Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Menanti Buah Hati, Jessica Mila Gelar Upacara Adat Batak Mambosuri

Menanti Buah Hati, Jessica Mila Gelar Upacara Adat Batak Mambosuri

Kelahiran buah hati sudah pasti menjadi hal yang ditunggu-tunggu saat Moms dinyatakan hamil. Rasanya pasti tak sabar ingin segera bertemu dengan bayi Anda, ya. Sebagai persiapan menyambut kehadiran bayi, banyak hal dilakukan, tak terkecuali menjalani tradisi sesuai adat yang tentunya sangat beragam di Indonesia. Salah satunya adalah Mambosuri, upacara menyambut bayi khas adat Batak.

Hal ini pun dilakukan artis yang juga calon ibu, Jessica Mila. Kini, kehamilan istri Yakup Hasibuan ini telah memasuki usia 7 bulan. Bertepatan dengan itu, Mila yang notabene memiliki suami berdarah Batak, terlihat melaksanakan upacara adat Mambosuri ini beberapa waktu lalu. Berbagai momen selama melangsungkan Mambosuri ini ia bagikan di Instagram. Yuk, kita lihat bersama potretnya, Moms!

1. Mambosuri menyimpan beragam makna. Selain sebagai tonggak awal di mana seorang calon orang tua harus siap bertanggung jawab dengan hadirnya Si Kecil nanti, upacara adat ini juga bertujuan untuk mendoakan kelancaran kelahiran bayi nantinya. Dalam unggahan video, terlihat momen suka cita Jessica Mila, suami, dan keluarga besarnya menjalani rangkaian acara Mambosuri.

2. Sesuai tradisi, acara Mambosuri dihadiri oleh pihak keluarga laki-laki (paranak) serta pihak keluarga perempuan (parboru). Terlihat, pengacara kondang, Otto Hasibuan dan istri, yang merupakan orang tua Yakup dan mertua Mila, hadir bersama para kakak perempuan Yakup. Begitu pun dari pihak Mila, turut hadir sang ibunda dan para kakak laki-lakinya.

3. Secara harfiah, kata Mambosuri memiliki makna memberi kenyang. Karena itu, salah satu tradisi yang pasti ada di acara ini adalah membawakan makanan ke kediaman putri yang sedang mengandung beserta suaminya. Pihak keluarga perempuan (parboru) biasanya akan membawa makanan tradisional, salah satunya dekke, yaitu ikan mas yang dimasak dengan bumbu khas Batak. Tak hanya itu, masih banyak hidangan lain yang sudah disiapkan, seperti terlihat pada momen ini, Moms.

4. Tak hanya sebagai hantaran, tentunya ikan mas yang telah disiapkan akan dicicipi oleh calon ibu. Jessica Mila pun terlihat menikmati lezatnya makanan khas yang selalu ada dalam acara Mambosuri ini. Berdasarkan aturan adat, Mila disuapi dekke sebanyak tiga kali, serta dipersilakan minum sebanyak 3 kali pula.

5. Dalam rangkaian acara Mambosuri, pihak keluarga perempuan juga memberikan ulos pada calon ibu, yaitu Jessica Mila. Ulos ini juga diisi buah pinang muda yang menjadi simbol kebahagiaan untuk calon ibu dan suami ketika memiliki keturunan yang panjang umur. Sebagai penutup acara, pihak paranak akan menyiapkan uang dalam amplop untuk diberikan kepada pihak mertua suami sebagai ucapan terima kasih.

6. Selama menjalani acara Mambosuri ini, Mila terlihat cantik dengan balutan kebaya bernuansa oranye dan sarung tumtuman berwarna hijau mint. Riasan wajah hasil tangan penata rias Franky Wu juga makin memancarkan aura menawan soon to be mom satu ini.

7. Sebelumnya Jessica Mila mengabarkan kehamilannya pada bulan September tahun lalu. Tak lama setelah itu, bersama sang suami, ia mengadakan acara baby gender reveal, dan diketahui calon anak pertama mereka berjenis kelamin perempuan. Mila sendiri diperkirakan melahirkan bayi cantiknya di bulan Maret mendatang.

Kita doakan bersama semoga persalinannya mudah dan berjalan lancar ya, Moms! (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: @jscmila, @itsfrakywu, @derai.studio/Instagram)