Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Keindahan Dalam Selarasnya RiaMiranda Annual Show 2024

Keindahan Dalam Selarasnya RiaMiranda Annual Show 2024

Anda pecinta modest fashion pastinya sudah tidak asing dengan sosok desainer Ria Miranda. Tidak hanya menghadirkan koleksi pakaian yang nyaman, setiap desainnya juga menjadi sebuah karya yang indah untuk dinikmati.

Dan konsistensi Ria Miranda selama 11 tahun ini dibuktikan dengan diselenggarakannya RiaMiranda Annual Show 2024 dalam tema "Selaras". Kehadiran Yura Yunita sebagai pembuka dan penutup show pun semakin menambah keindahan dan keselarasan di dalamnya.

Yura Yunita RiaMiranda Annual Show 2024

Fashion show ini juga dihadiri ribuan tamu undangan, dari Aceh sampai Jayapura, dan berlangsung di InterContinental Pondok Indah pada 7 Desember 2023 lalu.

Mengangkat Nilai Budaya Makassar, Sulawesi Selatan

Nuansa Minang tampaknya cukup kental di setiap karya-karya Ria Miranda yang memang berasal dari Sumatera Barat. Namun, pada koleksi kali ini, sang desainer memberikan warna baru dengan membawa nilai budaya dari Makassar, Sulawesi Selatan. Koleksi yang bertajuk “Selayar” ini mengambil gambaran kisah seorang wanita yang ditinggal pergi sang suami berlayar di tengah laut dengan perahu pinisi. Nahasnya, dalam perjalanannya mencari nafkah, sang suami gugur di tengah laut dan tidak kembali ke rumah.

RiaMiranda Selayar Collection

“Cerita kesedihan di balik koleksi ‘Selayar’ ini sebenarnya pernah saya rasakan ketika suami sedang pergi umroh dan kerinduan saya kepadanya sangat dalam. Emosi kesedihan yang disalurkan sang istri dalam cerita melalui proses menenun pun menjadi bentuk harapan dan optimisme buat saya. Dan karya ini juga erat berbicara tentang ketekunan, kesabaran, pertumbuhan diri, dan fungsi perempuan sebagai penyeimbang hidup dalam keluarga dan lingkungan sekitarnya,” cerita Ria Miranda.

Pada koleksi “Selayar”, ekspresi kesedihan tampak dari indahnya tenun Lagosi yang dipadukan dengan kain strimin. Desainnya pun terinspirasi dari pakaian adat khas Makassar, Baju Bodo, dan tetap kuat dengan nuansa Islami. Setiap karya dilengkapi dengan motif bunga mawar yang mencakup empat elemen utama, seperti daun, bunga yang mekar, bunga kuncup, dan tangkai bunga. Warna yang dipilih sebagai tren pada karya Ria Miranda kali ini adalah future dust, foundant pink, serta dominan dengan biru, merah muda, serta sentuhan warna pastel lainnya.

Ria Miranda menambahkan, “Terdapat 51 look koleksi yang ada di Annual Show tahun ini, untuk wanita maupun pria. Berbeda dengan koleksi-koleksi show sebelumnya, kali ini saya menerjemahkan inspirasi tenun menjadi sesuatu yang modern casual, edgy feminine, dan juga elegant. Beberapa silhouette dan detail baru juga ditampilkan pada look shoulder wedge, puff sleeve, embroidery quilt. Perpaduan fabric, detail embroidery, patchwork, dan beads juga melengkapi indahnya koleksi di tahun ini.”

RiaMiranda Annual Show 2024

Pada RiaMiranda Annual Show 2024, Wardah Beauty turut andil dalam menciptakan look make up yang khusus menggabungkan komposisi warna dengan tema koleksi yang akan ditampilkan. Tidak ketinggalan juga hadirnya Philips Handheld Steamer yang dapat menjadi pilihan untuk merawat pakaian yang juga bisa bernilai sebagai sebuah karya untuk terus hidup dan berkualitas dalam jangka panjang. RiaMiranda juga berkolaborasi dengan Tokopedia, di mana setiap koleksinya secara eksklusif ada di Tokopedia dengan harga yang tentunya affordable.

Kontribusi pada Modest Fashion Selama 15 Tahun

Ria Miranda dan suami, Pandu

RiaMiranda sendiri hadir sebagai salah satu pelopor modest fashion di Indonesia yang berkembang pesat saat ini. Sebagai desainer, ia mampu menunjukkan konsistensinya selama 15 tahun berkarya, sambil tetap menjalankan perannya sebagai seorang istri sekaligus ibu dari kedua putrinya. Dari semangat dan ketekunan dirinya, Ria Miranda pun berhasil membangun komunitas yang kuat di seluruh Indonesia. Terdapat 40 gerai RiaMiranda dari Aceh hingga Jayapura, dan di setiap lini pun dijadikan sebagai panggung untuk mewujudkan tujuan utamanya, yaitu pemberdayaan perempuan.

“Saya ingin berterima kasih kepada semua RiaMiranda Woman yang selalu setia mengikuti perjalanan brand RiaMiranda. Melalui rasa percaya yang sudah kita miliki, sejatinya membuat kita semakin selaras dan semangat menjalani 2024. Semoga dari brand ini dan juga setiap karya yang saya buat, bisa menginspirasi, bermanfaat, dan selalu menebar nilai kebaikan dalam setiap langkah kepada lingkungan sekitar,” ujar sang desainer yang akrab disapa Uni Ria.

Semoga koleksi “Selayar” dari RiaMiranda ini juga bisa menginspirasi Moms untuk tetap tekun dan semangat menjalani peran sebagai ibu dalam berkarya, ya. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Dok. RiaMiranda)