Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

7 Manfaat Mengonsumsi Edamame untuk Ibu Hamil

7 Manfaat Mengonsumsi Edamame untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, Moms disarankan mengonsumsi makanan sehat dan kaya nutrisi. Salah satunya adalah edamame, kacang kedelai utuh berwarna hijau yang masih terbungkus oleh polongnya.

Mengutip Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), dalam 1/2 cangkir atau 78 gram edamame kupas ada 94 kalori energi, 9,2 gram protein, 4 gram lemak, 6,9 gram karbohidrat, 4 gram serat, 49 mg kalsium, 4,6 mg natrium, dan 4,8 mg vitamin C. Edamame dikenal sebagai makanan ringan yang punya banyak manfaat kesehatan, terutama untuk ibu hamil. Berikut ini berbagai manfaat edamame untuk bumil.

1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Edamame mengandung sejumlah vitamin dan antioksidan yang penting untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda selama menjalani kehamilan. Di sisi lain, mengonsumsi edamame secara rutin juga bisa membantu Anda terhindar dari risiko berbagai penyakit dan infeksi—yang mungkin bisa memengaruhi kehamilan Anda.

2. Mencegah kenaikan gula darah

Selama kehamilan, Moms wajib menjaga kadar gula darah tetap stabil, karena kadar gula darah yang tinggi berisiko menyebabkan terjadinya komplikasi kehamilan dan persalinan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah adalah dengan mengonsumsi kacang edamame. Pasalnya, edamame dikenal sebagai makanan dengan indeks glikemik yang rendah juga rendah karbohidrat.

3. Menyehatkan tulang

Menurut jurnal Therapeutic Advances in Musculoskeletal Disease, mengonsumsi kacang-kacangan seperti edamame bisa membantu menyehatkan tulang Anda. Itu karena selain mengandung sejumlah vitamin dan antioksidan, edamame juga mengandung kalsium, fosfor, dan zat besi yang semuanya penting untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan tulang. Seperti yang diketahui, selama masa kehamilan, beberapa organ tubuh dituntut untuk bekerja lebih ekstra. Salah satunya adalah tulang yang berfungsi untuk menjaga postur tubuh dan menyokong berat badan selama kehamilan.

4. Menjaga kesehatan kulit

Selama menjalani kehamilan, Moms rentan mengalami masalah kesehatan kulit karena fluktuasi hormon. Meskipun ini hal yang normal dialami bumil, Anda bisa menjaga dan mengatasi masalah kulit saat hamil dengan mengonsumsi edamame. Bukan tanpa alasan, edamame mengandung antioksidan tinggi yang bisa menjaga kesehatan kulit dan menangkal radikal bebas yang bisa merusak barrier kulit.

5. Mencegah terjadinya anemia

Anemia merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami bumil. Kondisi ini muncul disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi, yang gejalanya ditandai dengan lemas, sesak napas, sakit kepala, dan kelelahan. Untuk mengatasinya, Moms bisa mengonsumsi edamame, karena di dalamnya terkandung zat besi tinggi yang bisa membantu mencegah dan mengatasi anemia.

6. Mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada bayi

Edamame mengandung folat yang punya banyak manfaat untuk bumil maupun janin di dalam kandungan. Asupan folat yang cukup bisa membantu mengurangi risiko spina bifida atau kondisi cacat lahir yang bisa memengaruhi tulang belakang bayi.

Baca juga: Ini Ciri-ciri Ibu Hamil Kekurangan Asam Folat

7. Melancarkan sistem pencernaan

Gangguan pencernaan juga menjadi masalah yang sering dikeluhkan bumil. Untuk mengatasi masalah ini, Moms perlu mencukupi kebutuhan serat harian Anda, salah satunya dengan mengonsumsi edamame. Kandungan serat dalam edamame mampu membantu sistem pencernaan bekerja dengan lebih optimal.

Nah, itulah 7 manfaat mengonsumsi edamame untuk ibu hamil. Edamame bisa Anda konsumsi dengan cara direbus, ditumis, atau dibuat sup. Selain edamame, bumil juga disarankan untuk mengonsumsi sumber makanan kaya nutrisi lainnya untuk menjaga kesehatan tubuh Anda dan janin di dalam kandungan hingga waktu persalinan tiba. (M&B/Ayu/ZA/SW/Foto: Freepik)