Type Keyword(s) to Search
BABY

6 Cara Mengobati Ruam Popok pada Bayi Secara Alami

6 Cara Mengobati Ruam Popok pada Bayi Secara Alami

Ruam popok merupakan masalah yang kerap dialami orang tua saat merawat bayi. Ruam popok adalah peradangan atau iritasi kemerahan yang biasanya ditemukan di kulit bayi, terutama di area pemakaian popok, seperti bokong dan selangkangan.

Menurut laman resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, ruam popok pada bayi biasanya muncul karena gesekan antara kulit dan popok, yang dikombinasikan dengan adanya kondisi lembap serta sirkulasi udara yang tidak lancar, sehingga bagian tubuh yang tertutup popok, seperti bokong, lipatan paha, dan area kelamin jadi lembap dan memicu munculnya masalah ini.

Ruam popok juga bisa muncul akibat penggunaan popok yang memiliki bahan kurang lembut, sehingga setiap gesekan pada kulit Si Kecil membuat kulitnya kemerahan. Kalau sudah begini, Si Kecil pasti akan tidak nyaman yang membuatnya mudah rewel atau menangis.

Namun, tak perlu khawatir, Moms, beberapa cara berikut ini bisa Anda lakukan untuk mengobati ruam popok pada bayi secara alami.

1. Lidah buaya

Lidah buaya sudah sejak lama dikenal sebagai bahan alami untuk mengatasi sejumlah masalah kulit, termasuk ruam popok pada bayi. Melansir Mom Junction, gel lidah buaya mengandung 96% air, 73% serat, serta 35% senyawa bioaktif yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tanaman yang satu ini juga dinilai aman digunakan untuk anak-anak dan bayi. Untuk mengatasi masalah ruam popok, Moms bisa mengambil gel lidah buaya, lalu oleskan pada kulit yang mengalami ruam 2-3 kali per hari.

2. ASI

ASI (air susu ibu) juga bisa menjadi salah satu cara alami untuk mengatasi ruam popok pada bayi. ASI merupakan pilihan tepat karena menurut penelitian ASI mengandung antibodi yang bisa mengurangi peradangan akibat ruam popok. Moms bisa oleskan beberapa tetes ASI ke kulit bayi yang mengalami ruam, lalu angin-anginkan hingga mengering sebelum Si Kecil dipakaikan popok baru.

3. Minyak kelapa

Cara alami berikutnya, Moms bisa gunakan minyak kelapa untuk mengatasi ruam popok pada bayi. Minyak kelapa mengandung lemak jenuh yang bisa membantu menjaga kelembapan kulit bayi. Selain itu, minyak kelapa mengandung antibakteri, antijamur, dan antivirus yang akan membuat kulit jadi lebih sehat. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan sedikit minyak kelapa ke area kulit bayi yang mengalami ruam. Llakukan ini sebanyak 1-2 kali per hari ya, Moms.

4. Madu

Madu dikenal memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi alami. Madu bisa kita manfaatkan secara topikal untuk membantu mengurangi peradangan, termasuk ruam popok pada bayi. Moms bisa gunakan madu dengan cara mengoleskannya ke area kulit yang mengalami ruam. Namun, pastikan madu yang dioleskan tidak terlalu tebal dan Si Kecil tidak memiliki alergi terhadap madu.

5. Kompres dengan kain dingin

Kompres dingin bisa menjadi salah satu metode pengobatan alami untuk mengatasi ruam popok pada bayi. Anda bisa berikan kompres es atau kain dingin selama sekitar 20 menit dengan cara menepuk-nepuk secara lembut kulit bayi. Namun,hindari menggaruk area kulit yang ruam ya, Moms.

6. Rutin mengganti popok bayi

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, salah satu faktor penyebab ruam popok pada bayi adalah akibat terlalu lama kontak kulit dengan keringat bayi, urine, dan bahkan feses. Kondisi ini bisa diatasi dengan meminimalisir kontak tersebut. Nah, salah satu caranya adalah dengan mengganti popok bayi secara rutin dan memastikan sirkulasi udara maksimal di area bokong dan selangkangan Si Kecil. (M&B/Ayu/SW/Foto: Freepik)