Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Jelang Mudik Lebaran, Ini 5 Tips Persiapan Mudik yang Aman dan Nyaman

Jelang Mudik Lebaran, Ini 5 Tips Persiapan Mudik yang Aman dan Nyaman

Apakah Moms sekeluarga merencanakan mudik Lebaran tahun ini? Jika ya, maka tentu saja ada banyak persiapan yang perlu Anda lakukan agar perjalanan mudik berjalan lancar buat Anda dan keluarga hingga tiba di kampung halaman dengan selamat untuk bersilaturahmi dengan orang tua dan anggota keluarga lainnya.

Mudik atau pulang kampung adalah tradisi turun-temurun yang dilakukan sebagian besar masyarakat Indonesia setiap jelang Lebaran. Tidak hanya sebagai ajang silaturahmi dan berkumpul dengan keluarga, momen mudik juga dijadikan kesempatan untuk rehat sejenak dari rutinitas dan kesibukan sehari-hari.

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) pun mengungkapkan bahwa jumlah pemudik Lebaran di tahun 2024 diprediksi menjadi yang terbesar sepanjang sejarah. Sebanyak 193,6 juta orang diperkirakan mudik tahun ini atau setara dengan 71,7% rakyat Indonesia.

5 tips mudik lebaran 2024

Jelang persiapan mudik lebaran 2024 ini, Tokopedia membagikan 5 tips persiapan mudik yang lebih aman dan nyaman, termasuk bagi pengguna kendaraan pribadi baik mobil maupun motor.

1. Pastikan kendaraan pribadi dalam kondisi prima

Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan kendaraan pribadi dalam kondisi prima. Lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap berbagai komponen penting, seperti oli mesin, tekanan ban, air radiator, dan sistem rem. Hal ini penting untuk meminimalkan risiko kecelakaan di jalan selama perjalanan mudik. Selain itu, jangan lupa untuk membawa buku servis dan dokumen kendaraan yang lengkap sebagai persyaratan standar berlalu lintas.

2. Siapkan uang tunai dan saldo kartu uang elektronik

Pembayaran digital makin menjadi andalan masyarakat saat melakukan transaksi. Di sisi lain, ada baiknya Anda tetap menyiapkan uang tunai cadangan dan memastikan saldo kartu uang elektronik tetap terisi selama perjalanan mudik.

3. Titipkan hewan peliharaan pada orang terdekat

Buat Moms yang memiliki hewan peliharaan, ada baiknya Anda melakukan persiapan apabila hewan peliharaan tersebut tidak dibawa pulang mudik. Misalnya, titipkan hewan peliharaan di jasa penitipan hewan peliharaan di klinik atau pet shop tepercaya.

Pilihan lainnya adalah menitipkan ke orang terdekat untuk menjaga hewan peliharaan. Jangan lupa untuk menyiapkan obat-obatan, camilan kesukaan hewan peliharaan, dan produk perawatan kepada orang yang akan merawat hewan peliharaan selama mudik.

4. Siapkan perlengkapan untuk kejadian yang tidak terduga

Perjalanan mudik, baik yang dilakukan di darat maupun udara, membutuhkan kondisi fisik yang prima buat pemudik. Bahkan, kondisi kendaraan prima juga sangat dibutuhkan bagi pemudik jalur darat. Untuk menjaga kesehatan fisik, Anda pun dianjurkan membawa kotak P3K berisi obat antimabuk, obat diare, obat demam, serta antiseptik pembersih luka dan perban.

Sementara itu, untuk mengantisipasi kejadian tidak terduga pada kondisi kendaraan, siapkan perkakas seperti segitiga pengaman, dongkrak mobil, tang, serta kunci-kunci serep. Pastikan pula membawa charger dan power bank agar daya baterai smartphone dan perangkat elektronik lainnya tetap terjaga agar Anda bisa memanggil bantuan jika diperlukan.

5. Siapkan keperluan perbekalan makanan dan minuman serta alat ibadah

Untuk mengantisipasi perjalanan mudik yang panjang, siapkan makanan dan minuman secukupnya buat sekeluarga. Bawalah makanan dan minuman yang tahan lama dan mudah dibawa, seperti roti, biskuit, buah-buahan dan air minum.

Selain itu, agar ibadah salat bisa tepat dilakukan dengan optimal selama perjalanan mudik, pastikan pula membawa alat ibadah yang mudah untuk disimpan dalam mobil atau tas. (M&B/SW/Foto: Freepik)