Type Keyword(s) to Search
BABY

6 Tips Memilih Ukuran Popok Bayi Baru Lahir

6 Tips Memilih Ukuran Popok Bayi Baru Lahir

Memilih popok bayi baru lahir yang pas memang tidak semudah yang dibayangkan ya, Moms. Selain memperhatikan faktor kenyamanan, Anda juga perlu mempertimbangkan aspek kesehatan Si Kecil. Terlebih saat ini ada beragam merek popok di pasaran yang mungkin makin menambah kebingungan Anda, khususnya buat Moms yang baru memiliki bayi.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam memilih ukuran popok bayi baru lahir, berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda.

1. Ketahui ukuran pinggang bayi

Dalam menentukan ukuran popok bayi baru lahir, Anda perlu mengetahui ukuran pinggang bayi. Dikutip dari laman FirstCry Parenting, pengukuran pinggang bayi bisa dilakukan dengan pita ukur bertekstur lembut, yang kemudian dilingkarkan ke sekeliling pinggang bayi. Ukuran pinggang inilah yang nantinya bisa Anda gunakan untuk memilih ukuran popok yang tepat untuk Si Kecil.

2. Ketahui berat badan bayi

Tak hanya ukuran pinggang, berat badan bayi juga jadi pertimbangan saat memilih ukuran popok, sebab biasanya ada banyak merek popok yang turut mencantumkan label rentang berat badan di bagian kemasannya. Untuk mempermudah, Moms bisa gunakan berat badan bayi untuk menentukan ukuran popok yang tepat.

3. Pilih popok sesuai usia bayi

Berikutnya, Anda perlu memilih popok yang sesuai dengan usia bayi. Untuk bayi baru lahir (newborn) misalnya, Moms bisa pilih ukuran popok yang tidak terlalu besar, tapi juga tidak terlalu sempit saat digunakan. Nanti, seiring bertambahnya usia Si Kecil, Anda bisa mempertimbangkan memberikan popok dengan ukuran yang lebih besar.

4. Tentukan jenis popok yang sesuai dengan kebutuhan bayi

Karena saat ini ada beragam jenis dan ukuran popok yang dijual di pasaran, ini tentunya membingungkan, terutama buat Anda yang baru mengurus bayi. Karena itu, Moms sangat disarankan untuk memilih popok yang bisa dengan mudah disesuaikan dengan kebutuhan dan tubuh Si Kecil. Ini juga menjadi salah satu tips penting untuk memilih popok bayi.

5. Perhatikan bahan atau material yang digunakan

Selain memperhatikan ukuran, Moms juga perlu mengetahui bahan atau material yang digunakan dalam popok bayi. Ini harus diperhatikan guna menghindari terjadinya ruam pada kulit bayi. Pilihlah popok yang memiliki bahan lembut serta bisa memaksimalkan sirkulasi udara dari dan menuju area yang tertutup popok.

Baca juga: 6 Cara Mengobati Ruam Popok pada Bayi Secara Alami

6. Jangan abaikan faktor kenyamanan

Terakhir, dalam memilih popok untuk bayi baru lahir, faktor kenyamanan tentu merupakan hal utama yang harus menjadi pertimbangan Anda. Terkait hal ini, Moms bisa lihat respons Si Kecil selama menggunakan popok. Jika ia sering menangis atau rewel, ini bisa disebabkan karena adanya ruam atau popok yang digunakannya tidak nyaman, bisa terlalu sempit atau terlalu longgar. Karena itu, sering-seringlah mengecek kondisi kulit bayi selama menggunakan popok. Apabila terdapat tanda iritasi, sebaiknya segera hentikan penggunaan popok untuk sementara waktu. (M&B/Ayu/SW/Foto: Cookie_studio/Freepik)