Type Keyword(s) to Search
BABY

5 Cara yang Bisa Moms Lakukan agar Bayi Cepat Tumbuh Gigi

5 Cara yang Bisa Moms Lakukan agar Bayi Cepat Tumbuh Gigi

Sebagai orang tua, Moms tentu ingin tumbuh kembang bayi Anda berjalan optimal sesuai dengan pertambahan usia Si Kecil. Untuk pertumbuhan gigi, misalnya, umumnya bayi sekitar usia 6-9 bulan sudah mulai menunjukkan tanda-tanda akan tumbuh gigi.

Namun, Moms perlu tahu bahwa setiap bayi punya kecepatan pertumbuhannya masing-masing. Tidak sedikit bayi berusia di atas 9 bulan, tapi belum menunjukkan tanda-tanda akan tumbuh gigi. Jadi, tak perlu khawatir, ya Moms.

Meskipun begitu, ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk menstimulasi pertumbuhan gigi bayi, mulai dari memenuhi asupan nutrisi, menggunakan teether, memberikan makanan bertekstur, hingga memijat gusi Si Kecil. Berikut ini beberapa cara yang bisa Moms lakukan agar bayi cepat tumbuh gigi.

1. Rangsang menggunakan teether

Teether adalah alat yang bisa digunakan untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi. Alat yang satu ini bisa dikunyah atau digigit bayi, terutama ketika mulut Si Kecil terasa gatal.

Namun, pemberian teether tidak bisa sembarangan ya, Moms, karena Anda harus memastikan teether yang diberikan terbuat dari bahan berkualitas seperti silikon atau karet. Pastikan juga teether dalam kondisi bersih sebelum digunakan Si Kecil. Selain itu, hindari penggunaan teether yang berisi cairan atau manik-manik karena berisiko tertelan bayi.

2. Lakukan pijat gusi

Moms bisa merangsang pertumbuhan gigi bayi dengan melakukan pijat gusi. Pijat gusi bisa dilakukan dengan menggunakan tangan ketika bayi hendak tidur. Dengan metode ini, Anda bisa secara langsung mengetahui bagian gigi mana yang akan tumbuh, lalu fokuskan pijatan di area tersebut. Namun, sebelum melakukannya, pastikan Anda sudah mencuci tangan hingga bersih terlebih dahulu ya, Moms.

3. Berikan makanan tinggi kalsium

Cara merangsang gigi bayi berikutnya adalah dengan memberikan makanan tinggi kalsium. Melansir laman Kids Health, kalsium merupakan mineral penting yang mampu mendukung proses pertumbuhan tulang dan gigi bayi. Mulai sekarang, Moms bisa berikan makanan tinggi kalsium untuk Si Kecil, seperti brokoli, keju, jeruk, bayam, atau edamame.

4. Ajak bayi berjemur 

Selain mengonsumsi makanan tinggi kalsium, bayi juga perlu mendapatkan asupan vitamin D untuk mempercepat proses tumbuh giginya. Salah satu cara yang bisa Moms lakukan adalah dengan mengajaknya bermain atau berjemur di bawah sinar matahari, antara pukul 6 dan 10 pagi, selama 5-10 menit.

5. Berikan finger food

Finger food juga bisa menjadi alat yang baik untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi Anda, Moms. Proses mengunyah finger food yang dilakukan bayi meski belum memiliki gigi, akan merangsang otot rahang, lidah, dan pipinya. Ini penting untuk melatih Si Kecil mengigit dan mengunyah, sehingga dengan sendirinya gigi akan mulai terangsang untuk cepat tumbuh. Meskipun begitu, Anda juga perlu berhati-hati dalam memberikan finger food buat bayi Anda ya, Moms. Pasalnya, beberapa finger food punya tekstur yang kasar, sehingga bisa berisiko menyebabkan bayi tersedak.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Moms lakukan agar bayi cepat tumbuh gigi. (M&B/Ayu/ZA/SW/Foto: Freepic.diller/Freepik)