Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Hari Perempuan Sedunia, Ini Kisah Inspiratif Para Perempuan Pengusaha Brand Lokal

Hari Perempuan Sedunia, Ini Kisah Inspiratif Para Perempuan Pengusaha Brand Lokal

Mengutip Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, jumlah perempuan dalam sektor kewirausahaan terus naik setiap tahun. Berdasarkan data BPS tahun 2021, perempuan mengelola 64,5% dari total UMKM di Indonesia atau sekitar 37 juta UMKM dengan proyeksi di tahun 2025 memiliki total nilai sebesar USD 135 miliar.

Dalam acara Konferensi Pers Virtual yang diadakan Tokopedia untuk memperingati Hari Perempuan Sedunia, External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz, menyampaikan, “Ada beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah perempuan pelaku usaha di Tokopedia dengan rata-rata kenaikan lebih dari 2,5 kali lipat selama tahun 2023 jika dibandingkan dengan tahun 2020 saat pandemi lalu.”

Di sisi lain, tema yang diusung pada Hari Perempuan Sedunia tahun 2024 adalah “Berinvestasi pada perempuan: Mempercepat Kemajuan”. Artinya, upaya pencapaian kesetaraan gender dan kesejahteraan perempuan di semua aspek kehidupan adalah tugas seluruh masyarakat dunia demi menciptakan perekonomian yang sejahtera serta kehidupan yang sehat untuk generasi mendatang.

“Berangkat dari semangat tersebut, Tokopedia turut konsisten memberi panggung seluas-luasnya bagi perempuan pelaku usaha lokal, agar perempuan bisa makin maju sekaligus membantu mendorong pemerataan ekonomi nasional lewat pemanfaatan teknologi digital,” tambah Rizky.

Salah satu upaya Tokopedia dalam berinvestasi pada perempuan adalah berkolaborasi bersama Pemerintah Daerah dan UMKM lokal mengadakan Kelas Perempuan Maju Digital (KPMD) untuk memberikan pelatihan digitalisasi UMKM dan literasi keuangan secara digital kepada perempuan pelaku usaha lokal. Berikut ini kisah perjuangan para perempuan membangun brand lokal.

Anita Hartono dan Mambucha 

Mambucha hadir dari keresahan Anita Hartono yang mengalami masalah pencernaan, bahkan pernah menjalani tindakan cuci usus akibat efek samping konsumsi obat-obatan pelangsing. Ketertarikan Anita terhadap kombucha muncul ketika ia berhasil merawat scoby atau Symbiotic Culture of Bacteria and Yeasts yang menjadi starter pembuatan kombucha hingga menjadi solusi bagi masalah pencernaannya. Anita mengandalkan teh hijau yang kaya akan antioksidan, dan teh hitam yang memiliki kandunganpolifenol paling tinggi untuk merawat scoby.

“Saat pandemi, saya mulai membangun bisnis Mambucha untuk mempertahankan karyawan saya agar tetap dapat bekerja di masa sulit. Hingga akhirnya Mambucha dikenal masyarakat dan saya pun menjadi ibu bagi karyawan yang 90% didominasi perempuan dan yatim piatu. Pada tahun 2023, Mambucha berhasil mengantongi BPOM dan sertifikasi halal untuk mendukung bisnis Mambucha bisa naik kelas,” ujar Anita.

Yenny Kusuma Hendra dan Kumala Home and Kitchen

Yenny Kusuma Hendra adalah sosok di balik kesuksesan Kumala Home and Kitchen, bisnis keluarga yang telah berdiri sejak 2003 dan bergerak di bidang peralatan serta perlengkapan rumah tangga dan dapur.

Melihat adanya ketimpangan perhatian masyarakat terhadap produk keramik buatan lokal, Yenny menghadirkan brand ‘Sero’ yang menjual aneka produk rumah tangga dari bahan keramik lokal, di bawah naungan Kumala Home and Kitchen.

“Kami bekerja sama dengan sejumlah pabrik artisan keramik di wilayah Sumatra, Jawa Timur, hingga Bali untuk menyediakan produk-produk rumah tangga berbahan keramik lokal di Kumala Home and Kitchen. Semua produk kami semi-handmade, yang dibuat oleh para perajin lokal di mana 70% di antaranya adalah perempuan,” kata Yenny.

Felicia Kurniawan dan M231

M231 merupakan salah satu brand fashion lokal yang telah berdiri selama lebih dari 23 tahun dan menghadirkan berbagai macam pakaian pria. Dalam mengembangkan usahanya, M231 memberdayakan lebih dari 1.000 penjahit dari Pemalang, Jawa Tengah, bahkan 70% di antaranya adalah perempuan.

Meskipun identik dengan fashion pria, M231 juga menghadirkan inovasi untuk menjangkau pasar yang lebih luas, misalnya dengan menghadirkan koleksi Family Set saat bulan Ramadan, yang terdiri dari baju koko dewasa, gamis dan kaftan wanita, serta baju koko anak.

“Ramadan menjadi momen penting bagi M231 karena pada saat Ramadan, penjualan kami bisa naik signifikan dibandingkan dengan hari-hari biasa,” ungkap Felicia.

Itulah tiga kisah para perempuan dalam membangun brand lokal hingga mencapai kesuksesan seperti sekarang ini. Selamat Hari Perempuan Sedunia buat Anda! (M&B/SW/Foto: Freepik)