Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Ibu Hamil Makan Tengah Malam, Ini Faktor Penyebab dan Risikonya

Ibu Hamil Makan Tengah Malam, Ini Faktor Penyebab dan Risikonya

Moms, ayo ngaku, siapa yang masih suka colongan makan atau ngemil tengah malam saat hamil? Makan atau ngemil tengah malam ini tampaknya merupakan “cobaan” buat kita semua, termasuk ibu hamil. Diketahui segala perubahan yang terjadi selama kehamilan turut mengubah kebutuhan nutrisi bumil jadi lebih banyak, sehingga pola makan pun berubah.

Penyebab bumil makan tengah malam

Berbicara tentang kebiasaan makan tengah malam saat hamil, hal ini mungkin erat kaitannya dengan sering timbulnya rasa lapar di malam hari atau disebut juga dengan hunger pangs. Melansir laman Allo Health, beberapa hal yang memicu hunger pangs saat hamil di antaranya:

1. Perubahan hormon saat hamil

Perubahan hormon saat hamil merupakan hal yang lumrah terjadi. Ketika Moms sedang mengandung Si Kecil, hormon progesteron akan meningkat di trimester awal kehamilan. Nah, meningkatnya hormon progesteron ini bisa memengaruhi kerja hormon ghrelin dan leptin, yang memengaruhi nafsu makan dan metabolisme, sehingga menyebabkan keinginan untuk makan di malam hari.

2. Stres atau cemas

Pemicu dari timbulnya rasa lapar larut malam saat hamil adalah stres dan kecemasan. Hal ini mungkin disebabkan oleh timbulnya rasa khawatir tentang kelahiran bayi, masalah keuangan, atau penyebab stres lain yang bisa menyebabkan emotional eating, yaitu ketika orang menggunakan makanan sebagai cara untuk mengatasi perasaannya, bukan untuk memuaskan rasa laparnya.

3. Nutrisi tidak memadai di siang hari

Moms, pastikan Anda memperhatikan asupan Anda di siang hari saat hamil. Pasalnya, jika Moms tidak mengonsumsi cukup kalori atau nutrisi di siang hari, tubuh Anda mungkin membutuhkan makanan di malam hari untuk menutupi kekurangan tersebut. Karenanya, penting buat Anda untuk mengonsumsi makanan seimbang sepanjang hari guna mencegah lapar di malam hari dan memastikan nutrisi yang tepat buat Anda dan janin.

4. Pola tidur berubah atau terganggu

Melansir laman National Library of Medicine, berdasarkan sebuah studi kualitatif yang fokus untuk mengetahui alasan makan larut malam pada wanita hamil (khususnya wanita kulit hitam), ditemukan bahwa perubahan pola tidur selama hamil berkontribusi terhadap keinginan makan larut malam. Ada pula yang terbangun di pagi hari karena sulit tidur di malam hari sehingga jam makannya pun bergeser.

5. Mual

Tak sedikit bumil yang mengalami mual, terutama di pagi hari dan selama trimester pertama. Dalam studi yang sama, ditemui bahwa mual di pagi hari membuat beberapa wanita hamil makan lebih sedikit di awal hari, tapi lebih banyak di malam hari.

Bolehkah makan tengah malam saat hamil?

Beberapa hal di atas yang menyebabkan rasa lapar dan keinginan makan tengah malam saat hamil mungkin dirasa masuk akal. Namun, tentunya Moms tak ingin kebablasan menjalani kebiasaan yang seharusnya bisa dikontrol ini saat hamil.

Anda mungkin sudah tahu bahwa kebiasaan makan tengah malam lebih banyak memicu banyak masalah kesehatan. Penambahan berat badan atau obesitas saat hamil mungkin saja terjadi akibat kebiasaan makan tengah malam. Tentunya hal ini harus dihindari selama Anda hamil.

Penelitian menemukan bahwa ada sejumlah efek berbahaya buat perut saat seseorang makan di tengah malam. Sementara penelitian lainnya menyebutkan bahwa kebiasaan makan tengah malam saat hamil dikaitkan dengan risiko lebih besar terkena diabetes gestasional, yang mana gangguan hamil satu ini bisa menyebabkan bayi lahir prematur bahkan keguguran.

Melihat adanya risiko gangguan kesehatan yang disebabkan karena aktivitas makan tengah malam saat hamil, Moms sebaiknya menjadikan hal tersebut sebagai pertimbangan dan menghindari makan atau ngemil tengah malam.

Makanan terbaik untuk atasi lapar tengah malam saat hamil

Rasa lpar yang timbul saat hamil terkadang bisa terlalu ekstrem, sehingga rasanya sulit untuk menghiraukan rasa lapar dan tak mengganjal perut sama sekali. Namun, agar tak menjadi kebiasaan makan di tengah malam, sebelum tidur, Moms bisa mengonsumsi makanan kaya protein dan karbohidrat yang bisa membantu memuaskan rasa lapar dan membuat Anda merasa kenyang sepanjang malam.

Ketika rasa lapar tak tertahankan di tengah malam, Anda sebaiknya mengonsumsi buah-buahan dan menghindari makanan seperti daging dan makanan berat. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Gpointstudio/Freepik)