Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Rekomendasi Tempat Piknik Lawas dengan Wajah Baru yang Seru untuk Anak

Rekomendasi Tempat Piknik Lawas dengan Wajah Baru yang Seru untuk Anak

Piknik bukan semata untuk bersenang-senang. Pergi ke tempat wisata pun bisa menjadi cara belajar yang seru untuk anak sekaligus melepaskannya dari gadget. Setuju kan, Moms?

Ada cukup banyak tempat wisata yang bisa Moms kunjungi di area Jakarta dan sekitarnya. Beberapa di antaranya merupakan tempat wisata lawas tapi kini sudah mengalami proses revitalisasi dan renovasi sehingga jadi lebih seru untuk dikunjungi. Apa saja? Yuk, cek daftarnya berikut ini, Moms.

1. Taman Burung Jagat Satwa Nusantara TMII

Moms, pastinya sudah tak asing lagi dengan kawasan wisata Taman Mini Indonesia Indah. Sejak dibuka kembali pada November 2022, TMII hadir dengan wajah baru. Sejumlah wahana ikut direvitalisasi, termasuk taman burung yang kini bernama Taman Burung Jagat Satwa Nusantara. Revitalisasi terlihat di beberapa area, seperti kawasan dome yang sebelumnya hanya menyediakan jalan setapak kini sudah memiliki jembatan kayu yang melintas di antara pepohonan. Selain bisa lebih dekat melihat unggas yang berada di pepohonan, Moms dan Si Kecil juga bisa mengabadikan foto dengan latar belakang yang instagramable.

Koleksi unggasnya pun kian beragam. Di waktu tertentu, juga ada bird presentation yang memperkenalkan jenis burung dan karakteristiknya kepada para pengunjung. Last but not least, di kawasan Taman Burung Jagat Satwa Nusantara kini juga terdapat Resto Bantimurung. Jadi, Moms tidak perlu khawatir jika Si Kecil lapar atau haus.

2. Museum Komodo TMII

Museum Komodo yang juga terletak di kawasan Taman Mini Indonesia Indah pun telah melalui proses revitalisasi. Menurut rencana, revitalisasi gedung yang menjadi salah satu ikon TMII ini bakal rampung seratus persen pada pengujung Oktober 2023.

Di Museum Komodo, Moms dan Si Kecil bisa menyaksikan paludarium besar, yaitu Papua Biodome, yang berisi satwa komunal yang hidup di vegetasi hutan Papua. Sebagai catatan, paludarium berasal dari Bahasa Latin “palus” yang berarti rawa dan “arium” yang berarti tempat atau wadah. Jadi paludarium merupakan penggabungan antara unsur air dan darat di dalam media atau ruangan tertutup. Museum Komodo juga akan memiliki kandang besar buaya dan komodo yang akan hadir pada akhir Oktober.

3. Dunia Air Tawar dan Serangga

Masih di kawasan Taman Mini Indonesia Indah, ada juga Dunia Air Tawar dan Serangga. Saat ini, wahana tersebut masih berada dalam tahap awal revitalisasi dan diperkirakan akan selesai pada Januari 2024. Nantinya, Moms dan keluarga bisa menyaksikan akuarium silinder besar di wahana ini.

4. Taman Margasatwa Ragunan

Dilansir dari BeritaSatu.com, Taman Margasatwa Ragunan juga tengah menjalani proses revitalisasi dan renovasi. Hingga kini, proses pembenahan sudah dilakukan di kandang unggas dan pembenahan fasilitas trek jogging yang memiliki panjang lingkaran mencapai 1 kilometer.

Menurut Kepala Humas Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang, Kebun Binatang Ragunan akan direnovasi hingga sesuai dengan standar internasional. Ia juga mengatakan bahwa renovasi meliputi zonasi satwa guna mempermudah pengunjung yang datang.

5. Taman Impian Jaya Ancol

Sejak melakukan pergantian logo pada Juli 2022, Taman Impian Jaya Ancol juga mulai merevitalisasi kawasan wisatanya. Tahun lalu, tempat wisata ini meluncurkan unit rekreasi terbaru, yaitu Jakarta Bird Land (JBL). Taman burung pertama yang dimiliki oleh Ancol ini memiliki luas kurang lebih 6.000 meter persegi yang terbagi dalam 6 kawasan, yaitu American Macaw Area, Indonesian Cockatoo, Hombill Family, Aviary Exhibi, Water Bird, dan Free Range Bird Area. Daya tarik utama JBL adalah sky bridge di mana pengunjung bisa melihat lebih dekat dan berinteraksi langsung dengan burung yang sedang terbang bebas dan hinggap di dalam area aviary. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Gustama Pandu/M&B)