Type Keyword(s) to Search
BABY

Bayi Usia 8 Bulan Bisa Apa? Ini Perkembangan Lengkap Bayi Usia 8 Bulan

Bayi Usia 8 Bulan Bisa Apa? Ini Perkembangan Lengkap Bayi Usia 8 Bulan

Bayi Anda sudah berusia 8 bulan sekarang! Melihat Si Kecil tumbuh dengan baik adalah salah satu kebahagiaan terbesar dalam hidup, ya kan, Moms? Memasuki usia 8 bulan, Si Kecil makin penasaran tentang segala hal dan mulai menunjukkan kemampuan yang bisa membuat Moms makin terkesan, seperti mulai belajar merangkak, duduk tanpa bantuan, bisa menggenggam sesuatu, dan lebih banyak mengoceh.

Jika Anda masih bertanya-tanya bayi 8 bulan bisa apa saja, berikut ini semua yang perlu Moms ketahui tentang perkembangan bayi 8 bulan, baik perkembangan motorik, perkembangan kognitif, keterampilan bahasa, hingga perkembangan emosional dan sosial.

Perkembangan motorik bayi usia 8 bulan

Di usia 8 bulan, perkembangan motorik bayi Anda makin meningkat. Di usia ini, Si Kecil sudah bisa duduk sendiri untuk waktu yang lebih lama tanpa bantuan Anda. Bayi umumnya juga mulai merangkak di usia sekitar 8 bulan, meskipun beberapa bayi mungkin sudah terlebih dahulu merangkak atau bahkan belum bisa merangkak sama sekali—tidak perlu khawatir, Moms.

Selain merangkak, Si Kecil juga mulai belajar berdiri dengan bantuan tangan Moms sebagai penyangga atau sambil berpegangan pada benda di sekitarnya. Bayi Anda mungkin sudah mulai berguling dari depan ke belakang sejak usia 5-6 bulan. Dan, ketika Si Kecil berusia 8 bulan, leher dan otot lengannya sudah makin kuat sehingga ia mampu berguling dua arah, dari depan ke belakang dan belakang ke depan.

Moms mungkin juga memperhatikan Si Kecil mulai bisa mengambil dan menggenggam sesuatu dengan tangannya sendiri. Stimulasi keterampilan ini dengan mulai mengajarkannya makan sendiri. Namun, karena ia belum mampu mengontrol kecepatan tangannya yang bisa meningkatkan risiko tersedak, Moms tetap perlu mendampingi dan mengawasinya saat ia makan, ya.

Perkembangan kognitif bayi usia 8 bulan

Selain perkembangan motorik, perkembangan kognitif bayi 8 bulan juga ikut meningkat. Di usia ini, bayi Anda mulai memahami konsep sebab akibat. Si Kecil akan senang menjatuhkan benda dan meminta Moms mengambilkannya berulang kali.

Ia akan menunjukkan ketertarikan yang lebih banyak dengan suatu benda atau mainan, seperti akan merangkak untuk meraih benda atau mainannya tersebut serta mulai mampu memahami keberadaan benda atau mainan kesukaannya. Misalnya, jika biasanya Moms meletakkan mainan kesukaannya di suatu tempat, lalu memindahkannya, ia akan mulai memahami ketidakberadaan mainan tersebut dan akan mencarinya.

Perkembangan emosional dan sosial bayi usia 8 bulan 

Di usia 8 bulan, kebanyakan bayi mulai menunjukkan perkembangan emosional tertentu, seperti kecemasan akan perpisahan (separation anxiety) dengan orang tuanya. Sebagai contoh, ia mungkin akan menangis saat berpisah dengan Moms meskipun hanya untuk ditinggal sebentar saja ke toilet.

Seperti dijelaskan oleh American Academy of Pediatrics, bayi usia 8 bulan biasanya sudah bisa menyadari saat Anda tidak bersamanya karena ia sudah mengembangkan ikatan emosional yang kuat dengan orang-orang terdekatnya.

Selain itu, bayi usia 8 bulan juga sudah bisa memahami dan merespons ucapan atau body language yang Anda tunjukkan. Misalnya, saat Moms berkata “berhenti” atau “tidak” ia akan menghentikan apa yang sedang dilakukannya dengan asumsi bahwa Moms mencegah atau melarangnya melakukan hal tersebut. Ia juga akan membalas tersenyum ketika Moms memberikannya senyuman hangat. 

Seiring dengan makin berkembangnya emosional bayi, Si Kecil mulai menunjukkan ketakutan terhadap orang asing yang baru ditemuinya. Anda mungkin juga memperhatikan bahwa Si Kecil mulai mengenali dirinya sendiri ketika becermin.

Perkembangan keterampilan bahasa bayi usia 8 bulan

Jika Moms masih bertanya-tanya bayi usia 8 bulan bisa apa, Moms mungkin memperhatikan kalau Si Kecil sudah makin sering mengoceh atau mengucapkan kata-kata pendek. Itu adalah tanda bahwa keterampilan bahasanya meningkat. Di usia 8 bulan, bayi Anda sudah mulai bisa mengucapkan dua suku kata, seperti “Ma-ma”, “Pa-pa”, “Da-da”, atau “Bu-bu”. Ia mungkin akan mulai meniru suara atau bunyi yang Moms ucapkan.

Itulah semua hal tentang perkembangan bayi usia 8 bulan yang perlu Moms ketahui. Namun, perlu diingat Moms, ini hanyalah panduan umum. Setiap bayi tumbuh berkembang dengan kecepatannya sendiri. Jadi, jangan khawatir jika Si Kecil di usia 8 bulan mungkin belum mencapai semua perkembangan tersebut. Namun, jika Anda memiliki kekhawatiran besar mengenai tumbuh kembang Si Kecil, sebaiknya konsultasikan dengan dokter anak Anda, Moms. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Freepik)