Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Rekomendasi Taman Bermain Anak di Jakarta

7 Rekomendasi Taman Bermain Anak di Jakarta

Bagi para orang tua, mencari tempat yang aman, menyenangkan, serta mendidik buat anak bisa menjadi sebuah tantangan tersendiri. Namun, kini hal tersebut sepertinya sudah tidak menjadi kendala, karena makin banyak taman atau ruang terbuka hijau yang bisa dinikmati bersama anak, terutama di Kota Jakarta.

Beberapa taman di Jakarta saat ini sudah menyajikan nuansa alam hijau berkonsep modern lengkap dengan fasilitas serta permainan seru untuk anak. Semuanya dirasa lengkap dan bisa dilakukan hanya di satu tempat saja lho, Moms. Berikut ini beberapa rekomendasi taman bermain anak di Jakarta yang bisa Anda coba bersama keluarga.

1. Taman Delonix

Di kawasan Pasar Rebo, ada taman bermain anak yang bisa dicoba, namanya Taman Delonix. Taman yang bisa dinikmati oleh keluarga ini punya jogging track yang tidak begitu besar, tapi tetap terasa asri karena banyak pohon rindang di sekitarnya. Ada pula beragam permainan seru untuk anak seperti halang rintang, uji ketangkasan, hingga perosotan yang dibuat dari ban bekas.

  • Lokasi: Jalan Tipar, RT 02/RW 07, Pasar Rebo, Jakarta Timur
  • Jam buka: Pukul 06.00-17.00 WIB

2. Tebet Eco Park

Sebelum direvitalisasi, Tebet Eco Park dikenal sebagai Taman Tebet. Di sana Anda dan keluarga bisa menikmati vegetasi alam dan beragam fasilitas menarik yang ramah anak. Taman bermain yang satu ini didesain dengan 8 zona, mulai dari community garden hingga children playground.

  • Lokasi: Jalan Tebet Barat Raya RT 01/RW 01, Tebet, Jakarta Selatan
  • Jam buka: Pukul 08.00-18.00 WIB

3. Taman Menteng

Taman Menteng punya area yang luas dengan koleksi tanaman yang berasal dari 30 spesies berbeda. Taman yang berlokasi di pusat Kota Jakarta ini menyajikan beragam fasilitas untuk mendukung kegiatan bermain anak, mulai dari permainan jungkat jungkit, ayunan, hingga perosotan. Selain itu, di sekitarnya juga terdapat beberapa fasilitas untuk olahraga seperti lapangan basket dan futsal.

  • Lokasi: Jalan HOS. Cokroaminoto, RT 03/RW 05, Menteng, Jakarta Pusat
  • Jam buka: Pukul 05.00-22.00 WIB

4. Taman Puring

Selanjutnya ada Taman Puring yang bisa Anda coba bersama keluarga. Di taman ini ada beragam fasilitas untuk olahraga dan bermain anak, mulai dari jogging track, wall climbing, ayunan, hingga perosotan. Moms dan keluarga bisa menikmati suasana Taman Puring dari pagi hari hingga petang.

  • Lokasi: Jalan Kyai Maja No. 7, RT 13/RW 01, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
  • Jam buka: Pukul 06.00-18.00 WIB

5. Taman Sambas Asri

Rekomendasi taman bermain anak di Jakarta berikutnya adalah Taman Sambas Asri. Meski ukurannya relatif kecil, Taman Sambas Asri menyediakan beragam fasilitas mulai dari lapangan basket, lapangan futsal, perosotan, hingga ayunan. Selain itu, taman ini punya jogging track, sehingga cocok buat Moms dan keluarga yang suka lari di pagi atau sore hari.

  • Lokasi: Jalan Panglima Polim, RT 02/RW 05, Keramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
  • Jam buka: Pukul 06.00-17.00 WIB

6. Taman Suropati

Taman Suropati cocok untuk Moms dan Dads yang ingin bersantai bersama keluarga di akhir pekan. Taman yang satu ini didesain dengan hamparan rumput hijau yang luas dan bersih, sehingga menghadirkan kesan tenang dan asri. Tak hanya itu, taman ini juga kerap dijadikan tempat untuk acara budaya dan seni, yang tentunya bisa ditonton dan memberi edukasi untuk anak-anak.

  • Lokasi: Jalan Taman Suropati No 5 RT 05/RW 05, Menteng, Jakarta Pusat
  • Jam buka: Pukul 07.00-17.00 WIB

7. Taman Tabebuya

Meski tidak terlalu luas, Taman Tabebuya bisa jadi alternatif untuk tempat wisata Anda bersama keluarga. Taman ini punya lokasi strategis dan tidak ada biaya masuk alias gratis. Di dalamnya ada beraneka ragam pepohonan dan bunga yang membuat taman tersebut memiliki kesan asri. Selain itu, ada beragam fasilitas yang ditawarkan, mulai dari jogging track, permainan anak, gazebo untuk istirahat, serta area parkir yang luas.

  • Lokasi: Jalan Mohammad Kahfi I, Ciganjur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan
  • Jam buka: Senin-Minggu, pukul 07.00-17.30 WIB.

(M&B/Ayu/SW/Foto: Jcomp/Freepik)