Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

6 Cara Ampuh Menghilangkan Kantong Mata Secara Alami

6 Cara Ampuh Menghilangkan Kantong Mata Secara Alami

Kantong mata bisa membuat Anda terlihat lelah dan lebih tua dari usia sebenarnya. Meskipun sudah ada prosedur kecantikan yang mampu menghilangkan kantong mata, Anda mungkin tertarik untuk mencoba menghilangkan kantong mata secara alami.

Berikut ini 6 cara menghilangkan kantong mata secara alami yang bisa Anda coba lakukan sendiri di rumah, agar mata terlihat lebih segar dan awet muda. Simak caranya ya, Moms!

1. Tidur yang cukup

Bukan rahasia lagi jika kurang tidur menjadi salah satu penyebab utama munculnya kantong mata. Lampu kamar tidur yang terang ditambah blue light dari gadget merupakan alasan orang mengalami kurang tidur. Cahaya dari lampu dan gadget dapat menekan sekresi melatonin, hormon yang memengaruhi ritme sirkadian, yang membuat Anda jadi terjaga di malam hari.

Kurang tidur akan membuat pembuluh darah di sekitar mata melebar, apalagi kulit di area tersebut sangat tipis dan halus. Akibatnya, cairan pun menumpuk di bawah mata dan membuatnya tampak bengkak.

Untuk mencegah masalah tersebut, usahakan selalu memiliki tidur yang berkualitas selama 7-8 jam setiap malamnya. Anda juga disarankan tidur dengan lampu redup di malam hari dan jauhi gadget maksimal 1 jam sebelum waktu tidur. Istirahat yang cukup juga bisa menurunkan tingkat kortisol dan juga tingkat stres Anda, yang pada akhirnya bisa mencegah munculnya kantong mata.

2. Kompres dingin

Menggunakan kompres dingin pada mata merupakan cara efektif (dan paling praktis) untuk mengurangi tampilan gelap dan bengkak pada kantong mata. Faktanya, melakukan kompres dingin pada mata mampu menyempitkan pembuluh darah di bawah mata, sehingga bisa mengurangi tampilan gelap dan bengkak pada kantong mata.

Untuk melakukan kompres dingin, Anda bisa gunakan sendok atau kantong teh bekas yang sudah didinginkan sebelumnya, lalu tempelkan secara perlahan di sekitar mata—ingat untuk memejamkan mata—selama 10-15 menit. Setelah itu, lepaskan sendok atau kantong teh dingin sebentar, dan lakukan cara ini selama beberapa kali sampai sendok atau kantong teh tidak dingin lagi.

Sebaiknya, gunakan kantong teh hitam atau teh hijau yang diketahui memiliki kandungan kafein tinggi yang baik untuk mengurangi tampilan gelap dan bengkak di bawah mata.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan eye roller yang sudah didinginkan sebentar untuk melakukan pijatan yang refreshing dan menenangkan, yang bisa mengurangi bengkak pada mata.

3. Menjaga hidrasi tubuh

Tubuh yang mengalami dehidrasi juga bisa berkontribusi terhadap pembentukan kantong mata. Faktanya, air sangat penting untuk tubuh kita agar bisa bekerja secara optimal dan sebagaimana mestinya. Kadar air dalam tubuh yang sangat rendah bisa menyebabkan retensi air dan mengakibatkan munculnya kantong mata.

Untuk itu, pastikan Anda minum banyak air per harinya. Berapa banyaknya air yang Anda butuhkan tergantung pada jenis kelamin, usia, dan aktivitas sehari-hari. Namun, pada umumnya, orang dewasa butuh 2 liter air per hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mengurangi tampilan kantong mata. Simpan botol minum di meja kerja atau di samping tempat tidur, dan atur alarm sebagai pengingat untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh harian Anda.

4. Kurangi makanan asin

Di samping dehidrasi, retensi air juga bisa disebabkan oleh konsumsi makanan asin berlebihan. Itulah yang menyebabkan munculnya kantong mata. Selain mengurangi asupan makanan asin, mengonsumsi suplemen kolagen, makanan yang mengandung vitamin A tinggi, dan makanan kaya vitamin C juga sangat membantu menghilangkan kantong mata secara alami.

Mengonsumsi nanas sebagai camilan buah sehat atau jus buah juga terbukti efektif membantu mengurangi pembengkakan dan tampilan kantong mata, berkat kandungan bromelain di dalamnya.

5. Mengoleskan gel lidah buaya

Penelitian membuktikan, gel lidah buaya memiliki efek cooling dan antiinflamasi yang mampu mengurangi pembengkakan dan tampilan kantong mata. Anda cukup mengoleskan gel lidah buaya secukupnya di area bawah mata sambil memijat lembut.

6. Memakai masker mentimun

Banyak penelitian menunjukkan bahwa mentimun mengandung antioksidan tinggi dan sifat antiinflamasi, menjadikannya bahan alami yang sangat baik untuk mengurangi pembengkakan dan tampilan kantong mata. Ini karena efek cooling pada mentimun dapat menstimulasi aliran darah di sekitar mata dan mengurangi pembengkakannya.

Mentimun juga memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga sangat menghidrasi kulit. Jika mentimun ditempelkan di kulit selama beberapa menit, maka kulit bisa menyerap kandungan air tersebut. Mentimun juga kaya vitamin C dan K yang dapat memberikan efek mencerahkan, sehingga bisa mengurangi tampilan gelap pada kantong mata.

Itulah 6 cara menghilangkan kantong mata secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah, agar mata terlihat lebih segar dan awet muda. Ubah pola hidup menjadi lebih sehat, jaga kesehatan Anda secara keseluruhan, tetap konsisten, serta bersabar dan berikan waktu, untuk melihat hasil yang diinginkan. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Master1305/Freepik)