Type Keyword(s) to Search
BABY

6 Mainan Edukatif Bayi 6-12 Bulan untuk Bantu Optimalkan Tumbuh Kembangnya

6 Mainan Edukatif Bayi 6-12 Bulan untuk Bantu Optimalkan Tumbuh Kembangnya

Usia 6-12 bulan (hingga 2 tahun) merupakan fase penting dan krisis dalam tahap tumbuh kembang anak. Pasalnya, di usia ini, Si Kecil mulai mengembangkan kemampuan kognitif, sensorik, emosional dan sosial, bahasa, serta motoriknya.

Salah satu cara terbaik untuk mendukung dan menstimulasi tumbuh kembang anak adalah dengan mengajaknya bermain sambil belajar dengan mainan edukatif.

Mainan edukatif tidak hanya akan membuat bayi terhibur dan merasa senang, tapi juga membantu menstimulasi tumbuh kembang Si Kecil dan kecerdasannya. Berikut ini M&B telah merangkum beberapa mainan edukatif bayi 6-12 bulan untuk Si Kecil, Moms.

1. Mainan tekstur

Mainan tekstur, atau disebut juga dengan mainan sensorik, adalah mainan edukatif yang bisa membantu mengembangkan kemampuan sensorik bayi. Kemampuan sensorik mencakup kelima indra tubuh Si Kecil, seperti penglihatan, pendengaran, penciuman, peraba, dan perasa.

Ide mainan tekstur semacam ini bisa Moms buat sendiri di rumah dengan memanfaatkan berbagai tekstur bahan makanan seperti pasta, beras dan kacang-kacangan, air dan es batu, agar-agar, potongan buah, meses, tepung, maupun sereal. Selain itu, Moms bisa membeli mainan bola bertekstur, pasir kinetik, mainan kerincingan, playdough, atau interaktif soft book, untuk meningkatkan kepekaan kelima panca indra bayi Anda.

2. Mainan sortir bentuk dan mainan susun

Mainan sortir bentuk dan mainan susun adalah mainan edukatif bayi 6-12 bulan lainnya yang bisa meningkatkan kemampuan kognitif dan motorik Si Kecil. Mainan sortir bentuk dan mainan susun seperti ini bisa mengenalkan Si Kecil pada berbagai bentuk, ukuran, dan warna, serta mengembangkan keterampilan problem solving-nya.

Selain itu, mainan edukatif seperti ini juga membantu mengembangkan koordinasi tangan-mata dan kemampuan spasial Si Kecil. Pilih mainan sortir bentuk dan mainan susun dengan warna-warna cerah untuk menarik ketertarikan bayi Anda, Moms.

3. Mainan tarik dan dorong

Di usia 6-12 bulan, bayi biasanya akan melalui tahap merangkak, berdiri, dan belajar berjalan. Dan, mainan tarik dan dorong seperti ini bisa membantu menstimulasi tahap-tahap perkembangan Si Kecil tersebut.

Mainan edukatif bayi tarik dan dorong bisa membantu menstimulasi Si Kecil untuk cepat merangkak dengan baik, kemudian mendukung bayi Anda melalui tahap berdiri dan berjalan. Mainan ini juga bisa mendukung Si Kecil belajar menjaga keseimbangannya, terutama saat berdiri dan berjalan.

Beberapa mainan tarik dan dorong biasanya juga dilengkapi dengan fitur-fitur lainnya yang bisa mendukung perkembangan motorik, kognitif, dan koordinasi tangan-mata Si Kecil.

4. Mainan mandi

Moms bisa mendorong tumbuh kembang bayi kapan pun, termasuk saat memandikan Si Kecil, sekaligus bisa membuat waktu mandi terasa lebih menyenangkan. Moms bisa memilih mainan mandi yang bisa mengapung, yang bisa menyemprotkan air, atau yang bisa berubah warna saat basah. Mainan ini akan membuat Si Kecil terhibur dan menstimulasi indranya serta membantunya memahami konsep dasar sebab dan akibat.

5. Mainan alat musik

Mainan alat musik seperti mini keyboard, mini drum, dan marakas bayi bisa membantu menstimulasi indra pendengaran bayi dan memperkenalkan Si Kecil pada berbagai jenis suara dan ritme, yang bisa mendukung perkembangan sensoriknya. Musik bisa membantu bayi Anda belajar mengekspresikan diri dan perasaan. Selain itu, musik juga bisa mendukung koordinasi gerak tubuh Si Kecil, dengan cara menggoyangkan tangan, kaki, dan badannya sebagai respons terhadap musik yang didengarnya.

6. Kartu stimulasi visual

Satu lagi mainan edukatif untuk bayi 6-12 bulan, yaitu kartu stimulasi visual. Sesuai namanya, kartu stimulasi visual merupakan mainan berbentuk kartu dengan berbagai gambar atau pola untuk menstimulasi indra penglihatan bayi, sekaligus mengenalkan Si Kecil dengan berbagai gambar dan pola.

Menggerakkan kartu stimulasi visual ini dari satu sisi ke sisi lainnya atau mencoba memvariasikan berbagai jarak kartu dari pandangannya akan mendorong bayi untuk mengikuti ke mana arah perginya kartu tersebut, sehingga bisa meningkatkan kemampuan visual tracking Si Kecil.

Itulah beberapa mainan edukatif bayi yang baik untuk mendorong dan menstimulasi tumbuh kembang Si Kecil. Bermain adalah salah satu cara terbaik dan menyenangkan untuk mendukung dan mengasah tahap pertumbuhan dan perkembangannya serta menumbuhkan kecerdasan Si Kecil. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Freepik)