Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Serunya M&B Fundate Berwisata Satwa di Animalium BRIN

Serunya M&B Fundate Berwisata Satwa di Animalium BRIN

Masa libur Tahun Baru memang telah usai, tapi tidak dengan keseruan berwisata bersama Mother & Beyond. Lewat M&B Fundate, Mother & Beyond mengajak Moms dan Dads serta Si Kecil merasakan serunya wisata satwa nan edukatif di Animalium BRIN, Cibinong, pada 17 Januari lalu.

Novita Angie, selaku Editor in Chief Mother & Beyond mengatakan, M&B Fundate kali ini bertujuan untuk memberikan kegembiraan pada Moms dan Si Kecil setelah masa liburan serta memperkenalkan tempat wisata baru yang pastinya menyenangkan.

“Kali ini M&B Fundate kita lakukan setelah liburan. Kita ingin memperkenalkan kepada Moms dan Dads serta anak-anak tempat seru baru, yaitu Animalium. Di sini, anak-anak tidak hanya sekadar senang-senang, tapi mereka juga belajar mengenal berbagai macam hewan,” ujarnya.

Bukan seperti kebun binatang pada umumnya, Animalium merupakan pusat ilmu pengetahuan hewan pertama di Indonesia, hasil kerja sama dengan Badan Riset dan lnovasi Nasional (BRIN). Animalium juga merupakan pusat satwa terbesar serta pemilik spesies hewan terbanyak kedua di dunia.

Fardhan Khan, selaku Direktur Animalium BRIN, mengaku senang dengan kegiatan M&B Fundate di Animalium kali ini. Ia juga menambahkan bahwa di sini anak-anak bisa belajar lebih dalam lagi tentang berbagai jenis hewan hingga seluk beluk di dalamnya.

“Kami senang dan support sekali dengan kegiatan M&B Fundate ini. Karena Animalium merupakan pusat pengetahuan, jadi anak-anak yang berkunjung ke sini lebih banyak belajarnya. Persentase belajar dan jalan-jalannya itu bisa dibilang 60:40. Di sini, kami tidak pernah menjual tiket, melainkan modul pembelajaran, yang kami bagi menjadi 4 level sesuai usia anak-anak. Jadi, soal-soal yang ada di dalamnya disesuaikan dengan tingkat sekolah mereka,” jelas Fardhan.

Saatnya mengenal aneka satwa bersama!

Sebelum berkeliling untuk mengenal aneka satwa yang ada, Moms, Dads, dan Si Kecil yang hadir dipersilakan menikmati santapan yang telah disediakan oleh pihak Animalium. Ada paket nasi ayam, berbagai camilan tradisional, dan es teh manis sebagai pelipur dahaga.

Waktu yang dinanti pun tiba. Sebelum eksplorasi lebih dalam tentang dunia satwa di Animalium, anak-anak diberikan modul pembelajaran sesuai kelompok usia mereka. Kemudian mereka masuk ke Lobby Umum untuk mendengarkan penjelasan dari para pemandu edukasi Animalium tentang pengklasifikasian hewan, mulai dari jenis-jenis hewan, sampai mempelajari tentang urutan taksonomi dari yang terkecil hingga terbesar. Di sini anak-anak juga bisa tahu tentang hewan-hewan yang masuk dalam kategori hewan vertebrata dan invertebrata.

Menuju Lobby Aves, anak-anak belajar tentang unggas. Di sini mereka bisa melihat replika penguin kaisar, burung kasuari, dan banyak lainnya. Kemudian anak-anak dan para orang tua diarahkan untuk memasuki area Aviari paruh bengkok untuk melihat burung paruh bengkok asli endemik Indonesia. Di sela-sela tur, pemandu juga mengadakan kuis dengan hadiah menarik untuk Si Kecil bawa pulang nantinya.

Keseruan tur terus berlanjut. Anak-anak mengunjungi Aviari Forest Floor untuk melihat burung-burung pelari atau terestrial, melihat Aviari River Stream yang merupakan zona peralihan antara ekosistem darat dan ekosistem air, serta Aviary Wetland untuk melihat aneka burung berkaki selaput.

Mom Titin Sutinah, salah satu anggota komunitas M&B yang ikut, merasa senang bisa mengajak anak-anaknya mengikuti M&B Fundate di Animalium. “Saya seneng banget, apalagi ajak anak-anak. Mereka antusias banget melihat berbagai macam binatang, dari binatang darat hingga laut. Cara pemandu edukasinya memberikan informasi pada anak-anak juga jelas, jadi mereka antusias dan tertarik belajar tentang aneka satwa di sini,” imbuhnya.

Melihat burung pemangsa sambil berbagi hadiah

Anak-anak dan orang tua yang hadir juga diajak untuk melihat burung pemangsa secara lebih dekat di Amfiteater burung pemangsa. Terdapat 6 jenis burung yang bisa kita lihat di sini, salah satunya burung kakak tua. Mereka juga diizinkan untuk memegang burung satu ini secara langsung, lho.

Sambil belajar di area ini, anak-anak kembali berkesempatan menjawab kuis yang diberikan oleh pemandu edukasi Animalium. Tiga anak berhasil menjawab dengan benar dan membawa pulang hadiah menarik dari Birth Beyond. Sebagai informasi, produk Birth Beyond ini diformulasi secara khusus dengan bahan-bahan pilihan terbaik yang terbukti aman saat bersentuhan dengan kulit Si Kecil dan diproduksi dengan Standar Internasional.

Tak hanya itu, rangkaian M&B Fundate kali ini juga bertabur hadiah. Masing-masing pemenang “Best Dress” dan “Best Instagram Post” membawa pulang satu paket hadiah dari Deirh Skin Care, sementara pemenang “Most Fun Family” mendapatkan voucher menginap di Citadines Gatot Subroto Jakarta. Untuk door prize, M&B juga sudah menyiapkan satu voucher menginap di Pullman Jakarta Central Park dan Citadines Gatot Subroto Jakarta.

Setelah itu, anak-anak kembali diajak berkeliling ke Lobby Mamalia, Lobby Invertebrata, Eksibisi Pisces, Biodome, hingga Lobby Herpetofauna. Di sana mereka bisa puas melihat dan belajar aneka jenis satwa lainnya. Seru banget!

Rangkaian acara seru dari M&B Fundate ini pun dirasakan oleh Mom Cara. Bukan hanya Si Kecil, ia juga ikut excited mengikuti kegiatan di Animalium. “Seru, menyenangkan, dan sangat edukatif untuk anak-anak. Walaupun anak aku masih kecil, somehow dia excited dan curious banget. Rangkaian acara keseluruhan juga menyenangkan, bahkan untuk aku, orang tuanya. Dan yang paling favorit ketika melihat replika hewan, seperti buaya yang real size di Lobby Herpetofauna,” ucapnya.

Usai mengikuti semua rangkaian acara, anak-anak dan orang tua tak pulang dengan tangan kosong. M&B sudah menyiapkan goodie bag yang dipersembahkan Birth Beyond dan Lemonilo. Seru banget kan, M&B Fundate kali ini? Nantikan keseruan M&B Fundate mendatang ya, Moms! (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Gustama Pandu/M&B)