Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Mengenal Tamanu Oil dan Manfaatnya untuk Wajah Anda

Mengenal Tamanu Oil dan Manfaatnya untuk Wajah Anda

Moms, apakah Anda menggunakan face oil dalam rangkaian skincare yang Anda lakukan? Saat ini ada banyak jenis face oil yang digunakan untuk perawatan kulit, dan setiap face oil punya manfaatnya masing-masing.

Nah, salah satu face oil yang sering digunakan untuk perawatan wajah adalah tamanu oil. Minyak ini sendiri telah digunakan selama berabad-abad oleh masyarakat di Asia dan Afrika untuk tujuan pengobatan maupun perawatan kulit tradisional.

Manfaat tamanu oil untuk kecantikan dan perawatan kulit memang belum dikenal secara luas. Padahal, minyak ini punya banyak khasiat untuk kesehatan kulit. Yuk, kenali tamanu oil dan manfaatnya untuk wajah, Moms!

Apa itu tamanu oil?

Tamanu oil merupakan minyak yang diekstrak dari biji pohon tamanu (Calophyllum inophyllum). Pohon ini banyak tumbuh di wilayah Asia, Pasifik, dan Afrika. Buah tamanu berbentuk bulat dengan warna hijau.

Proses ekstrak minyak tamanu membutuhkan waktu yang lama. Buah tamanu yang berbentuk kacang harus dipecah dan dijemur secara alami di bawah sinar matahari langsung selama 1-2 bulan. Proses ini dilakukan untuk mengekstrak minyak dari biji.

Setelah melewati proses penjemuran yang cukup lama, biji yang telah kering kemudian diekstrak dan menciptakan tamanu oil. Minyak tamanu yang baru diolah dikenal sebagai minyak alami yang kaya akan asam lemak. Ini yang membuat minyak tamanu dikenal bermanfaat untuk kulit.

Manfaat tamanu oil

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat tamanu oil untuk kesehatan kulit dan kecantikan, Moms.

1. Kaya antioksidan

Antioksidan melawan kerusakan akibat radikal bebas. Ketika tubuh terkena radikal bebas secara berlebihan, kerusakan akan terjadi. Inilah salah satu penyebab terjadinya penuaan lebih cepat pada kulit. Tamanu oil kaya antioksidan yang mampu melindungi kulit dari radikal bebas. Oleh karena itu, tamanu oil sering ditambahkan ke dalam kandungan krim anti penuaan.

2. Melindungi dari paparan sinar matahari

Walaupun sinar matahari memiliki manfaat buat kesehatan kulit, paparan berlebihan sinar matahari bisa menimbulkan risiko pada kulit. Paparan berlebihan sinar matahari bisa mengakibatkan berbagai masalah kulit, seperti kulit terbakar (sunburn), tanda-tanda penuaan dini, dan bahkan meningkatkan risiko kanker kulit.

Tamanu oil bisa berfungsi sebagai pelindung kulit dari sinar matahari. Minyak esensial ini diketahui punya kemampuan untuk menyerap sinar UVA dan UVB agar tidak menembus ke lapisan kulit. Secara tidak langsung tamanu oil membantu mencegah kerutan akibat kerusakan sinar matahari.

3. Memiliki manfaat antiinflamasi

Tamanu oil mengandung calophyllolide, molekul yang memberikan efek antiinflamasi yang mirip dengan hidrokortison. Karena itu, minyak ini bisa membantu mengatasi kondisi peradangan kulit seperti psoriasis, eksim, atau rosacea.

4. Menyembuhkan dan mengurangi bekas luka

Selain memiliki sifat antiinflamasi, tamanu oil juga bersifat regeneratif yang mampu meredakan peradangan, mempercepat proses penyembuhan luka, hingga mengurangi bekas luka dan bintik hitam di wajah, termasuk bekas jerawat dan hiperpigmentasi.

5. Menyamarkan mata panda

Adanya kandungan fatty acid atau asam lemak yang tinggi dalam tamanu oil menjadikan minyak esensial ini cocok digunakan pada bagian-bagian kulit yang tipis, salah satunya bagian lingkaran bawah mata, agar lebih lembap. Itulah sebabnya tamanu oil sangat berguna untuk menyamarkan mata panda.

Tamanu oil sendiri bisa Anda gunakan sebagai minyak wajah harian atau sebagai perawatan spot untuk bekas luka atau jerawat. Caranya, oleskan beberapa tetes minyak ke kulit yang bersih, lalu pijat perlahan hingga meresap. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkannya dengan moisturizer atau serum wajah lainnya. (M&B/Talitha Putik Arawanda/SW/Foto: Jcomp/Freepik)