Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Obat Alami untuk Mengatasi Luka di Payudara dan Puting Lecet

Obat Alami untuk Mengatasi Luka di Payudara dan Puting Lecet

Menyusui merupakan pengalaman indah dan intim bagi seorang ibu untuk membangun bonding atau ikatan dengan bayinya. Namun, dalam prosesnya, tak semua ibu menyusui menjumpai kemudahan. Beberapa dari mereka mungkin dihadapkan pada tantangan, seperti mengalami luka di payudara hingga puting lecet.

Timbulnya luka di payudara dan puting lecet bisa disebabkan oleh berbagai hal. Tak hanya karena infeksi payudara, teknik perlekatan yang salah atau tidak sempurna, di mana puting ibu tidak masuk ke mulut bayi dengan benar juga bisa menjadi penyebabnya.

Luka di payudara dan puting lecet tentu akan membuat busui merasa tidak nyaman dan bisa menganggu proses menyusui Si Kecil. Penanganan yang cepat dan tepat perlu dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Tenang, Moms, beberapa obat alami berikut ini bisa Anda gunakan untuk mengatasi luka di payudara dan puting lecet.

1. ASI

Air susu ibu (ASI) tak hanya memberikan manfaat luar biasa untuk kesehatan bayi, tapi juga bisa diandalkan sebagai alternatif obat untuk mengatasi masalah payudara di masa menyusui. ASI bisa menjadi obat alami untuk membantu menyembuhkan luka pada puting pecah-pecah dan memberikan perlindungan antibakteri.

Saat mengoleskan ASI di area yang ada luka, pastikan tangan Moms dalam keadaan bersih. Jangan lupa untuk menunggu hingga olesan ASI kering sebelum Anda mengenakan bra kembali.

2. Lidah buaya

Lidah buaya segar bisa membantu menenangkan dan menjadi penyembuhan alami untuk mengatasi payudara yang luka. Moms bisa dengan mudah mengoleskan lidah buaya ke area payudara yang mengalami luka, kemudian tunggu beberapa saat hingga kering. Tak butuh waktu lama, sensasi dingin dari lidah buaya bisa menenangkan rasa sakit pada payudara Anda.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa memang telah dikenal sebagai salah satu bahan alami yang baik untuk kulit karena memiliki sifat antimikroba dan antibakteri alami. Penggunaan minyak kelapa juga dipercaya bisa membantu mengatasi masalah payudara saat Anda menyusui, seperti nyeri payudara dan puting pecah-pecah atau lecet.

Moms bisa oleskan minyak kelapa di area payudara yang mengalami luka, kemudian berikan pijatan lembut. Selain memberikan sensasi menenangkan, minyak kelapa juga jadi pelembap alami yang cocok digunakan di masa menyusui.

4. Air garam

Penggunaan air garam atau larutan salin juga bisa menjadi obat alami untuk mengatasi luka payudara. Air garam bisa menghidrasi kulit dan membantu mempercepat penyembuhan luka.

Anda bisa campurkan setengah sendok garam dalam air hangat. Lalu rendam puting payudara ke dalam wadah berisi air garam selama 1 menit setelah menyusui. Selain merendam puting langsung, Moms bisa semprotkan atau oleskan langsung air garam ke area puting yang luka.

5. Kompres hangat

Penggunaan kompres hangat menjadi obat alami yang murah dan mudah ditemukan di rumah. Meski tidak memberikan manfaat antibakteri, penggunaan kompres hangat setelah menyusui bisa membantu menenangkan puting yang mengalami sakit atau pecah-pecah. Moms bisa menaruh waslap hangat di atas payudara Anda yang sedang luka atau sakit, kemudian diamkan selama beberapa menit, setelah itu jangan lupa keringkan dengan lembut.

6. Kompres dingin

Selain kompres hangat, Anda juga bisa menggunakan kompres dingin untuk meredakan masalah payudara saat menyusui. Selain menggunakan waslap, Moms bisa memanfaatkan gel ice pack. Namun, pastikan Anda menggunakan kain atau bantalan untuk membungkus gel ice pack untuk menghindari kontak langsung dengan payudara Anda. Penggunaaan kompres dingin selama beberapa menit diketahui bisa menenangkan rasa sakit atau nyeri payudara.

Sementara itu, salah satu bahan alami yang sebaiknya Anda hindari penggunaanya untuk mengatasi luka payudara adalah kantong teh basah. Meski mudah ditemukan, kandungan asam tanat yang ada di teh bisa memberikan efek astringen pada puting Anda, yang bisa mengeringkan puting atau bahkan menyebabkan pecah-pecah. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Freepik)