Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Resep MPASI Bubur Nasi Wortel untuk Bayi Usia 6 Bulan

Resep MPASI Bubur Nasi Wortel untuk Bayi Usia 6 Bulan

Wah, bayi Anda sudah menginjak usia 6 bulan! Itu artinya, sudah saatnya Moms memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) untuk buah hati Anda.

Namun, memilih menu MPASI untuk Si Kecil tentunya tidak bisa dilakukan sembarangan. Selain perlu memperhatikan tekstur yang disesuaikan dengan usia anak, Moms juga perlu memilih bahan-bahan berkualitas yang mengandung nutrisi tinggi untuk menunjang tumbuh kembang Si Kecil agar optimal.

Salah satu resep MPASI yang praktis dan kaya nutrisi adalah bubur nasi wortel. Olahan MPASI yang satu ini cukup mudah dibuat, karena hanya memerlukan dua bahan utama saja yaitu beras dan wortel.

Wortel sendiri merupakan salah satu sayuran yang direkomendasikan untuk diberikan pada bayi karena kaya nutrisi. Vitamin dan mineral yang terkandung di dalam wortel pastinya akan memberikan beragam manfaat baik untuk bayi Anda.

Ada banyak manfaat konsumsi wortel. Khasiat wortel yang paling terkenal tentunya adalah menjaga kesehatan mata. Namun, bukan itu saja, wortel juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga saluran pencernaan, serta memelihara kesehatan kulit dan rambut. Nah, wortel banyak manfaatnya buat Si Kecil kan, Moms?

Baca juga: Kaya Vitamin A, Ini 5 Manfaat Wortel untuk MPASI Bayi Anda

Berikut ini resep MPASI bubur nasi wortel untuk bayi usia 6 bulan. Yuk, coba buat di rumah, Moms!

Resep MPASI bubur nasi wortel

MPASI bubur nasi wortel bisa menjadi pilihan menu MPASI pertama buat Si Kecil untuk mengenalkannya pada berbagai rasa dan tekstur makanan. Beras dikenal mengandung karbohidrat tinggi yang bisa menjadi sumber tenaga untuk Si Kecil, sedangkan wortel diperkaya dengan sejumlah vitamin dan serat yang baik untuk kesehatannya.

Bahan:

  • 1 sdm beras putih
  • 25 gram wortel
  • Kaldu ayam secukupnya
  • 250 ml air
  • 100 ml ASI.

Cara membuat:

1. Rendam beras putih selama kurang lebih 3 jam, kemudian tiriskan airnya.

2. Siapkan dan bersihkan ayam, lalu rebus hingga mendidih. Ambil kaldunya saja.

3. Masukkan beras ke dalam air kaldu. Aduk sesekali dan biarkan hingga tekstur beras terlihat seperti bubur.

4. Sambil menunggu, cuci wortel lalu potong kecil-kecil seukuran dadu.

5. Masukkan potongan wortel ke dalam bubur selama kurang lebih 5 menit, atau sampai wortel matang dan empuk.

6. Angkat bubur wortel dan haluskan dengan blender.

7. Terakhir, tambahkan 100 ml ASI agar teksturnya lebih lembut untuk bayi Anda.

Resep bubur wortel ini bisa juga diberikan untuk bayi yang usianya sudah lebih dari 6 bulan ya, Moms. Anda bisa menyesuaikan tekstur bubur nasi wortel sesuai dengan bertambahnya usia Si Kecil. Selamat mencoba, Moms! (M&B/Ayu/ZA/SW/Foto: Freepik)