Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

6 Gerai Makanan Ini Asli Indonesia, Tapi Sering Dikira Punya Asing

6 Gerai Makanan Ini Asli Indonesia, Tapi Sering Dikira Punya Asing

Buat Moms dan keluarga pecinta kuliner, Anda pasti sudah tidak asing dengan makanan-makanan dari luar negeri, seperti fried chicken, donat, yoghurt, dan banyak lainnya. Bukan tidak mungkin, salah satunya jadi makanan favorit Anda.

Namun, tahukah Moms jika ada sejumlah gerai makanan luar negeri yang ternyata asli Indonesia. Ya, beberapa gerai makanan berikut ini sering dikira punya asing, padahal mereka dimiliki lokal dan asli Indonesia, lho. Yuk, intip beberapa nama yang pasti Anda tahu berikut ini!

1. HokBen

Nama HokBen pastinya sudah tidak asing lagi untuk Moms, terutama yang suka dengan citarasa makanan Jepang. Gerai makanan ini didirikan oleh PT Eka Bogainti pada tahun 1985 dan sekarang sudah tersebar di seluruh Indonesia. Menu bentonya selalu jadi andalan, dengan nasi, lauk lezat, dan salad yang selalu jadi favorit. Dan sekarang, HokBen pun berinovasi menghadirkan menu lain seperti ramen sampai ayam goreng yang krispi, juicy, dan enak.

2. J.Co Donuts & Coffee

Siapa yang tahu kalau J.Co Donuts & Coffee adalah brand asli Indonesia? J.Co sendiri merupakan milik Johnny Andrean Group yang resmi berdiri sejak 2005 dan terus berkembang sampai sekarang. Varian donatnya enak-enak dan selalu ada yang baru di setiap musim tertentu. Rasa kopi dan minuman lainnya juga cocok banget buat menemani makan donat. Tidak ketinggalan yoghurt beku yang segar, dengan tambahan topping buah dan saus yang pas menemani hari lelah Anda.

3. Holland Bakery

Namanya memang seperti berasal dari Belanda karena logo kincir anginnya, tapi brand Holland Bakery sebenarnya asli Indonesia dan sudah ada sejak 1978. PT Mustika Citra Rasa adalah pemilik brand yang menyajikan varian roti, kue, serta jajanan pasar kesukaan keluarga ini. Beberapa menu yang pasti bisa Moms jadikan suguhan di antaranya adalah bika Ambon, black forest, lemper ayam, pastel, kue nastar, dan berbagai macam roti.

4. DumDum

Kalau Moms suka dengan rasa Thai tea yang otentik, Anda pastinya tahu banget dengan nama DumDum. Gerai minuman asli dari Indonesia ini dimiliki Dum Dum Group dan hadir sejak 2015. Selain menu Thai tea, ada juga menu minuman lain yang tidak kalah segar untuk Anda coba. Selain itu, perusahaan ini punya brand lain, seperti Montato, Kopte, dan Colico yang mungkin jadi favorit keluarga Anda.

5. SourSally

Anda pecinta yoghurt, wajib banget cobain SourSally yang menghadirkan varian es krim yoghurt hitam terbuat dari natural activated charcoal. Namun, Moms juga perlu tahu kalau gerai makanan ini berasal dari Indonesia, yang didirikan oleh Donny Pramono pada 2008. Selain rasa yoghurtnya yang segar, macam-macam topping-nya bikin sajian ini makin spesial dan segar banget. Pastinya cocok untuk Moms nikmati bersama Si Kecil.

6. Excelso

Moms termasuk penikmat kopi? Pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama Excelso yang gerainya ada di dalam maupun luar negeri. Nah, faktanya gerai minuman ini adalah milik PT Santos Jaya Abadi yang juga memproduksi kopi Kapal Api. Kafenya sendiri hadir dalam tiga konsep, yaitu de'Excelso, Kafe Excelso, dan Excelso Express. Selain racikan kopinya yang nikmat, ada juga varian minuman lain yang menyegarkan dan menu makanan yang tentunya bisa Anda coba.

Sebenarnya, masih ada banyak nama lain yang sering dianggap sebagai gerai makanan dari luar negeri. Moms patut bangga karena gerai makanan asli Indonesia ini bisa menyajikan menu dari negara lain dengan cita rasa yang cocok dengan lidah lokal. Soal kualitas rasa dan penyajiannya, gerai makanan ini juga tidak kalah dengan gerai makanan asing lainnya, deh. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Lifeforstock/Freepik, Instagram)