Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Jenis Kerang yang Bisa Dikonsumsi dan Manfaatnya untuk Kesehatan

7 Jenis Kerang yang Bisa Dikonsumsi dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Kerang merupakan salah satu makanan laut favorit banyak orang. Moms dan keluarga mungkin juga termasuk penggemar kerang. Kerang merupakan hewan dengan tubuh lunak dan memiliki cangkang. Hewan jenis moluska ini banyak disukai karena rasanya yang menggugah selera dan mudah ditemukan.

Ada banyak jenis kerang di dunia. Ada yang bisa dikonsumsi, tapi ada juga yang tidak. Menurut penelitian, kerang jadi salah satu makanan yang punya kandungan nutrisi tinggi lho, Moms. Namun, nutrisi dan manfaatnya tentu tergantung dari jenis kerang yang kita konsumsi. Berikut ini 7 jenis kerang yang bisa dikonsumsi dan manfaatnya untuk kesehatan.

1. Kerang abalon

Abalon termasuk jenis kerang premium, sehingga punya harga yang terbilang cukup mahal, yakni bisa mencapai Rp85.000 per buah. 100 gram kerang abalon mengandung 105 kalori energi, serta 90-95 mg magnesium. Kedua kandungan ini sangat bermanfaat untuk mendukung kesehatan tulang, membantu mengontrol tekanan darah, serta mengurangi risiko migrain dan penyakit kardiovaskular.

2. Kerang hijau

Sesuai namanya, kerang ini memiliki cangkang berwarna hijau dengan bentuk panjang dan pipih. Di dalam kerang hijau terkandung sejumlah nutrisi, seperti zinc dan zat besi. Zinc bisa membantu memperkuat persendian dan tulang, sedangkan kandungan zat besi dalam kerang hijau mampu menurunkan risiko anemia.

3. Kerang darah

Kerang darah banyak ditemukan di wilayah Asia Timur dan Asia Tenggara. Kerang ini memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya sebagai sumber protein untuk proses pembaruan sel darah serta mengandung mineral untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

4. Kerang kepah

Kepah merupakan salah satu jenis kerang yang harganya cukup terjangkau, tapi kaya nutrisi. Biasanya kerang kepah diolah menjadi tumisan atau dimasak dengan bumbu tauco. Menurut penelitan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, kerang kepah mengandung asam lemak omega-3 yang cukup tinggi. Seperti kita ketahui, asam lemak omega-3 sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan otak.

5. Kerang bambu

Kerang bambu yang memiliki bentuk dan tampilan seperti bambu—sesuai namanya—banyak disukai karena punya tekstur yang mirip seperti udang dengan aroma khas kerang laut. Kerang bambu atau biasa disebut juga lorjuk mengandung mineral yang cukup tinggi, seperti fosfor, iodium, kalium, dan kalsium. Semua mineral tersebut bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun serta menangkal radikal bebas penyebab penyakit.

6. Tiram laut

Tiram laut masuk dalam golongan kerang premium seperti abalon. Tiram laut memiliki tekstur daging yang lembut dan rasa yang gurih. 6 buah tiram berukuran sedang diketahui mengandung 50 kalori energi, 6 gram protein, serta 5 gram karbohidrat. Selain itu, tiram laut mengandung vitamin B12 dan D serta mineral seperti zat besi, magnesium, mangan, dan fosfor. Mengonsumsi tiram laut dipercaya bisa membantu mengurangi peradangan dalam tubuh serta menyehatkan jantung dan otak.

7. Kerang simping

Simping merupakan salah satu jenis kerang yang hidup di dasar laut, sehingga namanya memang tidak begitu terkenal di dunia kuliner Indonesia. Padahal, kerang yang satu ini punya tekstur yang lembut dengan rasa yang manis dan gurih. Kerang simping mengandung sejumlah nutrisi penting, salah satunya asam lemak omega-3 yang bisa membantu menyehatkan jantung serta menjaga fungsi kerja otak dan saraf.

Nah, itulah 7 jenis kerang dan manfaatnya yang perlu Anda ketahui. Namun, meski memiliki banyak manfaat, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi kerang secara berlebihan, ya. (M&B/Ayu/ZA/SW/Foto: Freepik)