Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Ini Cara Menghitung Tinggi Fundus Uteri Ibu Nifas Menurut Hari

Ini Cara Menghitung Tinggi Fundus Uteri Ibu Nifas Menurut Hari

Setelah melahirkan, tubuh Moms tentu mengalami perubahan dari kondisi hamil ke kondisi sebelum hamil. Proses ini biasanya berlangsung secara bertahap dan bisa menyebabkan banyak perubahan pada tubuh, salah satunya tinggi fundus uteri (TFU).

Fundus uteri mengalami perubahan, karena usai melahirkan, uterus (rahim) akan kembali pada keadaan normal sebelum hamil, baik dari segi ukuran, tonus, hingga posisinya. Untuk mengetahui tinggi fundus uteri secara lebih akurat, Moms disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter. Namun, pengukuran ini bisa juga dilakukan sendiri di rumah dengan bantuan pita ukur. Berikut ini cara mengukur tinggi fundus uteri ibu nifas menurut hari. Simak ya, Moms!

Apa itu tinggi fundus uteri? 

Tinggi fundus uteri (TFU) adalah jarak antara tulang kemaluan dan perut bagian atas secara vertikal. Dengan menghitung tinggi fundus uteri di masa nifas, Moms bisa mengetahui apakah organ rahim sudah mengecil atau belum setelah persalinan. Dalam dunia medis, kembalinya ukuran uterus seperti semula disebut juga dengan istilah involusi.

Sebenarnya, ukuran uterus atau rahim tidak akan pernah kembali normal setelah melahirkan. Hal ini dikarenakan adanya proses pagositosis yang tidak sempurna usai kehamilan, sehingga ada jaringan elastis yang tertinggal.

Baca juga: Pentingnya Mengukur Tinggi Fundus Uteri pada Rahim dan Cara Mengukurnya

Cara menghitung tinggi fundus uteri ibu nifas menurut hari

Usai persalinan, uterus akan bergeser ke arah atas atau kanan karena adanya perubahan pada kandung kemih. Sehingga, sebelum menghitung tinggi fundus uteri, kandung kemih sebaiknya dikosongkan terlebih dahulu agar hasil pengukuran menjadi lebih akurat. 

The American College of Obstetricians and Gynecologist (ACOG) merekomendasikan proses pengukuran tinggi fundus uteri menggunakan pita ukur khusus untuk fundus. Alasannya, pita ukur cukup mudah digunakan sendiri tanpa perlu meminta bantuan orang lain. Berikut ini cara menghitung tinggi fundus uteri ibu nifas.

1. Posisikan tubuh Moms di atas tempat tidur.

2. Ambil pita ukur, lalu letakkan ujung pita tepat pada tulang kemaluan.

3. Setelah itu, tarik pita sampai ke rahim bagian atas. Umumnya ini berada di sekitar pusar.

4. Kemudian cek angka yang tertera pada titik rahim bagian atas. Itulah tinggi fundus.

Perubahan ukuran uterus saat nifas

Uterus atau rahim umumnya akan mengalami penurunan kurang lebih 1 cm setiap harinya. Proses ini akan berlangsung secara bertahap, hingga pada minggu ke-8 setelah persalinan beratnya akan menyusut hingga 30 gram, dari 1.000 gram di awal persalinan. Perubahan ukuran uterus saat nifas sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti:

  • Usia ibu
  • Riwayat persalinan
  • Kontraksi otot yang terjadi di uterus, sehingga aliran darah menjadi terbatas
  • Proses elastisitas jaringan rahim setelah hamil dan melahirkan
  • Masalah di jaringan otot rahim
  • Pengaruh hormon kehamilan dan persalinan.

Selain itu, perubahan uterus juga dipengaruhi oleh proses persalinan yang dijalani seorang ibu. Menurut penelitian, involusi atau proses kembalinya rahim ke ukuran semula akan terjadi lebih lama, khususnya pada ibu yang melahirkan secara caesar. Hal ini dikaitkan dengan adanya faktor risiko infeksi dan kondisi lain yang berhubungan dengan masalah kesehatan reproduksi.

Begitulah cara mengukur tinggi fundus uteri (TFU) ibu nifas yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun, untuk hasil yang lebih akurat, Moms disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter. (M&B/Ayu/ZA/SW/Foto: Freepik)