Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

7 Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil, Dukung Perkembangan Janin

7 Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil, Dukung Perkembangan Janin

Asupan makanan sehari-hari sangat penting untuk kesehatan ibu hamil. Di masa kehamilan yang rentan, bumil sebaiknya hanya mengonsumsi makanan yang bergizi. Kacang almond merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang baik dikonsumsi saat hamil.

Almond mengandung lemak, vitamin E, serat, magnesium, dan tinggi asam folat. Saat ini pun tersedia beragam olahan almond yang bisa dikonsumsi sehari-hari. Ingin tahu apa saja manfaat almond untuk bumil? Yuk, simak informasinya di bawah ini!

Baca juga: 10 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Manfaat kacang almond untuk ibu hamil

1. Mencegah cacat tabung saraf

Kacang almond kaya asam folat yang dapat membantu meningkatkan perkembangan sistem saraf dan perkembangan otak janin. Kandungan asam folat juga dapat mencegah terjadinya cacat tabung saraf. Selama kehamilan, Moms memerlukan 400 mcg asam folat untuk memenuhi kebutuhan janin.

2. Mencegah kenaikan berat badan berlebih

Kehamilan menyebabkan kenaikan berat badan pada hampir semua bumil. Nah, mengonsumsi kacang almond yang kaya serat bisa mencegah kenaikan berlebih saat hamil. Selain itu, almond juga dapat menurunkan hormon rasa lapar, ghrelin, dan meningkatkan hormon leptin yang bisa mengurangi nafsu makan.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Almond juga mengandung zat besi yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu perkembangan jantung bayi. Pembentukan jantung bayi terjadi pada trimester pertama kehamilan dan berkembang seiring waktu. Karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan yang dapat mendukung perkembangan tersebut.

4. Mengurangi mual muntah

Mual muntah menjadi masalah yang sering dialami bumil, terutama di trimester pertama. Almond mengandung magnesium yang mampu mengurangi gejala mual muntah. Dengan begitu, Anda bisa menjalani kehamilan dengan lebih nyaman dan bisa mengonsumsi makanan yang dibutuhkan.

5. Melancarkan pencernaan

Bumil rentan mengalami konstipasi akibat terjadinya perubahan hormon. Kandungan serat yang terdapat di dalam almond dapat melancarkan pencernaan. Anda bisa mengonsumsi almond sebagai camilan untuk mendapatkan pencernaan yang lebih sehat.

6. Memberikan stamina

Almond mengandung sejumlah protein yang memberikan kekuatan dan stamina yang dibutuhkan untuk melahirkan. Tak hanya dibutuhkan saat akan melahirkan, stamina juga dibutuhkan bumil agar tetap dapat menjalankan aktivitas sehari-hari. Saat hamil, seorang perempuan membutuhkan protein 60 gram setiap hari.

7. Membantu pembentukan tulang

Dalam 28 gram kacang almond terdapat 75 mg kalsium. Jumlah tersebut bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium ibu hamil. Kalsium dibutuhkan bumil untuk mendukung pertumbuhan tulang janin di dalam kandungan. Selain membantu pembentukan tulang, kalsium juga dapat mencegah terjadinya preeklampsia. Saat ini preeklampsia masih menjadi gangguan kesehatan yang banyak dialami bumil. Dengan mengonsumsi kacang almond, Anda bisa menjauhkan diri dari risiko tersebut.

Nah, itulah beberapa manfaat kacang almond untuk ibu hamil. Anda bisa menjadikannya camilan atau bahan tambahan dalam salad Anda. Bila ingin lebih praktis, Anda juga bisa mengonsumsi almond dalam bentuk susu. Namun, sebelum mengonsumsinya, pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap kacang almond. Bila muncul gejala alergi setelah mengonsumsinya, segera konsultasikan ke dokter ya, Moms. (M&B/RF/Foto: Karolina Grabowska/Pexels)