Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

6 Cara Meluluhkan Hati Suami yang Keras Kepala dan Egois

6 Cara Meluluhkan Hati Suami yang Keras Kepala dan Egois

Punya suami yang keras kepala dan egois bisa jadi tantangan tersendiri dalam kehidupan rumah tangga. Tak jarang hal ini mungkin bikin Moms emosional dan bahkan stres.

Namun, Moms tak perlu bingung ataupun khawatir. Ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk meluluhkan hati suami yang keras kepala dan egois, mulai dari mencoba memahaminya, menjaga komunikasi tetap positif, hingga memberikan perhatian lebih kepadanya.

Untuk lebih jelasnya, simak 6 cara meluluhkan hati suami yang keras kepala dan egois berikut ini, Moms.

1. Pahami penyebab suami keras kepala dan egois

Cara pertama untuk meluluhkan hati suami yang keras kepala dan egois adalah memahami penyebab suami bersikap seperti itu. Pada dasarnya, seseorang bisa bersikap demikian karena ada alasan tertentu yang mendasarinya.

Moms bisa mencoba bertanya langsung kepada Dads mengenai alasannya tersebut. Namun, pastikan untuk menanyakan ini saat Anda berdua sama-sama dalam kondisi tenang, ya. Jika sudah menemukan alasan dan akar masalahnya, berusahalah untuk saling memahami. Ini penting dilakukan agar hubungan kembali berjalan harmonis.

2. Buat suami merasa dicintai dan beri lebih banyak perhatian

Biasanya, salah satu alasan di balik sikap keras kepala dan egois suami adalah karena ia merasa kurang dicintai dan diperhatikan oleh sang istri. Untuk itu, Anda bisa berikan lebih banyak cinta dan perhatian buat meluluhkan hatinya. Caranya, ajak Dads kencan berdua dan layani ia dengan sepenuh hati, Moms. Selalu luangkan waktu untuk bisa duduk dan bicara berdua. Jika perlu, cobalah atur waktu untuk pergi berlibur bersama.

3. Berikan apresiasi dan pujian untuk suami

Setiap orang suka diberi pujian, begitu juga dengan suami Anda. Moms bisa berikan pujian dan apresiasi atas kerja keras dan apa yang sudah dicapai Dads. Berikan juga doa dan harapan baik dari Moms untuk Dads. Ini juga bisa membuat Dads merasa lebih dicintai dan diperhatikan oleh Moms. Perlahan-lahan, hal ini akan bisa meluluhkan hatinya yang keras kepala dan egois.

4. Jangan ikut menjadi egois!

Salah satu cara efektif untuk meluluhkan hati suami yang keras kepala dan egois adalah dengan tidak ikutan egois. Sebaliknya, Anda harus lebih banyak mengalah, bersabar, dan fokus pada hal yang positif. Jadilah pendengar yang baik untuk Dads, dengarkan setiap apa yang disampaikan Dads hingga ia merasa lebih tenang dan lega. Setelah tenang, Moms bisa berikan pendapat atau saran kepada Dads untuk menemukan solusi bersama.

5. Menjaga komunikasi yang positif

Cara meluluhkan hati suami yang keras kepala dan egois berikutnya adalah dengan tetap memastikan komunikasi terjalin baik. Menjaga komunikasi yang positif akan menghindari munculnya masalah baru dalam rumah tangga akibat silent treatment.

Itulah sebabnya Anda tidak boleh ikut terpancing emosi saat menghadapi suami yang keras kepala dan egois. Mulailah dengan menanyakan alasan atau masalah yang menyebabkan ia bersikap demikian. Moms bisa menanyakan dengan nada bicara rendah dan berusahalah untuk tidak langsung menghakiminya. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya pertengkaran dalam rumah tangga.

6 Utarakan isi hati di waktu yang tepat

Menyampaikan isi hati kepada suami jadi satu hal penting untuk mendukung keharmonisan rumah tangga. Namun, Moms mesti pintar-pintar memilih waktu yang tepat untuk mengutarakan isi hati, ya. Pilihlah waktu ketika Dads sedang tidak sibuk atau dalam kondisi santai. Ini dilakukan agar apa yang Moms sampaikan bisa diterima dengan baik oleh Dads.

Itulah 6 cara meluluhkan hati suami yang keras kepala dan egois yang bisa Moms coba. (M&B/Ayu/ZA/SW/Foto: Vlada Karpovich/Pexels)