Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Rekomendasi Mainan Kayu untuk Stimulasi Tumbuh Kembang Anak

Rekomendasi Mainan Kayu untuk Stimulasi Tumbuh Kembang Anak

Bermain merupakan kegiatan yang jadi dunia anak. Dan faktanya, bermain tidak hanya jadi hiburan tapi juga jadi sarana untuk menstimulasi tumbuh kembang Si Kecil. Memang ada banyak mainan yang hadir di pasaran, dan sebagian besar terbuat dari bahan plastik, tapi faktanya mainan yang terbuat dari bahan kayu justru lebih baik.

Dikutip dari Good to Know, mainan kayu bisa tahan lama, tidak mudah rusak atau patah, ramah lingkungan, dan lebih aman dimainkan anak. Bentuk dan modelnya pun bisa mendorong Si Kecil jadi lebih kreatif dan terampil saat memainkannya. Berikut ini beberapa rekomendasi mainan kayu berkualitas yang bisa Anda berikan untuk Si Kecil.

1. Wooddo

Brand asal Bandung, Wooddo punya koleksi mainan kayu yang dibuat dan dicat sendiri menggunakan cat yang aman untuk anak. Desain mainannya mudah dimainkan Si Kecil dan punya bentuk yang unik sehingga cocok untuk dekorasi rumah juga. Mainan kayu ini hadir dalam beberapa set, seperti Mountain set dan Winterland set yang pasti disukai Si Kecil.

2. Asa

Let’s play with purpose jadi tagline Asa yang menghadirkan koleksi mainan berbahan kayu untuk anak. Ada banyak desain mainan kayu yang pastinya akan menghibur dan menstimulasi motorik serta konsentrasi Si Kecil. Salah satunya adalah puzzle kayu yang menyerupai bentuk bangunan Taj Mahal. Ukuran dari setiap pieces mainan cukup besar, sehingga aman untuk dimainkan anak usia batita.

3. Nema Kids

Satu lagi merek asal Bandung, Nema Kids, juga menghadirkan koleksi mainan kayu untuk anak. Tak hanya mainan, ada juga furniture multifungsi dengan desain simpel yang bisa ditaruh di kamar Si Kecil. Beragam mainan kayunya pun bisa jadi dekorasi cantik, seperti handphone dengan desain retro atau perlengkapan dapur untuk anak perempuan maupun anak laki-laki.

4. Filii

Dari mainan, anak bisa belajar mengenal bermacam-macam bentuk, ukuran, dan warna. Seperti mainan susun balok dari Filii, yang hadir dalam warna-warna vibrant, tapi tetap aman untuk dimainkan Si Kecil. Ukuran baloknya pun beragam sehingga bisa jadi sarana buat anak mengenal bentuk dan ukuran balok serta melatih konsentrasi ketika menyusunnya menjadi sebuah bangunan unik.

5. Lettering and Life

Kenalkan Si Kecil dengan beragam jenis barang dengan fungsinya masing-masing menggunakan mainan kayu dari Lettering and Life, Moms, seperti mainan kasir, alat hitung dengan kartu serta koinnya yang terbuat dari kayu dan aman dimainkan anak. Ada juga mainan seperti perlengkapan makeup, ice cream set, juga stacker yang akan menghibur sekaligus membuat Si Kecil belajar hal-hal baru.

6. Padson

Moms bisa mengenalkan dunia air serta jenis-jenis hewan dan juga tanaman dengan mainan dari Padson. Mainan berbahan kayu ini sudah dicat menggunakan cat air yang pastinya aman untuk anak. Selain warnanya yang vibrant, bentuk dan desainnya juga sangat real sehingga pas jadi sarana Si Kecil untuk belajar hal-hal baru dengan cara yang seru.

7. Qlambu

Last but not least ada merek Qlambu yang menghadirkan koleksi mainan kayu aman untuk anak, seperti mainan untuk mengenal pulau-pulau dari peta Indonesia, mengenal anatomi tubuh, bahkan ada kamera dan kompas untuk menemani Si Kecil bertualang. Bentuk dari mainan kayu serupa dengan bentuk dari benda aslinya, sehingga membuat anak lebih familiar dan bisa menarik minatnya saat ia dewasa nanti.

Dengan memberikan mainan kayu, anak bisa teralihkan perhatiannya dari penggunaan gadget dan tentunya bisa mengurangi screen time. Namun, Moms tetap perlu mengawasi sekaligus menemani Si Kecil ketika bermain agar lebih aman. Selain itu, Si Kecil pun bisa bermain dan belajar dengan cara yang menyenangkan, sehingga tumbuh kembangnya juga akan optimal. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik, Instagram)