Type Keyword(s) to Search
BABY

Penuhi Kebutuhan Gizi Si Kecil, Ini Menu MPASI Anti Gagal ala Chef Devina

Penuhi Kebutuhan Gizi Si Kecil, Ini Menu MPASI Anti Gagal ala Chef Devina

Moms tentu sudah tahu dong, menginjak usia 6 bulan, bayi butuh gizi yang lebih kompleks, bukan dari ASI saja. Si Kecil butuh makanan pendamping ASI (MPASI) untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Untuk itu, pemahaman akan MPASI bergizi makro dan mikro sangatlah penting bagi orang tua, karena pemberian MPASI yang lengkap dan seimbang dapat berdampak signifikan pada pertumbuhan fisik, kecerdasan, dan produktivitas anak ke depannya.

MPASI yang kurang dalam kuantitas dan kualitas bisa menyebabkan anak gagal tumbuh. Dan jika berlangsung dalam waktu lama, ini akan menjadi pemicu malnutrisi seperti anemia, stunting, dan wasting.

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan anak dan penting untuk tumbuh kembangnya adalah zat besi. Hal tersebut dijelaskan oleh dokter spesialis anak, dr. Caessar Pronocitro, Sp.A, M.Sc. Dijelaskan oleh dr. Caessar, zat besi adalah salah satu elemen kunci untuk pencegahan anemia, stunting, dan wasting.

Sebagai gambaran, untuk memenuhi 10,7 mg zat besi diperlukan 126 gram hati ayam (4 buah ukuran sedang), 350 gram bayam, 765 gram daging ayam. Namun, memang jumlah ini sangat besar jika dibandingkan dengan kapasitas lambung bayi yang masih terbatas.

“MPASI fortifikasi bisa menjadi solusi alternatif karena memiliki gizi lengkap, terukur dan tinggi zat besi, serta telah terbukti bermanfaat bagi perkembangan otak dan pertumbuhan bayi, dan dapat mencegah anemia, stunting, dan wasting. Selain itu, rasa dan tekstur MPASI fortifikasi mudah diterima oleh lidah bayi,” tambah dr. Caessar.

Dalam hal ini, Promina salah satu brand dari PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (Indofood CBP) turut mendukung pemerintah dalam memperbaiki kualitas gizi anak Indonesia guna menghindari masalah gizi. Salah satu bentuk kontribusi Promina dalam membantu meningkatkan #LiterasiGiziMPASI adalah kolaborasi bersama Chef Devina Hermawan dalam acara memasak bertema MPASI Sehat Anti-gagal guna berbagi tips menu kreasi MPASI yang bergizi, lezat dan mudah diikuti oleh Moms sehari-hari.

Chef Devina Hermawan berbagi menu kreasi MPASI sehat anti gagal ini menggunakan Promina karena memiliki cita rasa alami, enak, dan variasi rasanya juga banyak sehingga mudah dipadukan dengan pangan lokal.

Pada kesempatan kali ini, Chef Devina membuat bubur saripati daging untuk bayi 6 bulan yang memadukan Promina Bubur Bayi Tim Sapi Wortel dengan daging sapi dan labu madu. Menu lainnya adalah creamy salmon risotto untuk bayi 8 bulan ke atas menggunakan Promina Homemade Salmon Kentang Wortel dipadukan dengan salmon, keju, wortel, dan tomat. Menu ini sudah pasti nikmat dan bisa jadi menu favorit Si Kecil nih, Moms.

“Dipercaya oleh para Ibu di Indonesia, selain sebagai produk MPASI fortifikasi berkualitas tinggi yang memenuhi standar BPOM, Promina juga merupakan hasil kolaborasi dengan para ahli, termasuk dokter anak dan ahli gizi untuk memastikan formulasi kandungan gizi, rasa, dan tekstur produk kami sesuai dengan setiap tahap pertumbuhan bayi. Ini adalah langkah konkret Indofood untuk membantu meningkatkan literasi gizi demi mewujudkan generasi masa depan yang sehat, cerdas dan berdaya saing,” kata Head of Corporate Communications Indofood, Stefanus Indrayana.

Nah, Anda juga bisa mencoba membuatnya di rumah untuk Si Kecil, Moms. (M&B/Gianti Puteri/SW/Foto: User18526052/Freepik, Promina)