Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Sinopsis Gadis Kretek, Serial Orisinil Netflix Indonesia Pertama Karya Kamila Andini

Sinopsis Gadis Kretek, Serial Orisinil Netflix Indonesia Pertama Karya Kamila Andini

Finally, the most awaited Indonesian series is on Netflix! Resmi rilis di Netflix sejak 2 November 2023, Gadis Kretek siap menghibur Anda dengan kisah drama misteri yang apik untuk dinikmati. Serial ini terdiri dari 5 episode yang sungguh menggugah hati dengan romantika, sejarah, dan perjuangan perempuan yang diceritakannya. Oleh karena itu, tentu sayang jika kisah Gadis Kretek ini Anda lewatkan.

Berlatarkan tahun 2001 dan tahun 1960-an, serial ini berkutat dalam pencarian seorang perempuan bernama Jeng Yah. Dalam petualangan menyusur sejarah ini, dua insan di dua masa berbeda berjuang menemukan kebenaran yang terpendam. So intriguing! Namun, sebelum menonton, yuk simak sinopsis serta fakta menarik seputar Gadis Kretek, Moms!

Sinopsis Gadis Kretek

Serial dengan judul internasional Cigarette Girl ini berawal dari kisah Lebas (Arya Saloka), anak ketiga dari tiga bersaudara pemilik industri kretek terbesar, yang berusaha menunaikan wasiat terakhir dari ayahnya yang sedang sakit keras.

Berbeda dari kedua kakaknya yang fokus mengurus bisnis keluarga, Lebas memilih untuk menjalankan misi sang ayah untuk mencari sosok Jeng Yah (Dian Sastrowardoyo). Petunjuk yang ia miliki hanya beberapa carik surat dan foto lama. Tanpa tahu latar belakang serta tujuan sang ayah, Lebas segera beranjak ke kota M untuk menemukan jawabannya.

Di tengah investigasinya, Lebas bertemu dengan Arum (Putri Marino) yang ternyata menyimpan berbagai petunjuk yang ia butuhkan. Penelusuran Lebas dan Arum di tahun 2001 rupanya membuka riwayat keluarga di tahun 1960-an, kala industri kretek sedang berkembang pesat-pesatnya. Satu per satu misteri tentang Jeng Yah pun tersingkap, yang mana membuka rahasia-rahasia lain tentang keluarga Lebas dan Arum lebih dalam.

Lalu, apakah Lebas dan Arum berhasil menemukan Jeng Yah? Ikuti kisah Lebas dan Arum dengan menonton Gadis Kretek di Netflix ya, Moms!

Fakta menarik Gadis Kretek

Tak hanya jalan ceritanya yang menarik, serial Gadis Kretek juga memiliki berbagai fakta menarik, lho. Yuk, simak uraiannya di sini, Moms!

1. Diadaptasi dari novel

gadis kretek filter

Serial Gadis Kretek diangkat dari novel berjudul sama karya Ratih Kumala. Novel Gadis Kretek sendiri diterbitkan pertama kali pada tahun 2012 oleh Gramedia Pustaka Utama. Novel ini kemudian masuk dalam sepuluh besar penerima penghargaan Kusala Sastra Khatulistiwa di tahun 2012. Ratih mengaku bahwa novel ini terinspirasi dari pengalaman hidupnya yang tumbuh besar dalam keluarga pengusaha kretek.

2. Karya sepasang sutradara

gadis kretek

Serial Gadis Kretek disutradarai oleh Kamila Andini dan suaminya, Ifa Isfansyah. Hal ini membuat Gadis Kretek menjadi karya perdana hasil kolaborasi Kamila Andini dan Ifa Isfansyah sebagai sepasang suami-istri. Super awesome!

3. Dibintangi talenta terbaik nusantara

gadis kretek

Kamila Andini dan Ifa Isfansyah tak main-main saat memilih pemain di balik berbagai karakter Gadis Kretek. Beberapa nama aktor dan aktris berbakat tanah air yang terlibat antara lain Arya Saloka sebagai Lebas, Putri Marino sebagai Arum, Dian Sastrowardoyo sebagai Dasiyah, Ario Bayu sebagai Soeraja, Ibnu Jamil sebagai Seno, Tissa Biani sebagai Rukayah, Sha Ine Febriyanti sebagai Roemaisa, Sheila Dara sebagai Purwanti, serta Rukman Rosadi sebagai Idroes Moeria.

4. Memakan waktu produksi 2 tahun

gadis kretek netflix

Digarap oleh rumah produksi Base Entertainment, proses pembuatan 5 episode Gadis Kretek memakan waktu sekitar 2 tahun, mulai dari pengembangan naskah hingga selesainya post-production. Selain itu, proses syuting Gadis Kretek dilakukan di 100 set yang dibangun di 20 lokasi demi menyuguhkan visual dan latar tahun 1960-an yang mendekati otentik. Superb!

5. Serial orisinil Netflix Indonesia pertama

Membanggakan, Gadis Kretek adalah serial orisinil Netflix Indonesia yang pertama dibuat lho, Moms! Ya, Gadis Kretek adalah serial pertama Indonesia yang diproduksi Netflix. Kabar ini pertama kali diumumkan pada September 2022 melalui kampanye Waktu Netflix Indonesia. kala itu, Netflix mengumumkan akan meluncurkan tujuh film dan serial Indonesia yang produksinya didukung Netflix. 

So, tunggu apa lagi? Saksikan Gadis Kretek di Netflix ya, Moms! (M&B/Gabriela Agmassini/ND/Foto: Netflix)