Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Rekomendasi Daycare untuk Menitipkan Anak di Jabodetabek

Rekomendasi Daycare untuk Menitipkan Anak di Jabodetabek

Buat Moms yang bekerja atau Anda yang kerap beraktivitas di luar rumah, itu artinya Anda akan meninggalkan Si Kecil selama beberapa jam. Banyak dari Anda yang menitipkan anak kepada pengasuh di rumah atau meminta bantuan kakek-nenek. Namun, ada pilihan daycare sebagai tempat untuk menitipkan anak yang aman dan tepercaya. Intip rekomendasi daycare yang ada di wilayah Jabodetabek berikut ini, Moms.

1. Starchild Daycare & Learning

Untuk Moms yang tinggal di wilayah Jakarta Selatan, Anda bisa mengunjungi Starchild Daycare & Learning. Daycare ini memberikan banyak aktivitas untuk anak dengan menggunakan program mereka, yaitu WALLET. Program ini terdiri dari Watching/Writing, Activating, Listening, Expressing, dan Thinking. Terdapat juga workbook yang membantu memaksimalkan program ini untuk mendukung tumbuh kembang anak makin baik.

Lokasi: Jl. Prof. DR. Satrio No. 43, RT 7/RW 2, Kuningan, Jakarta. Telp: 0812-8966-799

2. Little Xplorers Daycare

Tempat penitipan anak Little Xplorers berlokasi di wilayah Jakarta Timur dan menggunakan pengajaran secara Islami. Ada banyak aktivitas yang bisa diikuti anak, seperti cooking class, menggambar, sampai belajar menggunakan transportasi umum. Semuanya tentu dengan pendampingan para pengajar, sehingga terjamin keamanannya. Sesekali, daycare ini pun dikunjungi psikolog untuk melihat tumbuh kembang anak-anak yang dititipkan di sana.

Lokasi: Jl. Tanah 80 D No. 8 , Klender, Jakarta. Telp: 0877-7728-2850

3. Little Bees Daycare

Buat Moms yang berdomisili di Bogor, Anda bisa mentipkan Si Kecil di Little Bees Daycare. Di sini, anak bisa melakukan banyak kegiatan seperti art class dan cooking class. Si Kecil juga akan diajak untuk bermain dan membaca cerita bersama para pengajar yang akan membantu stimulasinya. Selain itu, daycare ini juga mengadakan beragam acara seru di akhir pekan untuk anak dan orang tua pun bisa datang untuk saling berkenalan.

Lokasi: Jl. Green Hills, Ciomas Rahayu, Bogor. Telp: 0821-2234-4110

4. Taman Pengembangan Anak Makara

Untuk wilayah Depok, Moms bisa menitipkan Si Kecil di TPA Makara, yang didirikan oleh Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. TPAM ini memiliki kegiatan yang menggabungkan bermain sambil belajar, sehingga bisa menstimulasi aspek fisik-motorik, kognitif, sosial-emosi, dan kemandirian anak, tentunya dengan tetap mengomunikasikan setiap aktivitas bersama orang tua agar tumbuh kembang Si Kecil optimal. Selain itu, juga ada pemeriksaan gigi dan mulut, serta orang tua bisa berkonsultasi dengan psikolog.

Lokasi: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Kampus Baru UI – Depok. Telp: 0878-0206-1363

5. Ihsan Daycare

Moms bisa menitipkan Si Kecil di Ihsan Daycare, tempat penitipan anak yang islami di Tangerang. Para pengasuhnya sudah terlatih dan tersedia sejumlah aktivitas untuk mendampingi anak selama berada di daycare. Tidak hanya di dalam ruangan, anak-anak juga diajak untuk bermain dan bereksplorasi lebih banyak di luar ruangan.

Lokasi: Banjar Wijaya Cluster Taman Italy B-51 No. 9, Kota Tangerang. Telp: 0878-4138-8755

6. Otter Play

Satu lagi daycare yang bisa Moms jadikan tempat untuk menitipkan Si Kecil adalah Otter Play. Daycare ini tersebar di beberapa lokasi, salah satunya di Bintaro, Tangerang Selatan. Tempat ini menghadirkan kelas sebagai aktivitas anak yang dititipkan di sana, mulai dari mengenal sayur-sayuran, bermain musik, sampai latihan berenang. Pendidikannya pun menggunakan metode Montessori yang akan memberikan petualangan belajar yang seru untuk anak Anda.

Lokasi: Bintaro Jaya, Sektor 7, Tangerang Selatan. Telp: 0821-2415-2042

7. Pronis Daycare

Untuk Moms yang mencari tempat penitipan anak di daerah Bekasi, Anda bisa mengunjungi Pronis Daycare. Di sini, para pengasuhnya bisa membantu mengedukasi serta menstimulasi kemampuan motorik serta kognitif anak sesuai tahapan perkembangannya. Anak-anak juga akan diajak melakukan kegiatan seperti praktik gerakan salat dan juga field trip ke tempat yang mendukung proses belajar.

Lokasi: Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan. Telp: 0813-8888-9949

Tips Memilih Daycare

Tentu ada beberapa hal yang bisa Moms dan Dads pertimbangkan jika ingin menitipkan Si Kecil di daycare, di antaranya:

1. Pilih daycare yang strategis, seperti searah dengan kantor Anda dan suami atau dekat lokasi rumah Anda.

2. Cari tahu jadwal aktivitas dan menu makanan yang disajikan untuk anak. Apabila ada yang kurang cocok, seperti makanan yang bisa memicu alergi anak atau kegiatan yang dirasa terlalu berat, komunikasikan dahulu dengan pihak daycare.

3. Ketahui jam operasional daycare agar Anda tahu jam untuk mengantar dan menjemput anak setelah bekerja atau beraktivitas.

4. Pastikan para pengasuh sudah bersertifikasi serta ada ahli yang membantu mengenal kepribadian anak.

5. Tanyakan adanya fasilitas CCTV yang tersambung dengan aplikasi yang bisa Moms download, agar Anda bisa mengecek dan mengawasi meski dari jarak jauh.

Menitipkan anak di daycare juga bisa jadi pilihan terbaik Anda yang bekerja dan memerlukan bantuan untuk optimalkan stimulasi Si Kecil. Dengan memilih daycare yang sesuai dengan kebutuhan Anda, anak bisa belajar banyak hal dan memiliki tumbuh kembang yang baik. Moms dan Dads pun bisa fokus beraktivitas di luar tanpa memengaruhi kedekatan Anda dengan Si Kecil di rumah. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik, Instagram)