Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Makanan yang Perlu Dikonsumsi Ibu Menyusui agar Bayi Tumbuh Cerdas

Makanan yang Perlu Dikonsumsi Ibu Menyusui agar Bayi Tumbuh Cerdas

Setiap ibu pasti ingin bayinya tumbuh menjadi anak yang cerdas. Tahukah Moms, ada beberapa jenis makanan yang diyakini mampu membantu Si Kecil jadi lebih cerdas.

Penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan anak diwariskan dari orang tua, khususnya ibu. Meskipun begitu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan ibu untuk membantu bayinya tumbuh menjadi anak yang cerdas, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, terutama di masa menyusui.

Nah, beberapa makanan berikut ini perlu dikonsumsi oleh ibu menyusui karena bisa membantu bayi tumbuh cerdas.

1. Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang perlu dikonsumsi ibu menyusui agar bayinya cerdas. Telur, terutama bagian kuningnya, diketahui mengandung protein yang sangat baik untuk mendukung pertumbuhan otak bayi Anda. Selain itu, telur memiliki kandungan kolin yang bisa membantu mengoptimalkan daya ingat anak dan kemampuan belajar Si Kecil saat ia sekolah nanti.

2. Ikan berlemak

Asam lemak omega-3 merupakan bagian integral dari perkembangan otak bayi. Mengonsumsi ikan berlemak, seperti salmon, tuna, makerel, dan sarden, di masa menyusui Si Kecil bisa membantu meningkatkan perkembangan otak anak. Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa anak-anak yang ibunya mengonsumsi 3-4 porsi ikan per pekan, punya nilai IQ 2,8 persen lebih tinggi dibandingkan anak-anak yang ibunya tidak atau kurang mengonsumsi ikan.

Ikan berlemak juga mengandung kadar DHA tinggi. DHA juga berperan bagi kecerdasan bayi. Asupan DHA yang cukup pada bayi telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi kognitif anak dan kemampuan belajar serta konsentrasinya.

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, daun katuk, brokoli, dan selada bisa membantu melindungi otak bayi dari kerusakan jaringan. Kandungan asam folat dalam sayuran hijau juga bermanfaat untuk mengurangi risiko cacat tabung saraf, mencegah bibir sumbing, dan cacat jantung pada bayi. Selain itu, sayuran hijau baik dikonsumsi ibu di masa menyusui, karena membantu kelancaran produksi ASI.

4. Daging

Daging memiliki kandungan nutrisi yang cukup komplet dan diperlukan untuk perkembangan otak bayi, salah satunya zat besi yang berpengaruh pada produksi senyawa dalam otak dan pembentukan myelin yang bertugas untuk mempercepat komunikasi antarsaraf di otak. Selain itu, kandungan zinc dalam daging sapi juga penting untuk kecerdasan otak anak. Zinc dibutuhkan untuk membantu pembentukan struktur dan fungsi otak

Agar Moms terhindar dari dampak negatif daging, Anda bisa memilih daging tanpa lemak. Jangan lupa juga untuk mengolah daging hingga benar-benar matang dan batasi konsumsinya.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya protein, niasin, asam lemak omega-3, dan asam folat yang bisa membantu membuat fungsi otak pada bayi jadi lebih optimal. Kacang-kacangan juga mengandung vitamin B6 yang menunjang perkembangan otak anak. Vitamin B6 membantu produksi hemoglobin, yaitu protein pada sel darah merah yang berfungsi membawa nutrisi dan oksigen ke seluruh bagian tubuh, termasuk otak.

6. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang mengandung lemak baik dalam jenis asam lemak tidak jenuh tunggal. Kandungan ini yang menjadi salah satu alasan alpukat termasuk rekomendasi buah untuk ibu menyusui. Otak sangat membutuhkan asupan lemak tidak jenuh alias lemak baik. Selain itu, alpukat mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin E untuk menunjang perkembangan otak anak secara optimal.

7. Susu

Mengonsumsi susu khusus untuk ibu menyusui bisa menjadi asupan tambahan yang bergizi di masa menyusui. Susu ibu menyusui umumnya mengandung berbagai nutrisi yang tak hanya membantu menunjang proses menyusui tapi juga memenuhi kebutuhan nutrisi otak bayi. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik)