Type Keyword(s) to Search
BABY

Yuk, Kenali 5 Tanda Bayi akan Merangkak, Moms!

Yuk, Kenali 5 Tanda Bayi akan Merangkak, Moms!

Kemampuan merangkak merupakan satu tanda bayi berkembang dengan baik. Fase merangkak menjadi proses belajar awal sebelum nantinya Si Kecil bisa berdiri dan berjalan.

Ketika bayi Anda sudah berusia sekitar 6-7 bulan, biasanya ia akan mulai menunjukkan ketertarikan untuk merangkak. Fase merangkak ini sangat penting lho, Moms, karena turut menunjang kemampuan motorik Si Kecil.

Baca juga: 5 Cara Mudah Mengajarkan Bayi Merangkak

Di rentang usia tersebut, bayi mulai belajar untuk mengoordinasikan gerakan lengan dan kakinya, sehingga ia mampu menopang berat badan dengan baik serta berpindah tempat secara mandiri.

Meskipun begitu, Moms tak perlu khawatir jika Si Kecil belum menunjukkan tanda-tanda merangkak di usia tersebut, ya. Pasalnya, setiap anak tentunya memiliki waktu yang berbeda-beda terkait tumbuh kembangnya.

Berikut ini 5 tanda bayi akan merangkak yang perlu Moms ketahui.

1. Mulai tertarik pada benda di sekitarnya

Bayi yang sudah siap merangkak biasanya akan mulai tertarik pada benda-benda yang ada di sekitarnya walaupun benda tersebut berada cukup jauh dari jangkauannya. Ketertarikan Si Kecil tersebut bisa menandakan bahwa ia ingin lebih banyak bergerak dan mengeskplorasi berbagai hal di sekitarnya.

Moms bisa membantunya dengan meletakkan salah satu benda atau mainan favorit Si Kecil sedikit jauh dari jangkauannya saat ia berada di lantai untuk menstimulasinya agar ia mulai merangkak ke arah benda tersebut.

2. Mulai mengangkat tubuhnya sendiri

Jika Moms memperhatikan Si Kecil mulai mencoba mengangkat tubuhnya sendiri saat tengkurap, itu bisa menjadi tanda bayi akan segera merangkak. Di tahap ini, Si Kecil biasanya akan mencoba mengangkat tubuhnya ke atas secara berulang-ulang, sehingga nantinya ia benar-benar bisa mengubah posisinya sendiri. Ini merupakan salah satu bagian dari proses belajar merangkak.

3. Sudah bisa duduk tanpa dibantu

Ketika bayi sudah bisa duduk tanpa bantuan dari Anda, itu merupakan tanda bahwa otot inti tubuh Si Kecil sudah mulai kuat dan mengalami perkembangan, sehingga tak lama lagi ia akan mampu merangkak. Seperti diketahui, otot merupakan bagian penting dari tubuh bayi yang akan mendukung sistem koordinasi geraknya.

4. Mulai bisa menarik badan dan lengan

Sebelum mulai merangkak, biasanya bayi akan membuat gerakan seperti merayap. Di tahap ini Si Kecil akan belajar dan berusaha untuk menarik badan serta kedua lengannya. Ada juga yang justru mendorong badannya ke arah belakang.

Jika bayi Anda melakukan itu, Moms tak perlu khawatir atau buru-buru membantunya—selama itu tidak membahayakannya. Biarkan Si Kecil belajar merangkak dengan caranya sendiri sambil diberi banyak stimulasi yang membantunya cepat bisa merangkak dengan baik.

5. Tertarik untuk beraktivitas di lantai

Ada kalanya Si Kecil bosan duduk di bouncer dan lebih tertarik untuk beraktivitas di lantai. Ini jadi salah satu tanda bahwa bayi Anda akan mulai merangkak. Untuk mendukungnya beraktivitas di lantai dan belajar merangkak, siapkan alas atau matras lantai yang empuk dan lembut ya, Moms. Beri juga stimulasi-stimulasi yang bisa mendorong Si Kecil cepat merangkak.

Itulah 5 tanda bayi akan merangkak yang perlu Moms ketahui. Namun, dalam setiap fasenya, Moms tidak perlu memaksakan setiap kemampuan Si Kecil. Ingatlah bahwa setiap bayi punya waktunya sendiri terkait kemampuan dan perkembangannya. Yang perlu Anda lakukan adalah tetap dukung dan beri stimulasi untuk mendorong dan tumbuh kembang Si Kecil, Moms. (M&B/Ayu/ZA/SW/Foto: Freepik)