Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Manfaat Green Juice untuk Kesehatan, Bantu Memaksimalkan Proses Detoks Tubuh

Manfaat Green Juice untuk Kesehatan, Bantu Memaksimalkan Proses Detoks Tubuh

Dalam beberapa tahun terakhir, green juice atau jus hijau telah menjadi tren kesehatan dan kebugaran yang populer. Green juice terkenal karena manfaatnya yang luar biasa, salah satunya mendukung proses detoksifikasi tubuh. Detoksifikasi tubuh memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Tanpa kita sadari, zat racun berbahaya bisa masuk ke dalam tubuh melalui udara, asap, atau makanan yang kita konsumsi, yang bisa memengaruhi kesehatan dan keseimbangan di dalam tubuh. Namun, dalam kadar tertentu, zat racun berbahaya tersebut masih bisa dinetralisir dan dibuang oleh tubuh melalui proses detoksifikasi.

Berikut ini semua yang perlu Anda ketahui tentang manfaat green juice, termasuk resep green juice untuk detoks tubuh.

Apa itu green juice?

Sesuai namanya, green juice adalah minuman berwarna hijau yang dibuat dengan mem-blender sayur-sayuran berdaun hijau, seperti bayam, mint, Swiss chard, peterseli, kale, atau seledri, bersama dengan buah-buahan seperti apel, pir, kiwi, lemon, jeruk, atau beri-berian. Selain menambah nutrisi, buah-buahan tersebut juga berfungsi memberikan rasa manis alami ke dalam green juice.

Green juice merupakan minuman padat nutrisi dan mudah dicerna oleh tubuh, yang bisa menjadi cara bagus untuk memenuhi kebutuhan mikronutrien dan antioksidan harian.

Green juice untuk detoks tubuh

Salah satu manfaat green juice adalah mendukung proses detoksifikasi tubuh. Nutrisi dan antioksidan yang terkandung dalam green juice bisa membantu menghilangkan racun dan membuang sisa limbah dari tubuh. Selain itu, zat klorofil, pigmen yang bertanggung jawab atas warna hijau pada sayuran berdaun hijau, mampu mengikat racun seperti logam berat, pestisida, dan herbisida yang ada di dalam tubuh, dan membantu mengeluarkannya.

Penelitian menunjukkan bahwa sayur-sayuran berdaun hijau, yang termasuk ke dalam bahan-bahan umum dalam green juice, dapat memaksimalkan proses detoksifikasi di hati sehingga lebih efisien dalam mengeluarkan racun dari tubuh.

Minum green juice untuk detoks memungkinkan sistem darah dan limfatik jadi lebih bersih, meningkatkan fungsi organ seperti hati dan ginjal, mengembalikan keseimbangan di dalam tubuh, melancarkan metabolisme, meningkatkan tingkat energi, serta meremajakan tubuh, yang pada akhirnya meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Manfaat green juice untuk kesehatan

Tak hanya mendukung proses detoksifikasi tubuh, ada beberapa manfaat green juice lainnya, yakni:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mengonsumsi green juice bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, berkat kandungan antioksidan, vitamin A, vitamin C, vitamin K, mineral, dan fitonutrien di dalamnya. Semuanya bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, dan mencegah timbulnya penyakit kronis.

2. Meningkatkan pencernaan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum green juice mampu mendukung pertumbuhan bakteri menguntungkan yang hidup di saluran pencernaan Anda, yang pada gilirannya bisa meningkatkan kesehatan pencernaan.

3. Menurunkan berat badan

Green juice tanpa tambahan susu kental manis dan pemanis buatan terbukti rendah kalori, tinggi serat, dan padat nutrisi, yang bisa membantu mengurangi nafsu makan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama, yang artinya bisa membantu menurunkan berat badan secara signifikan.

4. Mencegah penuaan dini

Banyak penelitian membuktikan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi dalam green juice mampu melindungi kulit Anda dari kerusakan oksidatif, yang berkontribusi terhadap munculnya tanda-tanda penuaan dini. Itu artinya, minum green juice secara rutin bisa menjaga kulit Anda tetap sehat, awet muda, dan glowing.

Resep green juice untuk detoks tubuh

Anda bisa membuat green juice untuk detoks sendiri di rumah. berikut resepnya, Moms.

Bahan:

  • 1 ikat baby spinach atau secukupnya
  • 1 ikat baby kale atau secukupnya
  • Seledri secukupnya
  • 1 buah apel
  • 200 ml almond milk
  • 1 sdm jahe parut segar
  • 1 sdm chia seed
  • 1 sdm madu.

Cara membuat:

1. Cuci dan siapkan semua bahan-bahan.

2. Campurkan semua bahan-bahan ke dalam blender atau juicer. Blender hingga halus.

3. Tuangkan ke dalam gelas, tambahkan sedikit es batu jika Anda menginginkannya, dan green juice siap dinikmati.

Itulah semua yang perlu Anda tahu tentang green juice, manfaatnya untuk kesehatan, termasuk resep green juice untuk detoks tubuh. Detoksifikasi bisa membantu membuang racun yang dapat memperlambat metabolisme dan mengganggu keseimbangan di dalam tubuh.

Pada akhirnya, itu akan membantu meningkatkan fungsi organ seperti hati dan ginjal, mengembalikan keseimbangan dalam tubuh, melancarkan metabolisme, meningkatkan energi, dan tentu saja, meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mulai sekarang, yuk, rutin minum green juice untuk detoks tubuh, Moms! (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto:  pvproductions/Freepik)