Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

10 Rekomendasi Film tentang Ayah untuk Rayakan Hari Ayah Nasional

10 Rekomendasi Film tentang Ayah untuk Rayakan Hari Ayah Nasional

Ditetapkan pada 12 November, Hari Ayah Nasional tentu menjadi momentum tersendiri untuk merayakan kehadiran Dads dalam hidup Si Kecil. Agar Hari Ayah makin menyenangkan, enggak ada salahnya Moms ajak Dads dan Si Kecil untuk menonton berbagai film tentang ayah yang penuh makna. Bingung mau nonton apa? Simak saja rekomendasi dari M&B berikut ini! Selamat Hari Ayah!

1. King Richard (2021)

King Richard adalah film biografi yang menceritakan perjuangan Venus dan Serena Williams menembus batas kesuksesan dengan dukungan ayah mereka, Richard Williams. Berlatar belakang kurang beruntung, Richard Williams (Will Smith) memiliki rencana besar untuk kedua anak perempuannya, Venus dan Serena Williams, sebagai pemain tenis andal.

2. The Whale (2022)

Dibuat berdasarkan pertunjukan teater berjudul sama, The Whale mengisahkan Charlie (Brendan Frasser), seorang guru sastra Inggris pengidap obesitas akut, yang ingin memperbaiki hubungannya dengan anak perempuannya, Ellie (Sadie Sink). Film ini kemudian berhasil memenangkan sejumlah penghargaan elite, seperti Academy Award dan SAG Award.

3. Miracle in Cell No. 7 (2022)

Film karya Hanung Bramantyo ini merupakan film adaptasi dari film Korea Selatan berjudul sama. Miracle in Cell No. 7 bercerita tentang Dodo Rozak (Vino G. Bastian), penjual balon dengan disabilitas intelektual sekaligus ayah dari Kartika (Mawar Eva de Jongh), yang dipenjara dan dihukum mati akibat dugaan membunuh anak pejabat. Bertahun-tahun setelah kematiannya, Kartika berusaha membuktikan bahwa ayahnya tidak bersalah.

4. Sabtu Bersama Bapak (2016)

Sabtu Bersama Bapak mengisahkan Gunawan (Abimana Aryasatya) yang berusaha tetap hadir dalam kehidupan kedua anaknya, meski sudah dijemput ajal. Sebagai perpanjangan misinya, Gunawan telah merekam pesan-pesan untuk kedua anaknya. Itje (Ira Wibowo), sang istri, kemudian membuat tradisi buat keluarganya untuk menonton rekaman Bapak setiap Sabtu. Walaupun begitu, ada rahasia menyayat hati yang menunggu untuk diungkap.

5. Beautiful Boy (2018)

Film biografi ini diangkat dari kisah nyata David Sheff yang ia tuliskan dalam buku Beautiful Boy: A Father’s Journey Through His Son’s Addiction. Seperti novelnya, film ini menceritakan jatuh bangun perjuangan David Sheff (Steve Carell) mendukung anaknya, Nic (Timothée Chalamet), yang seorang pecandu narkoba.

6. The Pursuit of Happyness (2006)

Another amazing biographical drama movie! Film ini mengisahkan Christopher Gardner (Will Smith), yang telah mepertaruhkan segala hartanya untuk berjualan alat pemindai tulang. Sayangnya, usahanya tak membuahkan nasib baik baginya dan keluarganya. Christopher kemudian bercerai dan mengasuh anaknya, Christopher Jr. Perjuangannya makin sulit ketika ia terpaksa hidup menggelandang bersama anaknya.

7. Onward (2020)

Film keluaran Pixar Studio ini bercerita tentang sepasang adik kakak bernama Ian (Tom Holland) dan Barley Lightfoot (Chris Pratt), yang bertualang mencari kristal magis untuk menghidupkan kembali ayah mereka selama 24 jam. Apakah mereka berhasil membawa kembali ayah mereka? Pastikan Moms menonton Onward untuk tahu jawabannya.

8. Fatherhood (2021)

Setelah ditinggal mati istrinya, Matthew Logelin (Kevin Hart) yakin bahwa ia bisa menjadi ayah tunggal yang baik untuk anaknya, Maddy (Melody Hurd). Ia pun menolak bantuan dari sanak keluarga yang ingin membantu merawat Maddy. Perjuangannya sebagai ayah tunggal makin pelik ketika dihadapkan kepada stigma gender masyarakat, manajemen waktu, serta kebutuhan yang meningkat.

9. Minari (2020)

Berhasil menyabet penghargaan Oscar, Minari tentu wajib masuk daftar tonton Anda, Moms. Film ini membawakan kisah keluarga imigran Korea Selatan yang baru pindah ke Arkansas, Amerika Serikat, di tahun 1980-an. Jacob Yi (Steven Yeun) bersama keluarganya berjuang untuk sukses bertani di pinggir kota, demi mewujudkan mimpi Amerika mereka.

10. Ngeri-ngeri Sedap (2022)

Sepasang suami istri dari keluarga Batak, Pak Domu (Arswendy Bening Swara) dan Mak Domu (Tika Panggabean), bersiasat berpura-pura akan bercerai guna bertemu dengan anak-anak mereka yang bekerja di luar kota. Namun, kenyataan pahit mesti diterima ketika Mak Domu mengatakan benar-benar ingin bercerai. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)