Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Kolaborasi Sekolah Murid Merdeka dan Kompas Gramedia Hadirkan 8 Sekolah di Jabodetabek

Kolaborasi Sekolah Murid Merdeka dan Kompas Gramedia Hadirkan 8 Sekolah di Jabodetabek

Sebagai bentuk dari pemerataan pendidikan yang berfokus kepada pengembangan kompetensi masa depan di Indonesia, tahun ini Sekolah Murid Merdeka dan Gramedia berkolaborasi untuk menaungi sebanyak 8 Sekolah Murid Merdeka yang didirikan di aset properti Gramedia di kawasan Jabodetabek, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Delapan sekolah ini merupakan awal kolaborasi dari Sekolah Murid Merdeka dan Kompas, di mana puluhan HUB lain akan dibangun bersama Gramedia selama 3 tahun ajaran ke depan.

Dengan bertambahnya Sekolah Murid Merdeka di lokasi-lokasi tersebut, terbuka lebar juga akses pendidikan berkualitas untuk anak-anak di Indonesia, pendidikan yang menyiapkan generasi future leaders yang siap menghadapi tantangan masa depan.

Sekolah Murid Merdeka merupakan sekolah inovatif yang berfokus pada metode belajar blended learning yang mengombinasikan praktik pendidikan konvensional (offline) dengan pendidikan berbasis digital (online) yang saat ini tersebar di 42 lokasi di seluruh Indonesia dari Medan hingga Bali. Programnya dibagi menjadi 6 kategori dengan tujuan pembelajaran yang disesuaikan pada tahapan perkembangan murid yaitu: Pengembangan Diri, Numerasi, Literasi, Sosial, Sains, dan Seni.

Di samping kurikulum dan program yang disuguhkan oleh Sekolah Murid Merdeka, bekerja sama dengan Gramedia dalam memanfaatkan aset-aset properti yang ada, kolaborasi ini diharapkan dapat mengakselerasi pemerataan pendidikan berbasis kompetensi masa depan bagi lebih banyak murid di Indonesia.

Kehadiran Gramedia sebagai mitra dalam kolaborasi ini merupakan bukti sinergi kedua entitas untuk mewujudkan terbuka lebarnya akses pendidikan yang berkualitas untuk masyarakat Indonesia dan pendidikan yang menyiapkan generasi future leaders yang siap menghadapi tantangan masa depan.

Gramedia sejak tahun 1970 telah ikut berperan aktif dalam mendidik anak bangsa dengan memberikan ragam literasi bagi pembaca demi memperluas wawasan dan dibekali dengan pemahaman konsep dalam praktik sehari-hari yang merupakan syarat penting untuk mengembangkan kompetensi masa depan.

Sementara Sekolah Murid Merdeka hadir sebagai sekolah yang bertujuan untuk membentuk kompetensi masa depan, yang salah satunya adalah menjadikan ragam literasi yang dihadirkan oleh Gramedia menjadi lebih bermakna untuk bekal praktik sehari-hari.

Kolaborasi antara Sekolah Murid Merdeka dan Gramedia ditandai dengan diselenggarakannya signing ceremony pada tanggal 5 Februari 2024 lalu di Bentara Budaya Art Gallery - Menara Kompas Jakarta, yang ditandatangani oleh Founder Sekolah Murid Merdeka, Najeela Shihab, dan Education and Publishing Director Gramedia, Adhyaksa Ekatama.

Selain signing ceremony, dalam event ini juga diselenggarakan Art Exhibition yang menampilkan 33 karya yang dibuat oleh kawan murid dari Sekolah Murid Merdeka di seluruh Indonesia.

“Kolaborasi Sekolah Murid Merdeka dan Gramedia akan memperluas akses ke pendidikan yang berkualitas di berbagai kota di Indonesia dan menguatkan fondasi literasi sebagai bagian yang penting dari kompetensi yang ditumbuhkan sejak dini lewat beragam metode pedagogi dan teknologi,” papar Najelaa Shihab.

Grand Opening Sekolah Murid Merdeka di Gedung Gramedia akan dimulai dari bulan April 2024 dan akan ada di beberapa lokasi, yaitu BSD City, Margonda Depok, Matraman Jakarta Timur, CBD Emerald Bintaro, Galuh Mas Karawang, Kota Harapan Indah Bekasi, Kotabaru Yogyakarta, dan Cipto Mangunkusumo Cirebon. Pantau informasi selanjutnya di instagram resmi Sekolah Murid Merdeka @sekolahmuridmerdeka dan website www.sekolahmuridmerdeka.id. (M&B/SW/Foto: Dok. Sekolah Murid Merdeka)