Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

9 Cara Mengatasi Ngidam Berlebih saat Hamil

9 Cara Mengatasi Ngidam Berlebih saat Hamil

Saat hamil, penting buat Anda memperhatikan nutrisi. Pasalnya, pemenuhan nutrisi tidak hanya baik untuk kesehatan bumil secara keseluruhan, tapi juga berpengaruh pada perkembangan janin dan mencegah terjadinya masalah kehamilan. Namun, saat Moms mencoba menerapkan pola makan sehat saat hamil, terkadang ngidam yang Anda alami bisa menjadi tantangan tersendiri.

Ngidam atau keinginan untuk makan makanan tertentu merupakan keluhan yang kerap dialami bumil. Biasanya ngidam terjadi di trimester pertama kehamilan dan mencapai puncaknya di trimester kedua, kemudian mereda di trimester ketiga.

Meski demikian, tidak semua bumil mengalami ngidam. Karena setiap kehamilan itu unik, Anda mungkin tidak mengalaminya sama sekali atau baru mengalaminya setelah trimester pertama.

Penyebab ngidam saat hamil

Perubahan hormon yang terjadi saat hamil merupakan hal normal. Nah, perubahan kadar hormon secara signifikan selama kehamilan ini juga berdampak pada indra penciuman dan pengecapan, yang pada akhirnya memengaruhi dorongan untuk mengonsumsi atau menjauhi jenis makanan tertentu.

Selain itu, merasa lelah, lesu, atau mual juga bisa memicu hasrat emosional, sehingga ketika tubuh dan suasana hati berubah, banyak wanita mulai ngidam makan makanan manis saat hamil.

cara mengatasi ngidam berlebihan

Cara mengatasi ngidam berlebih

Nah, mengelola ngidam selama kehamilan inilah yang mungkin jadi hal tak mudah buat sebagian bumil. Namun, ada beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi ngidam berlebih.

1. Makan dengan teratur

Untuk mengekang nafsu makan dan menghindari makan berlebih, biasakanlah untuk makan teratur sepanjang hari. Cobalah untuk sarapan makanan sehat bergizi seimbang di pagi hari, diikuti dengan makan siang dan makan malam yang bernutrisi. Jika Anda lapar di antara waktu makan tersebut, pilihlah camilan sehat seperti buah-buahan atau sayuran.

2. Pilih makanan tinggi serat

Mengonsumsi makanan yang kaya serat dipercaya bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Selain itu, makanan berserat tinggi juga diketahui dapat mempertahankan tingkat energi dan memberi tubuh Anda vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan. Moms bisa mengonsumsi makanan tinggi serat seperti biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran.

3. Jadikan semuanya makanan sehat

Ngidam es krim saat hamil? Yes, Anda bisa dengan mudah menikmatinya begitu saja. Namun, akan lebih sehat dan bergizi jika ditambah dengan pisang atau kacang kenari yang menyehatkan jantung. Jadi, usahakanlah tetap menambahkan sumber makanan yang bernutrisi untuk mendampingi makanan yang sedang Anda idamkan saat ngidam.

Pun bila Anda ngidam makanan yang manis, Anda bisa pilih apel segar. Bila ingin sesuatu yang renyah, keripik sayur-sayuran akan jauh lebih sehat dibandingkan kerupuk. Jadi, cobalah untuk mengganti pilihan yang tidak sehat dengan pilihan yang lebih kaya nutrisi saat ngidam menghampiri.

4. Makan secara intuitif

Saat Moms mencoba menghindari apa yang Anda idamkan, ini justru bisa menyebabkan Anda mengonsumsi banyak makanan lain yang tidak Anda inginkan. Karenanya, biarkan diri Anda makan makanan yang benar-benar Anda inginkan, tapi lakukan dengan bijak dan terkendali.

Cobalah untuk duduk rileks setiap kali makan dan ngemil alih-alih makan buru-buru. Nikmati setiap bau dan rasa dari setiap gigitan makanan di mulut Anda. Makan perlahan juga bisa mengurangi kemungkinan menelan udara dan bersendawa yang tidak perlu. Pastikan pula makan dengan penuh kesadaran untuk memastikan Anda bisa memuaskan selera tanpa merasa bersalah.

5. Pastikan tubuh tetap terhidrasi

Rasa lapar yang Anda rasakan bisa disebabkan Anda mengalami dehidrasi. Karena itu, penting buat Moms memastikan tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari, apalagi saat hamil. Biasakan minum setidaknya 8 gelas air per hari untuk mengurangi kelelahan dan peradangan. Oh ya, membiarkan tubuh tetap terhidrasi juga bisa mengatasi rasa ngidam Anda akan makanan manis lho, Moms.

Baca juga: Mitos-mitos Seputar Ngidam Selama Masa Kehamilan

6. Cukup tidur

Perubahan yang terjadi selama hamil mungkin membuat Anda tak mudah mendapatkan kualitas tidur yang baik. Namun sebisa mungkin, pastikan Moms cukup tidur. Pasalnya Tidur diketahui bisa mengatur hormon, sehingga kurang tidur dapat memicu hormon yang meningkatkan nafsu makan dan menurunkan tingkat energi Anda. Cobalah untuk menetapkan rutinitas waktu tidur yang teratur dan patuhi jadwal tersebut.

7. Olahraga

Kehamilan tak seharusnya jadi alasan Moms malas bergerak. Ketahuilah bahwa olahraga itu selalu menjadi hal penting dalam menjaga gaya hidup sehat, dan selama kehamilan, olahraga juga bisa membantu mengalihkan perhatian Anda atau mengekang ngidam yang Anda alami. Cobalah berjalan-jalan sebentar saat lapar sedang memuncak untuk membantu Anda tetap aktif dan menjaga jadwal makan sesuai waktunya.

8. Jangan ciptakan godaan!

Dengan tidak membeli dan membuang pilihan tidak sehat di rumah, tentunya ini akan memudahkan Moms untuk memulai dengan baik aksi Anda demi mengalahkan nafsu makan. Jika sekotak kue dan permen ada di dapur Anda, Anda pasti akan mengambilnya. Jadi, singkirkan itu dari pandangan juga pikiran Anda!

9. Cari dukungan emosional

Terkesan remeh, tapi terkadang hal paling bermanfaat yang bisa kita lakukan untuk mengatasi ngidam berlebih saat hamil adalah berbicara dengan seseorang yang mengalami hal serupa dan berempati dengan pengalaman kita. Cobalah untuk menciptakan jaringan dukungan dari ibu-ibu lain yang pernah ngidam saat hamil untuk membantu mengalihkan pikiran Anda dari hal tersebut.

Nah, kalau Moms punya cara ampuh lain enggak nih, untuk mengatasi ngidam berlebih? (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: user18526052 & Gpointstudio/Freepik)