Type Keyword(s) to Search
KID

Stop Jerawat Sekarang Juga dengan Perawatan yang Tepat

Stop Jerawat Sekarang Juga dengan Perawatan yang Tepat

Jerawat menjadi sebuah masalah yang bisa dialami semua kalangan usia, mulai dari remaja hingga orang dewasa. Sayangnya, masih banyak orang yang menganggap jerawat sebagai sebuah permasalahan yang sepele. Sementara sebagian lainnya masih merasa kebingungan bagaimana cara mengatasi jerawat hingga tuntas.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Mother & Beyond bekerja sama dengan Erha Acne Center mengadakan Mom’s Day Out dengan tema “Stop Jerawat Sekarang Juga” di Jakarta, Sabtu (23/3/2024). Acara juga dihadiri oleh Novita Angie, Editor in Chief Mother & Beyond dan penyanyi serta aktris, Shelomita.

“Semoga acara hari ini bisa menjawab pertanyaan para Moms dan juga anak remajanya mengenai permasalahan jerawat yang mungkin sedang dialami,” ucap Lisa Charisa Wijaya, Senior Brand Manager Erha Acne Center, yang turut hadir dalam acara tersebut.

Ketahui penyebab jerawat

Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa ada orang yang mudah berjerawat, sementara sebagian orang lainnya tidak pernah mengalami jerawat. Menurut dr. Theresia Movita, Sp.DVE, FINSDV, FAADV, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dari Erha Derma Center Kelapa Gading, ada beberapa hal yang menjadi penyebab jerawat.

“Penyebab jerawat yang pertama dan paling banyak dialami adalah pengaruh hormon yang membuat kulit menjadi lebih berminyak, selanjutnya ada juga karena masalah hygiene atau kebersihan wajah, lalu ada juga karena faktor makanan seperti junk food, makanan tinggi kalori, dan banyak gula atau yang memiliki indeks glikemik tinggi,” ucap dr. There.

Hal tersebutlah yang menyebabkan jerawat juga bisa dialami anak remaja. Pasalnya, remaja sudah mengalami perubahan hormon dan sering kali kurang pandai dalam merawat kebersihan kulit.

Untuk mencegah munculnya jerawat, dr. There menyarankan untuk mencuci muka tiga kali sehari guna menjaga kebersihan wajah. Jangan lupa untuk selalu menggunakan pelembap dan sunscreen. Selain itu, jangan lupa juga untuk menjaga pola makan sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang serta menghindari junk food dan makanan dengan indeks glikemik tinggi.

Segera atasi jerawat dengan cara tepat

Lalu bagaimana bila jerawat sudah telanjur muncul? Apabila tidak bisa diatasi dengan perawatan kulit harian di rumah, Anda sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Jerawat harus segera diatasi sebelum muncul bekas jerawat. Jerawat yang masih sedikit lebih mudah diatasi daripada jerawat yang sudah makin banyak dan menimbulkan bekas jerawat yang lebih susah diatasi.

“Bila tidak diatasi, (jerawat) tidak akan hilang. Jerawat yang besar bahkan bisa menjadi scar atau bopeng yang memerlukan perawatan lebih lama. Begitu juga dengan noda hitam bekas jerawat,” tambah dr. There.

Untuk mengatasi masalah jerawat, Erha Acne Center memiliki jenis perawatan kulit yang cukup lengkap. Penggunaan obat jerawat yang dibarengi dengan perawatan tentunya akan membuat pengobatan jerawat menjadi lebih optimal.

Beberapa jenis perawatan kulit yang ada di Erha Acne Center di antaranya adalah peeling acne yang bermanfaat untuk mengurangi minyak dan membuka komedo, pico laser, dermapen, serta serum yang dapat mengatasi bekas jerawat dan scar. Untuk bekas jerawat terutama yang sudah menjadi scar atau bopeng, perlu dilakukan perawatan secara berkelanjutan. Dokter yang menangani akan menyesuaikan perawatan dengan kondisi dan usia pasien, karena itu, perawatan di sini juga aman untuk remaja, Moms.

Masalah jerawat pada remaja juga sempat dialami anak pertama Novita Angie. “Awalnya sempat bingung waktu anak pertamaku jerawatan. Tapi kemudian aku ajak ke Erha untuk perawatan, lalu dilakukan treatment laser IPL dan dikasih obat jerawat, seminggu kemudian jerawatnya hilang. Nah, setelah jerawat hilang bisa stop pakai obat jerawat, tapi tetap harus rajin cuci muka, pakai krim, dan sunscreen” ucap Novita Angie.

Sementara itu Shelomita, penyanyi sekaligus ibu 5 anak juga memiliki pengalaman serupa. Masalah jerawat juga sempat dialami anak perempuannya. “Anakku sempat beberapa kali berjerawat di bagian jidat, terus aku beli produk sendiri untuk mengatasi jerawatnya, eh tapi malah merah-merah (wajahnya). Setelah itu akhirnya aku kapok, enggak mau deh beli obat jerawat sendiri. Nah, belum lama ini aku bawa anak ku ke Erha dan ternyata kulitnya itu cenderung kering, kemudian sama dokter dikasih perawatan komedo peeling dan sekarang kulitnya lebih halus, merah-merahnya juga langsung hilang,” cerita Shelomita.

Tak hanya mendapatkan penjelasan dari dokter mengenai penanganan jerawat, para peserta Mom’s Day Out kali ini juga dipersilakan untuk bertanya langsung dengan dokter. Yang enggak kalah seru, mereka juga mendapatkan goodie bag menarik. Ada juga hadiah spesial dari Erha berupa voucher perawatan untuk peserta dengan pertanyaan terbaik dan postingan Instagram Story terbaik. Di akhir acara, peserta juga bisa melihat cooking demo membuat es buah Vietnam bersama Chef Amy Zein.

Itulah keseruan pembahasan seputar jerawat di acara Mom’s Day Out bersama Erha Acne Center. Terima kasih buat para Moms yang sudah hadir dan sampai jumpa di Mom’s Day Out selanjutnya! (M&B/RF/Foto: Dok M&B)