik Nasional 2023

Perayaan Hari Batik Nasional 2023 akan diadakan di Museum Batik Indonesia yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah. Acara ini diadakan dua sesi, pagi dan siang. Berikut rangkaian acaranya.

1. Membatik bersama pembatik di seluruh Indonesia

“Kita akan ada acara yang meng-highlight membatik bersama para pembatik dari seluruh Indonesia yang mewakili sentra batik dan membatik (yang khas) daerah masing-masing," ungkap Diana.

2. Pemecahan rekor MURI bersama seluruh sentra batik di Indonesia

Agenda ini turut dihadiri para perajin batik yang telah terkurasi dan memiliki keahlian tinggi untuk membuat karya masterpiece demi menghasilkan artwork untuk IKN.

3. Pengumuman lomba karya tulis batik

Perayaan Hari Batik Nasional tahun ini juga menghadirkan lomba karya tulis ilmiah tentang batik yang dibagi menjadi beberapa kategori, seperti pelajar, mahasiswa, dan umum. Hasil lomba akan diumumkan pada puncak perayaan.

4. Fashion show busana batik

Fashion show yang akan menampilkan beragam motif kain batik juga akan digelar dengan merepresentasikan kekayaan budaya dari berbagai wilayah di Indonesia.

5. Lelang Vespa dan Wuling seri batik

Ada pula lelang Vespa dan mobil Wuling seri batik. “Rencananya, dana yang kami peroleh dari pelelangan akan digunakan untuk pemberdayaan pembatik perempuan di ibu kota negara yang baru,” ucap Diana. (M&B/Gianti Puteri/SW/Foto: Dok. Yayasan Batik Indonesia)