Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Hadir di Venue Baru, Art Jakarta 2023 Janjikan Pameran Seni yang Lebih Semarak

Hadir di Venue Baru, Art Jakarta 2023 Janjikan Pameran Seni yang Lebih Semarak

Setelah sukses dengan Art Jakarta Gardens di Hutan Kota Plataran awal tahun ini, kini Art Jakarta akan tampil lebih kuat dan penuh energi di area barunya yang lebih besar, JIEXPO Kemayoran, Jakarta, pada 17-19 November 2023 mendatang. 

Menempati area gabungan Hall B3 dan C3, dengan luas sekitar 10.000 m2 , Art Jakarta 2023 tentunya akan menghadirkan pameran lebih besar yang mencakup lebih banyak ekshibitor dibandingkan tahun lalu.

Di tahun ini juga, pekan seni rupa kontemporer internasional ini pun menggandeng lebih banyak mitra yang turut berkolaborasi dengan para seniman berbakat. Tiga Mitra Utama Art Jakarta 2023 adalah Julius Baer, institusi terdepan dalam sektor wealth management di dunia dengan tradisi panjang sebagai patron seni; UOB Indonesia, institusi perbankan regional sekaligus pendukung seni rupa yang konsisten mewujudkan komitmennya di Asia Tenggara; dan Bibit, aplikasi investasi digital pemenang penghargaan yang mendorong literasi finansial di seluruh Indonesia.

Selain venue baru, tentunya Art Jakarta 2023 juga sudah menyiapkan konsep pameran dan deretan kegiatan menarik lainnya yang sayang untuk Moms lewatkan. Ada apa saja, sih?

Karya seni dari berbagai negara

Art Jakarta 2023 akan menghadirkan 68 galeri, yang terbagi atas 40 galeri dari Indonesia dan 28 dari mancanegara, Galeri mancanegara datang dari Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Vietnam, Taiwan, Korea Selatan, China, Jepang, Rusia, dan Australia. Wow!

Spot

Ini merupakan platform untuk presentasi istimewa berupa instalasi seni dari seniman terpilih. Spot dalam Art Jakarta 2023 akan memasang 9 karya seni yang telah terkurasi, antara lain dua karya yang akan tampil di Indonesia untuk pertama kalinya: Jose Santos (Filipina) yang merupakan tindakan konstruksi-rekonstruksi pribadi, penataan beragam objek untuk membangkitkan dan membingkainya kembali sebagai bahasa kode akan kehidupan yang telah silam; dan Nipan Oranniwesna (Thailand) yang menyoroti konsep batas dan saling silang antara kedua sisi perbatasan dalam Neither Body nor Soul (2018).

Karya dengan penghargaan

Para mitra akan menghadirkan karya yang baru-baru ini menjadi pemenang penghargaan. Seperti Julius Baer yang akan meluncurkan karya-karya baru dari para pemenang Julius Baer Next Generation Art Prize in Asia 2023 di area khusus, yaitu Julius Baer VIP Lounge, UOB dengan UOB Art Space-nya yang memamerkan karya-karya pemenang UOB Painting of the Year dari Indonesia hingga Asia Tenggara, dan Treasury, aplikasi perdagangan emas fisik secara digital, yang memamerkan karya pemenang Treasury Art Prize 2023, Eldwin Pradipta. Ada juga SUPERLIVE yang menyajikan karya tiga pemenang kompetisi SUPERMUSIC-SUPERSTAR dalam sebuah instalasi multimedia bertema “Reconstruction The Deconstruction” untuk menyoroti proses kreatif seniman.

Presentasi istimewa

Sebagai salah satu mitra utama, Bibit akan menyajikan karya Glass House oleh Syagini Ratna Wulan, sebuah pengembangan dari Lost Verses yang ditampilkan di Venice Biennale 2019. Lalu ada TACO, dalam kolaborasi dengan Park Jihyun, memajang Special Edition of Thomson Series yang menggubah narasi baru untuk barang habis pakai dan memanfaatkan sebuah produk baru dari TACO yang akan segera rilis, dan masih banyak lagi.

Kolaborasi ASEAN-KOREA

Dalam gelaran ini, turut tampil karya dari seniman ASEAN-KOREA melalui koleksi galeri ASEAN-KOREA untuk menyampaikan gambaran tentang pemetaan dan hubungan di dunia seni rupa ASEAN-Korea. Proyek ini sendiri merupakan bagian dari agenda rutin Art Jakarta yakni AJX, sebuah kerja sama bersama institusi atau perusahaan swasta.

Scene

Merupakan segmen khusus bagi kolektif seniman dan nirlaba untuk menggalang dana dalam upaya mereka untuk ikut memperkuat semangat komunitas di kancah seni rupa.

AJ Talk

Merupakan platfom bagi para ahli, pengamat, seniman, kolektor, dan kurator, untuk berbincang serta berbagi pengalaman dan pengetahuan kepada pengunjung. Tahun ini AJ Talk akan menghadirkan peluncuran buku Vice Versa oleh fotografer Indra Leonardi dan Illuminations oleh kritikus Carla Bianpoen, diskusi tentang karya-karya pemenang UOB Painting of the Year dari beberapa negara, dan lain-lain.

PLAY by UOB Indonesia

Siapa bilang enggak bisa mengajak anak-anak ke pameran seni? Di Art Jakarta 2023, UOB Indonesia merancang khusus area bermain bagi anak-anak untuk mengasah kreativitas, kepekaan, dan imajinasi melalui beragam kegiatan. Tahun ini, pemenang UOB Indonesia Painting of the Year 2022, Farhan Siki, menggagas ruang interaktif “Plant a Tree, Plant a Life” yang dinamis di mana anak-anak dapat mengenal seni rupa dengan bermain-main dan berimajinasi.

Jadi, sudah siap dong Moms untuk ajak keluarga ke Art Jakarta 2023? Dijual seharga Rp150.000, tiket Art Jakarta sudah bisa Moms dapatkan hanya di artjakarta.com! Kita ketemu di sana, ya! (M&B/Nanda Djohan/Foto: Dok. Art Jakarta)