Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

7 Manfaat Bengkuang untuk Ibu Hamil, Bisa Cegah Cacat Janin

7 Manfaat Bengkuang untuk Ibu Hamil, Bisa Cegah Cacat Janin

Sudah sejak lama bengkuang dipercaya punya khasiat untuk memutihkan dan mempercantik kulit. Namun, bukan itu saja manfaat bengkuang lho, Moms. Umbi berwarna putih ini juga punya segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk buat ibu hamil. Pasalnya, di dalam bengkuang terkandung sejumlah nutrisi penting seperti serat, vitamin, dan mineral. Untuk tahu lebih lanjut, berikut ini sejumlah manfaat bengkuang untuk bumil.

1. Mengandung folat untuk mencegah cacat janin

Selama masa kehamilan, Moms membutuhkan asupan folat yang cukup. Folat merupakan nutrisi penting yang bisa membantu mengoptimalkan pembentukan sistem saraf janin dan mencegah terjadinya cacat pada janin. Dilansir dari Healthline, dalam 130 mg bengkuang terkandung 4% kebutuhan folat harian untuk bumil. Karena alasan inilah Moms disarankan untuk mengonsumsi bengkuang saat hamil.

2. Mengandung air untuk menghidrasi tubuh

Bengkuang mengandung sekitar 90% air yang bisa membantu menghidrasi tubuh. Di masa kehamilan, mengonsumsi cukup air merupakan hal penting yang harus Anda lakukan. Pasalnya, tubuh yang terhidrasi dengan baik akan mengurangi risiko berkurangnya air ketuban dan mencegah terjadinya sembelit (susah buang air besar).

3. Mengandung kalsium untuk mendukung kesehatan tulang

Bengkuang juga mengandung kalsium sebanyak 15 mg dalam tiap 100 gramnya. Saat hamil, mineral ini sangat dibutuhkan tak hanya untuk mendukung dan memperkuat pertumbuhan tulang dan gigi janin yang berkembang dengan pesat, tapi juga membantu meningkatkan perkembangan otot, jantung, dan saraf janin Anda, Moms.

4. Mengandung kalium untuk mengatasi pegal dan lemas

Saat hamil, Moms perlu memenuhi kebutuhan kalium kurang lebih 4.000 mg per hari. Menurut German Nutrition Society, kalium bisa membantu melemaskan otot-otot tubuh yang tegang. Untuk memenuhi kebutuhan kalium harian, bumil bisa mengonsumsi bengkuang. Kandungan kalium di dalamnya, akan membantu Anda mengatasi pegal, kram, dan lemas saat hamil.

5. Mengandung vitamin C untuk meningkatkan sistem imunitas

Selama menjalani kehamilan, sistem imunitas dalam tubuh Anda sangat rentan menurun. Kondisi ini membuat Moms mudah mengalami sakit, yang juga bisa berdampak pada janin. Untuk menjaga daya tahan tubuh tetap prima, bumil bisa mengonsumsi bengkuang. Kandungan vitamin C di dalamnya bisa menjadi booster untuk memperkuat sistem imun serta menyembuhkan sel dan jaringan tubuh yang rusak.

6. Mengandung inulin dan serat untuk melancarkan sistem pencernaan

Perubahan hormon menyebabkan sejumlah gangguan pencernaan pada bumil, salah satunya adalah sembelit atau konstipasi. Gangguan pencernaan ini berupa kesulitan buang air besar (BAB) dan bisa terjadi pada usia kehamilan berapa pun. Jika dibiarkan, sembelit bisa menimbulkan ketidaknyamanan.

Namun, Moms tak perlu khawatir. Anda bisa mengonsumsi bengkuang untuk mengatasinya karena bengkuang mengandung serat yang tinggi. Serat bermanfaat untuk membersihkan dan melancarkan sistem pencernaan, sehingga nantinya nutrisi yang masuk ke dalam tubuh bisa diserap secara optimal.

7. Mengandung inulin untuk menjaga kadar gula darah

Manfaat bengkuang untuk bumil berikutnya adalah menjaga kadar gula darah. Ini berkat kandungan inulin di dalamnya. Inulin merupakan serat pangan yang punya banyak manfaat buat tubuh, salah satunya menjaga kadar glukosa. Kadar gula darah yang terjaga saat hamil bisa membantu Moms terhindar dari risiko komplikasi kehamilan, misalnya diabetes gestasional.

Baca juga: Ini Manfaat Masker Bengkuang untuk Kecantikan Wajah Anda

Itulah 7 manfaat bengkuang untuk ibu hamil. Meskipun begitu, ada yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi bengkuang. Kupas dahulu kulit bengkuang, lalu cuci bersih dagingnya sebelum Anda mengonsumsinya, agar terjaga kebersihannya. Hindari juga mengonsumsi bengkuang terlalu banyak atau berlebihan. Kandungan serat yang tinggi pada bengkuang bisa membuat bumil lebih cepat merasa kenyang. dan jika terlalu kenyang akibat kebanyakan makan bengkuang, Anda bisa sulit menerima asupan nutrisi lainnya. (M&B/Ayu/ZA/SW/Foto: Lauryann/Pixabay)